9.16.2014

Universitas-Universitas Terbaik di Luar Negeri

Universitas adalah sebuah institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Menurut Wikipedia, sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi".
Great Dome, MIT - IMG 8390
By Daderot (I took this photograph.) [Public domain], via Wikimedia Commons
Pendidikan ialah sebuah proses pembelajaran pembelajaran yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh manusia. Karenanya tidak mengherankan jika banyak orang yang berbondong-bondong untuk memilih tempat pendidikan yang mempunyai kualitas terbaik. Lantas dimana sajakah universitas terbaik yang ada di luar negeri. Berikut kami rangkum untuk Anda, 10 universitas terbaik di dunia.

1. Massachusetts Institute of technology, Amerika Serikat
Terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. University Massachusetts Institute of Technology atau sering disingkat dengan sebutan MIT, adalah sebuah universitas penelitian swasta yang bertempat di Negara Amerika Serikat. Memiliki 32 Departemen Akademik. Universitas ini melakukan penekanan kuat pada ilmiah, teknik, teknologi dan riset. Banyak ilmuwan-ilmuwan terkenal lahir di Universitas MIT.

2. University Cambridge, Britania Raya
Universitas Cambridge adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya. University of Cambridge berhasil masuk kedalam daftar Universitas terbaik kedua dunia setelah MIT. Perguruan Tinggi yang memfokuskan terhadap pendidikan riset ini juga termasuk kedalam University tertua ke empat di dunia. Berlokasi di Cambridge Inggris. Banyak juga mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang melanjutkan sekolahnya di University tersebut.

3. Harvard University, Amerika Serikat
Universitas Harvard adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia. Universitas  tertua di Amerika Serikat ini berhasil masuk kedalam daftar Universitas Terbaik Dunia 2014. Untuk kualitas jebolan University Harvard ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya jebolan dari Universitas ini yang mempunyai pengaruh kemajuan di dunia. Universitas yang resmi didirikan pada tahun 1636 memang sangat diminati oleh masyarakat dunia yang ingin melanjutkan ke sekolah lebih tinggi, persaingan yang ketat serta sulitnya masuk untuk menjadi mahasiswa di Universitas ini menjadi penghalang terberat untuk dapat bersekolah di Universitas tersebut.

4. University College London, Inggris
University College London (UCL) adalah sebuah universitas riset publik di London, Inggris, dan perguruan tinggi konstituen tertua dan terbesar dari University federal London. Didirikan pada tahun 1826 sebagai Universitas London, UCL adalah lembaga universitas pertama yang didirikan di London. UCL ini memfokuskan pendidikannya terhadap penelitian dan riset publik. Ini adalah salah satu Universitas yang menerima mahasiswa tanpa melihat latar belakang mahasiswa tersebut.

5. University Oxford, Inggris
Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, meski tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Disebut-sebut sebagai Universitas tertua di Dunia. Diperkirakan University Oxford berdiri sejak tahun 1096. Masa kepopuleran Universitas ini bermula pada tahun 1167.

6. Imperial College London, Inggris
Imperial College London (legal The Imperial College of Science, Technology dan Kedokteran), adalah sebuah universitas riset publik yang terletak di London, Inggris Raya, yang mengkhususkan diri dalam ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Setelahnya tahun 2007 Universitas ini memberanikan diri untuk berdiri sendiri secara Independen setelah sebelumnya masuk dibawah kepemilikan pemerintah.

7. Yale University, Amerika Serikat
Universitas Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Ini adalah sebuah lembaga pendidikan tertua ketiga di amerika serikat yang masih berdiri hingga saat ini. Yale University merupakan universitas swasta yang mengedepankan riset pada ujung tombak pendidikannya.

8. University of Chicago, Amerika Serikat
Universitas Chicago adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Universitas of Chicago atau sering disebut U of C, memiliki 5000 mahasiswa terdaftar dan sedikitnya 15.000 orang telah menimba ilmu di Universitas ini.

9. Princeton University, Amerika Serikat
Universitas Princeton, terletak di Princeton, New Jersey, adalah institusi pendidikan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat. Universitas tertua selanjutnya adalah Priceton University. Departemen pendidikan yang berada di Universitas ini seperti Arsitektur, Teknik dan Bidang Kerjasama Internasional. Penelitian termasuk bidang fisika juga tersedia di Priceton Universitas ini.

10. California Institute of Techology, Amerika Serikat
California Institute of Technology atau Institut Teknologi California, biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat. Ini adalah salah satu universitas terbaik dalam hal riset penelitian. Pokok pendidikan yang ditekankan pada Universitas ini ialah Ilmu Alam dan Teknik. Badan penelitian antariksa seperti penerbangan luar angkasa dimana Caltech pun ikut berperan dalam penelitian tersebut.

No comments:

Post a Comment