6.21.2014

Lencois Maranhenses, Padang Pasir Ajaib di Dunia

Lencois Maranhenses, Padang Pasir Ajaib di Dunia -
UniksPos -
Terletak di negara bagian Maranhão, di timur laut Brazil, di timur Baia de São José. Lençóis Maranhenses National Park atau Parque Nacional dos Lençóis Maranhenses, adalah daerah rendah, datar, tanah yang kadang-kadang banjir dilapis dengan bukit pasir. Ini meliputi wilayah 1.500 kilometer persegi, dan meskipun hujan berlimpah, justru hampir tidak ada vegetasi.
Lencois Maranhenses, Padang Pasir Ajaib di Dunia
Lencois Maranhenses, Padang Pasir Ajaib di Dunia
Taman ini dibuat pada tanggal 2 Juni 1981. Gurun pasir ini terkenal dengan laguna cantik yang hanya muncul saat musim hujan dan banyak ikannya. Ajaibnya, laguna dan ikan-ikannya menghilang saat musim panas! Panas dan gersang menjadi ciri khas suatu padang pasir. Namun hal tersebut berbeda dengan gurun pasir di Maranhao, sebelah timur laut Brazil yang bernama Lencois Maranhenses. Gurun pasir di sini berpasir putih putih dan punya laguna cantik.
Brazil-Lençois-Maranhenses
By Patriiick (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Dipantau langsung dari wikipedia.org, Lencois Maranhenses sudah ditetapkan menjadi taman nasional sejak tahun 1981. Dengan luas 1.500 km persegi, gurun pasir ini berada di dekat Sungai Preguicas dan hutan Amazon. Lencois Maranhenses sudah terbentuk sejak ribuan tahun lalu, yang berasal dari endapan pasir di bawah sungai dan terbawa angin hingga membentuk gurun yang luas. Satu hal yang jadi daya tarik dari gurun pasir ini adalah memiliki banyak laguna yang terlihat cantik.

Bayangkan saja, sebuah hamparan pasir putih membentang luas dengan banyak kolam alami berbagai ukuran. Ada yang luas seperti danau, hingga kecil seperti kolam. Ternyata, laguna di Lencois Maranhenses hanya ada saat musim hujan saja. Tepatnya saat bulan Juli-September, saat itulah puncak musim hujan dan air hujannya membentuk laguna di sana.
Lencois Maranhenses 4
By Iain and Sarah from London, UK (Lençóis Maranhenses) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Ajaibnya, Anda bisa melihat ikan laut yang ada di dalam laguna tersebut. Ikan-ikan tersebut pun berenang-renang dan jumlahnya ada banyak. Dari mana asal ikan-ikan itu?

Siapa sangka, rupanya adalah para burung yang membawa telur-telur ikan dari perairan dan menaruhnya di sana. Ketika itulah, mereka sendiri yang akan menyantap ikan-ikan tersebut. Sebab saat musim kemarau tiba, laguna di sana akan menghilang dan habitat ikan yang ada di dalamnya akan mati.
Lençóis Maranhenses in northeastern Brazil
By Danielle Pereira from Brasil (Lençóis Maranhenses) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Bagi yang berminat melihat laguna ajaib ini, ICMBio adalah badan pemerhati alam dan flora dan fauna di Brazil yang menyediakan fasilitas dan pemandu ke Lencois Maranhenses. Meski begitu, sudah banyak operator tur di Maranhao yang menyewakan jeep atau pesawat capung untuk menjelajahi Lencois Maranhenses.

Lencois Maranhenses, Padang Pasir Ajaib di DuniaTitle : Lencois Maranhenses, Padang Pasir Ajaib di Dunia ~ UniksPos
Description : Terletak di negara bagian Maranhão, di timur laut Brazil, di timur Baia de São José. Lençóis Maranhenses National Park atau Parque Nacional...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->