11.21.2014

Ragam Objek Wisata Menarik di Thailand

Kerajaan Thai atau Thailand, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Siam di selatan, Myanmar dan Laut Andaman di barat, Laos dan Kamboja di timur. Sektor pariwisata menyumbang banyak kepada ekonomi kerajaan ini.Kerajaan Thai merupakan lokasi yang terletak di beberapa wilayah geografis yang berbeda. Medan bergunung-gunung di sebelah utara. Sementara di sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat, yang dibatasi oleh sungai Mekong di bagian timur.
KohPhiPhiDon FromLookoutPoint
By Amitparikh (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Di wilayah tengah negara yang berjuluk Negeri Gajah Putih ini didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu. Tak heran jika Thailand ini merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Asia Tenggara. Berikut ini beberapa tempat wisata populer dan menarik di Thailand.

1. Pulau Tarutao
Terletak disebelah utara laut Selat Melaka, Pulau Tarutao adalah sebuah pulau berukuran besar yang terletak di Taman Laut Negara Tarutao, Provinsi Satun, Thailand. Tarutao merupakan salah satu dari 51 pulau yang termasuk dalam Tarutao National Marine Park kepulauan di Thailand selatan. Di pulau ini pengunjung bisa menikmati suasana yang alami dan tenang, serta pemandangan indah hutan dan gunung. Salah satu daya tarik Tarutao terbesar yaitu satwa khas seperti penyu, paus, biawak, kepiting, kera, dan kancil. Jika dibandingkan dengan pulau-pulau Andaman lain, perairan Tarutao memang terlihat keruh untuk snorkeling, namun untuk sebagian besar pantai, air terjun, hiking dan pemandangan lainnya, maka tempat wisata ini layak untuk dikunjungi.

2. Koh Tao
Ko Tao atau Koh Tao, adalah sebuah pulau di Thailand dan merupakan bagian dari Kepulauan Chumphon di pantai barat Teluk Thailand. Ini merupakan salah satu tujuan paling populer di dunia untuk belajar menyelam. Menyelam di terumbu karang pulau ini akan terasa mudah dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga dapat melihat berbagai spesies laut yang mengesankan seperti karang, kura-kura, ikan kecil, barakuda dan jika beruntung, Anda akan berkesempatan melihat hiu paus. Selain itu, pulau ini merupakan tempat berkembang biak penting bagi penyu sisik dan penyu hijau. Perekonomian pulau ini hampir sepenuhnya berpusat pada pariwisata, terutama scuba diving.

3. Kepulauan Phi Phi
Kepulauan yang secara politik merupakan bagian dari Provinsi Krabi ini adalah salah satu tempat wisata menarik di Thailand Selatan. Kepulauan Phi Phi atau Ko Phi Phi, adalah kepulauan kecil. Ko Phi Phi Don adalah pulau terbesar dari kelompok, dan merupakan satu-satunya pulau yang memiliki penduduk permanen, sedangkan yang lebih kecil adalah Ko Phi Phi Lee yang sangat populer karena pantainya atau untuk scuba diving. Meski di pulau ini tidak ada fasilitas akomodasi, namun ampai saat ini pariwisata di Ko Phi Phi telah dibanjiri oleh wisatawan terutama setelah Ko Phi Phi Lee digunakan sebagai lokasi untuk film The Beach. Tempat ini merupakan tempat yang sangat indah untuk dikunjungi.

4. Pulau Chang
Terletak di dekat perbatasan dengan Kamboja, Pulau Chang atau Ko Chang adalah pulau terbesar kedua di Thailand, juga terbesar di Thailand timur, dan yang terbesar di Ko Chang adalah Marine Park Nusantara. Ini adalah salah satu pulau yang paling indah di Thailand dengan beberapa air terjun, terumbu karang, hutan hujan, dan pantai berpasir putih. Selain itu, pulau ini juga rumah bagi berbagai satwa unik, termasuk burung, ular, rusa, dan gajah. Hanya baru-baru ini, dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, Ko Chang telah berubah dan menjadi tempat tujuan wisata di Thailand, dan pulau ini jauh lebih tenang daripada pulau-pulau seperti Pulau Samui atau Phuket. Musim terbaik untuk berkunjung adalah relatif, musim dingin antara November-Februari. Sementara Mar-Mei adalah musim panas dan antara Juni-Oktober adalah musim hujan.

5. Phang Nga Bay
Terletak di Teluk Selat Malaka antara pulau Phuket dan daratan dari semenanjung Melayu dari selatan thailand, atau 95 kilometer dari pulau Phuket, Phang Nga Bay adalah salah satu tempat wisata di Thailand dan salah satu wilayah yang memiliki pemandangan paling indah di negeri ini. Tempat ini terdiri dari gua-gua yang indah, gua-gua air, dan pulau-pulau batu kapur. Pulau yang paling terkenal di teluk ini adalah laut yang disebut Ko Ping Kan (lebih dikenal sebagai James Bond Island) yang ditampilkan dalam film James Bond "The Man dengan Golden Gun". Salah satu cara yang populer untuk mengunjungi pantai ini adalah dengan menggunakan kayak laut karena itu merupakan satu-satunya cara untuk masuk ke dalam gua-gua dan gua-gua laut. Phang Nga ialah teluk dangkal dengan 42 pulau, yang terdiri dari perairan laut dangkal dan wilayah hutan lahan basah, dengan setidaknya 28 spesies dari hutan bakau, padang rumput, dan terumbu karang.

