6.01.2014

5 Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia

5 Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia -
UniksPos -
Perlu diketahui bahwa tinggi jembatan ini diukur dari ketinggian dek atau dari jalan yang digunakan. Ukuran tinggi jembatan tidak diukur dari titik paling atas dari puncak jembatan, melainkan jarak vertikal maksimum dari dek jembatan sampai ke dasar atau tanah atau permukaan air di bawahnya.
5 Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia
5 Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia
Beberapa jembatan tinggi ini kebanyakan dibangun di atas lembah dan ngarai. Anda mungkin tidak mengira bahwa peringkat jembatan tertinggi di seluruh Dunia didominasi oleh jembatan yang ada Cina. Diketahui bahwa Cina mendominasi 10 peringkat teratas jembatan tertinggi. Tak tanggung-tanggung, bahkan dari 70 jembatan tertinggi di dunia. Selain itu, Cina juga memiliki sekitar 41 jembatan yang tinggi. Berikut ini ada lima jembatan tertinggi di seluruh dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Jembatan Aizhai, Cina
Aizhai Bridge-8
By Glabb (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Jembatan Aizhai adalah jembatan gantung di Jalan Tol G65 Baotou–Maoming dekat Jishou, Hunan, Republik Rakyat Tiongkok. Jembatan ini dibangun sebagai bagian dari tol dari barat daya Cina kota Chongqing ke Changsha. Dengan rentang utama sekitar 1.146 meter dan ketinggian dek sekitar 350 meter. Tahun 2013, jembatan ini adalah tertinggi keenam di dunia dan jembatan suspension ke-15 terpanjang di dunia. Jembatan Aizhai adalah tertinggi dan terpanjang di dunia dari jembatan yang menghubungkan terowongan ke terowongan. Jembatan berisi sekitar 1.888 lampu untuk meningkatkan visibilitas di malam hari.

2. Jembatan Sungai Beipanjiang 2009, Cina
Beipanjiang Highway Suspension Bridge-1
By Glabb (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Beipanjiang River 2009 Bridge adalah jembatan gantung dekat Guanling, di perbatasan dari Anshun Prefecture, Guizhou, China. Jembatan ini memiliki rentang utama 636 meter dan merupakan bagian dari G60 Shanghai-Kunming Expressway untuk menyeberangi Sungai Bedpan. Jembatan berdiri di ketinggian 318 meter di atas sungai, menempatkannya di antara 10 jembatan tertinggi di dunia. Ada 2 jembatan tinggi di atas sungai ini, pertama yang telah dibangun dan di buka tahun 2003 dan kedua tahun 2009. Jembatan Beipanjiang tahun 2003 memiliki ketinggian sekitar 366 meter adalah jembatan suspension jalan raya Guanxing dekat kota Xingbei Provinsi Guizhou, China. Jembatan memiliki panjang sekitar 388 meter. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia pada tahun 2003 sampai 2005.

3. Jembatan Sungai Sidu, Cina
Siduhe Bridge-1
By Glabb (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Sidu River Bridge atau Jembatan Sungai Sidu (Siduhe Bridge) adalah jembatan gantung sepanjang 1.222 meter melintasi lembah Sungai Sidu dekat Yesanguan di Badong County Provinsi Hubei dari Republik Rakyat China. Bagian pertama dari kabel suspensi yang dipasang, dikenal sebagai pilot cable atau percontohan, adalah yang pertama kalinya ditempatkan menggunakan roket. Jembatan ini dirancang oleh CCCC Second Jalan Raya Konsultan Company, Ltd dan dibangun dengan biaya 720 juta yuan. Dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 15 November 2009. 

4. Jembatan Sungai Baling, Cina
Balinghe Bridge-1
By Glabb (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Baling River Bridge atau Jembatan Sungai Baling (Baling Dia Bridge) adalah jembatan gantung di Guanling County pada Provinsi Guizhou Cina. Jembatan mencakup Lembah Sungai Baling dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 23 Desember 2009. Jembatan ini merupakan bagian dari G60 Shanghai-Kunming Expressway antara Kunming dan Guiyang untuk mengurangi waktu tempuh di lembah sungai dari satu jam sampai empat menit. Rentang suspensi adalah 1.088 meter, dan panjang keseluruhan jembatan yaitu 2.237 meter. Jembatan ini juga merupakan salah satu jembatan tertinggi di dunia dengan 375 meter di atas sungai.

5. Jembatan Baluarte, Meksiko
Puente Baluarte 03
By Fotrogafo Especial (Grupo Tradeco) [CC0], via Wikimedia Commons
Baluarte Bridge (Puente Baluarte), secara resmi Baluarte Bicentennial Bridge (Puente Baluarte Bicentenario), adalah jembatan kabel di Meksiko. Terletak antara kota Concordia di Sinaloa dan Pueblo Nuevo di Durango, sepanjang jalan raya Durango-Mazatlan. Jembatan ini memiliki panjang total 1.124 meter, dengan rentang kabel tetap tengah 520 meter. Tinggi dek jalan 403 meter di atas lembah, jembatan Baluarte adalah jembatan kabel tertinggi di dunia, dan jembatan tertinggi kedua secara keseluruhan. Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 2008 dan diresmikan pada Januari 2012. Dibuka untuk lalu lintas pada 2013. Bentuk jembatan bagian dari jalan raya baru yang menghubungkan Atlantik dan pantai Pasifik Meksiko utara dan akan sangat mengurangi perjalanan yang waktu antara Durango dan Mazatlán.

5 Jembatan Gantung Tertinggi di DuniaTitle : 5 Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia ~ UniksPos
Description : Perlu diketahui bahwa tinggi jembatan ini diukur dari ketinggian dek atau dari jalan yang digunakan. Ukuran tinggi jembatan tidak diukur da...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews
-->