6.24.2014

10 Kurma yang Populer di Seluruh Dunia

Menjelang bulan Ramadhan seperti saat ini, berbagai buah-buahan sering menjadi buruan untuk makan selama bulan puasa atau hanya makanan ringan di malam hari, salah satunya adalah kurma. Memang sejak zaman dahulu kala kurma sering dijadikan sebagai makanan khas di bulan puasa, bahkan masyarakat di timur tengah sudah menjadikan kurma sebagai makanan pokok sejak ribuan tahun lalu. Semua itu lantaran khasiat kurma yang diyakini dapat mengurangi dehidrasi. Kurma adalah sejenis tumbuhan palem (palma) atau dalam bahasa latinnya lebih dikenal dengan phonex dactylifer yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun masih mentah. Ya, buah yang satu ini memang sangat populer di bulan suci bagi umat Islam.
10 Kurma yang Populer di Seluruh Dunia
Buah Kurma
Kurma matang dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan yang menggunakan penamaan Arab seperti, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Dari empat tingkat kematangan, ada 10 jenis kurma yang populer di seluruh dunia. Berikut ini sepuluh jenis kurma yang dimaksud.

1. Kurma Ajwah
Buah kurma berjenis Ajwah banyak dijumpai di kota Madinah, Saudi Arabia. Di pasaran, kurma jenis ini menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Kurma Ajwa juga merupakan jenis kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW dan salah satu kurma yang paling populer.

2. Kurma Deglet Noor
Ini merupakan varietas unggul dan sangat terkenal di Algeria, Tunisia, Amerika, dan Libya. Kurma Deglet Noor berwarna kuning keemasan. Nama Deglet Noor ini berarti cahaya yang diambil dari warnanya yang menyerupai sinar matahari. Bagi kamu yang tidak suka manis, kurma ini bisa menjadi pilihan, karena rasanya tidak terlalu manis dan dagingnya juga tidak terlalu keras.

3. Kurma Amer Hajj
Biasa juga disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Berbeda dengan Ajwa, jenis kurma ini biasanya tumbuh di Irak. Selain Arner Haji kurma ini juga sering disebut kurma amir haji. Ternyata, dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan "welcome kurma", atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu. Kulit serta daging dari kurma Arner haji ini sangat lembut dan tebal.

4. Kurma Mozafati
Kurma mozafati ini memiliki ciri-ciri warna gelap, tekstur lembut, dan berukuran sedang. Sesuai namanya kurma ini banyak dikembangkan di daerah Mozafati. Kurma jenis ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga 2 tahun jika disimpan pada suhu -5 derajat selsius.

5. Kurma Halawi
Disebut juga sebagai kurma Holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya. Kurma ini berwarna kuning dengan rasa seperti karamel merupakan favorit bagi setiap orang. 

6. Kurma Umelkhashab
Memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Kurma jenis ini berasal dari Saudi Arabia. Selain rasa yang unik, Umelkhashab berwarna sedikit kemerahan. 

7. Kurma Thoory
Ini adalah kurma kering dengan daging manis, keras, dan kenyal. Biasa juga disebut sebagai kurma Thuri. Kurma yang populer di Algeria ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput. Di Indonesia sering kali di temui jenis kurma Thoory atau Thuri ini. Ini karena sifatnya yang dapat bertahan lama. Kulit pada kurma ini cenderung keras dan susah dimakan.

8. Kurma Zaghloul
Kurma jenis ini memiliki bentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengkonsumsinya. 

9. Kurma Sekkeri
Umumnya kurma jenis ini berwarna cokelat gelap. Daging kurma Sekkerii memiliki rasa yang khas dan sangat istimewa tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya.

10. Kurma Saidy
Kurma yang populer di Libya ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma sekkeri. Dengan daging buah yang sangat lembut dan rasanya yang manis menjadikan kurma Saidy merupakan kurma yang populer di negara Libya.

No comments:

Post a Comment