6. Pulau Similan
Pulau Similan di Laut Andaman Barat dianggap sebagai tujuan menyelam terbaik di Thailand. Kepulauan ini terdiri dari 9 pulau yang ditutupi hutan tropis dengan pantai berpasir putih. Pemandangan di bawah permukaan air bahkan lebih mengesankan. Ada 2 jenis yang berbeda dari tempat menyelam di Kepulauan Similan. Daerah Timur terdiri dari terumbu karang landai sementara di barat terdiri dari batu-batu granit besar, ditutupi dengan karang keras dan lunak. Setiap tahunnya, tempat wisata di Thailand ini selalu dibanjiri oleh wisatawan. Selain itu, pulau ini merupakan lokasi yang nyaman untuk menikmati relaksasi dan berlibur di tengah pantai. Untuk singgah di pulau ini, pengunjung dapat menggunakan speedboat.

7. Pasar Malam di Chiang Mai
Chiang Mai merupakan salah satu tempat wisata yang juga populer di Thailand. Kebersihan di pasar ini sangat mengagumkan. Disini Anda bisa menemukan berbagai kerajinan, seni, pakaian, dan produk impor dari semua deskripsi, dan sejumlah besar, baik yang dari lokal sampai pusat perbelanjaan modern. Pada awalnya, pasar malam ini hanya dimiliki oleh pedagang Cina, namun karena pasar ini tumbuh dalam ukuran sebagai bangunan komersial, maka saat ini sudah banyak dibangun oleh penduduk setempat, maka itu tidak lagi dimiliki oleh satu kelompok saja. Sebaliknya, ada banyak pemilik, dan kebanyakan mereka adalah penduduk asli Thailand. Bagi para penggemar kuliner, bisa dibilang pasar malam ini merupakan surga. Karena segala jenis makanan tersedia di sana, baik makanan khas Thailand, Barat, bahkan hingga kuliner Jepang juga tersedia.

8. Grand Palace
Berfungsi sebagai kediaman resmi Raja-raja Thailand dari abad ke-18 dan seterusnya. Istana Raja, Phra Borom Maha Ratcha Wang, atau Grand Palace, adalah kompleks bangunan istana di Bangkok, Thailand. Pembangunan istana dimulai pada tanggal 6 Mei 1782, atas perintah Raja Buddha Yodfa Chulaloke (Rama I), pendiri Dinasti Chakri , ketika ia memindahkan ibu kota dari Thonburi ke Bangkok. Bangunan yang memiliki luas 218.400 meter persegi ini mencakup berbagai gaya arsitektur, mulai dari gaya Ayutthayan murni dari kuil untuk campuran Thailand dan Barat untuk struktur lainnya. Tempat wisata di Thailand ini juga mencakup Wat Phra Kaew, rumah bagi Emerald Buddha, salah satu yang tertua dan paling terkenal adalah patung Sang Buddha di dunia.

9. Pantai Railay
Pantai Railay (Rai Leh) ialah semenanjung kecil yang hanya dapat diakses dengan perahu, karena tebing kapur yang tinggi memotong akses daratan. Ini merupakan pantai paling indah dan terbaik yang berlokasi di antara kota Krabi dan Ao Nang di Thailand. Pantai spektakuler ini hanya bisa diakses dari jalur air dengan menggunakan perahu. Wilayah Tonsai di Pantai Railay didominasi oleh tebing dan bukit batu kapur yang menarik para pendaki dari berbagai penjuru dunia. Tapi daerah lainnya juga merupakan daya tarik populer di Thailand, karena pantainya yang indah dan suasana santai juga tenang. Sementara pantai timur Railay adalah rumah dari hotel dan penginapan murah yang sangat cocok sebagai akomodasi bagi wisatawan yang memiliki anggaran keuangan terbatas.

10. Ayutthaya
Didirikan oleh Raja U-Tong pada tahun 1350, untuk menjadi ibukota Kerajaan Ayutthaya di Siam, Ayutthaya merupakan ibukota Provinsi Ayutthaya, Thailand. Selama berabad-abad, lokasi ini sangat ideal antara Cina, India, dan Kepulauan Melayu, hingga membuat Ayutthaya menjadi ibukota perdagangan Asia. Pada tahun 1767, kota ini dihancurkan oleh tentara Burma. Namun kota ini kembali didirikan beberapa kilometer di sebelah timur dari reruntuhan, dan reruntuhan kota lamanya kini dikenal sebagai taman bersejarah Ayutthaya. Sebagian besar dari sisa-sisa kuil dan istana bisa Anda lihat, dan ini adalah satu-satunya bangunan yang terbuat dari batu pada masanya. Kini tempat wisata tersebut telah menarik banyak wisatawan asing dari penjuru dunia.

No comments:

Post a Comment