12.15.2014

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Merawat Rambut

Mengonsumsi minyak Olive atau minyak zaitun menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain itu, minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea) ini dapat digunakan untuk memasak, obat herbal, juga dapat digunakan sebagai produk kecantikan untuk rambut, kuku, dan kulit. Minyak yang bahan utamanya adalah asam oleik dan polifenol ini dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Ini yang menyebabkan minyak zaitun lebih baik daripada minyak goreng lainnya. Asam lemak tak jenuh tunggal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar LDL yang berbahaya dan dapat meningkatkan jumlah HDL yang menguntungkan bagi kesehatan jantung.
Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Merawat Rambut
Buah Zaitun
Khasiat dan Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dapat diperoleh melalui masakan, baik dalam bentuk salad, sebagai minyak goreng, ataupun masakan lainnya. Bagi setiap orang, rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang berharga. Pastikan Anda selalu melakukan perawatan rambut dengan cara alami. Salah satu cara merawat rambut secara alami yang dapat diterapkan di rumah adalah memanfaatkan minyak zaitun. Berikut ini ada beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan rambut yang perlu untuk diketahui.

1. Menjaga kelembaban rambut
Beberapa fakta mengungkapkan bahwa, minyak zaitun tidak hanya menjaga kelembaban kulit. Tapi minyak zaitun juga dapat menjaga kelembaban rambut. Mengoleskan minyak zaitun keseluruh bagian rambut dan kulit kepala, dapat membantu menjaga kelembaban rambut serta kulit kepala. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat kecantikan dari minyak zaitun tanpa mengonsumsinya. Cukup mengonsumsi minyak zaitun akan menyehatkan kulit dan rambut Anda. Itulah mengapa banyak produk kecantikan yang dijual di pasar mengandung minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

2. Menghilangkan ketombe
Ketombe merupakan masalah umum yang kerap muncul pada rambut. Meski telah menggunakan berbagai macam perawatan, tidak jarang ketombe akan selalu muncul di kulit kepala. Perlu diketahui bahwa setiap orang berisiko mengalami masalah ketombe karena adanya jamur Malassezia yang terdapat di kulit kepala. Sampo antiketombe saja tidak cukup untuk mengatasi dan mencegah ketombe. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah melakukan perawatan sederhana dengan minyak zaitun. Karena kandungan nutrisi pada minyak zaitun akan membantu mengatasi kulit dari masalah keringat berlebih dan ketombe.

3. Bikin rambut jadi sehat dan berkilau
Rambut yang indah, sehat dan berkilau sudah pasti menjadi impian bagi setiap orang. Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk mengkilaukan rambut secara alami. Jika rutin menggunakan minyak zaitun secara teratur, maka Anda akan memiliki rambut sehat dan berkilau yang tentunya hal ini akan menambah rasa percaya diri. Minyak zaitun terbukti dapat mengembalikan kilau rambut. Jika kulit kepada Anda kering, Pijat kulit kepala dengan minyak zaitun hangat. Tapi jika kulit kepala berminyak, oleskan minyak zaitun hanya pada tengah sampai bawah rambut saja. Setelah itu bungkus dengan handuk, kemudian diamkan semalaman. Esok paginya, bilas rambut dengan air dingin.

4. Melembutkan rambut
Memiliki rambut yang kaku dan susah ditata merupakan hal yang menjengkelkan. Ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti faktor lingkungan, kekurangan nutrisi, genetik, atau karena rambut kurang mendapatkan perawatan yang baik. Menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut secara rutin, Anda akan mendapatkan rambut yang lebih lembut. Selain itu, minyak zaitun juga dapat melembabkan rambut dan kulit kepala. Rambut akan terlihat bersinar dan mudah diatur. Jika Anda memiliki rambut kering dan kaku, cobalah untuk melakukan perawatan dengan minyak zaitun. Panaskan sebentar minyak zaitun lalu oleskan dan pijat rambut juga kulit kepala. Biarkan selama satu jam kemudian keramas dengan air bersih.

5. Rambut jadi lebih kuat
Salah satu cara untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat, Anda harus menjaga kekuatan akar rambut. Akar rambut yang tidak kuat akan membuat Anda mudah mengalami kerontokan. Selain rambut jadi lebih lembut dan halus, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan rambut. Aka rambut akan lebih kuat dan terjaga. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan masalah rambut rontok atau rambut rapuh. Campur minyak kelapa, madu, dan putih telur. Aduk hingga rata, kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Masker rambut alami ini bermanfaat untuk menyehatkan dan memperkuat akar rambut juga membuat rambut tampak lebih berkilau.

No comments:

Post a Comment