6.21.2014

Fakta dan Mitos Menarik Seputar Jerawat

Jerawat ialah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne. Bakteri jenis ini cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, sehingga menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi di area tersebut. 
7 Mitos Unik Penyebab Timbulnya Jerawat
Fakta dan Mitos Menarik Seputar Jerawat
Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit di area tersebut. Benarkah makan coklat dan kacang bisa menyebabkan jerawat? Lantas, apakah benar pasta gigi bisa membantu menyembuhkan jerawat? Berikut ini ada beberapa fakta dan mitos menarik yang beredar seputar jerawat. Sebaiknya baca lebih lanjut supaya Anda tak lagi salah dalam merawat kulit wajah.

1. Jerawat hanya muncul pada kulit remaja
Pada usia remaja, hormon dalam tubuh banyak mengalami perubahan. Karenanya jerawat lebih sering muncul pada remaja. Akan tetapi timbulnya jerawat bukan hanya dipengaruhi oleh hormon, namun juga oleh kebersihan diri, pola makan, polusi, stres, dan faktor genetik, sehingga anak-anak maupun orang tua juga masih bisa berjerawat.

2. Memencet jerawat adalah cara tercepat mengusir jerawat
Dengan dipencet dan dipaksa pecah, bakteri penyebab jerawat justru akan mudah tersebar ke bagian lain. Terlebih lagi jika tangan yang digunakan untuk memencet jerawat tidak steril. Akibatnya, bukan hanya jerawat bertambah parah, tapi juga akan meninggalkan bekas luka di kulit wajah.

3. Makan cokelat dan gorengan bisa menimbulkan jerawat
Sampai saat ini, tak ada penelitian yang bisa menemukan hubungan antara jerawat dengan makanan apa pun termasuk cokelat. Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, maka makanan tidak akan mempengaruhi jerawat.

4. Jerawat bisa diatasi dengan cara sering-sering mencuci muka
Sebaiknya cucilah wajah dengan sabun atau pembersih yang lembut, maksimal 3 kali sehari. Tapi jika terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit iritasi, sehingga kulit memproduksi lebih banyak minyak, dan pada akhirnya jerawat malah makin meradang.

5. Pasta gigi membantu menyembuhkan jerawat
Pasta gigi tidak mengandung zat apa pun yang bisa mengobati jerawat. Sebaiknya carilah obat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

6. Sinar matahari dapat membantu menyembuhkan jerawat
Paparan sinar matahari dapt menyebabkan iritasi sehingga memperparah timbulnya jerawat di wajah.

7. Jerawat disebabkan oleh debu
Mitos ini benar, sebab faktanya adalah jerawat muncul akibat pori-pori tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati.

No comments:

Post a Comment