7.03.2014

16 Manfaat Ajaib Buah Jagung untuk Kesehatan

16 Manfaat Ajaib Buah Jagung untuk Kesehatan -
UniksPos -
Zea mays L. atau yang biasa kita sebut sebagai jagung, merupakan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan. Bisa direbus, dipanggang, atau ditumis, jagung tetap lezat dan memberi banyak manfaat kesehatan. Jagung adalah salah satu sereal paling populer di dunia dan menjadi makanan pokok di banyak negara termasuk Amerika Serikat. Jagung tidak hanya menjadi sumber makanan untuk menyediakan kalori yang diperlukan bagi metabolisme tubuh, tetapi merupakan sumber yang kaya vitamin A, B, E dan banyak mineral. 
16 Manfaat Ajaib Buah Jagung untuk Kesehatan
16 Manfaat Ajaib Buah Jagung untuk Kesehatan
Manfaat jagung untuk kesehatan sangat banyak sebab jagung adalah salah satu sumber serat dan kaya nutrisi penting. Kandungan-kandungan yang terdapat didalamnya memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit. Kandungan serat yang tinggi berperan dalam pencegahan penyakit yang menyerang pencernaan seperti sembelit dan wasir serta kanker kolorektal. 

Pada buah jagung terdapat antioksidan yang bertindak sebagai agen anti-kanker dan mencegah Alzheimer. Selain itu, jagung juga kaya akan phytochemical, sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis. Secara lebih spesifikasi manfaat kesehatan jagung adalah untuk diabetes, pencegahan penyakit jantung, hipertensi dan pencegahan kecacatan pada saraf (neural-tube) saat lahir. Berikut ini ada beberapa manfaat ajaib buah jagung untuk kesehatan yang perlu untuk diketahui diantaranya:

1. Melancarkan pencernaan
Jagung kaya akan serat yang membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

2. Menurunkan berat badan
Serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat kasar ini juga dapat mencegah sembelit yang kerap terjadi pada orang gemuk.

3. Baik bagi ibu hamil
Ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

4. Menjaga kesehatan gigi
Berdasarkan hasil penelitian di 47 negara yang penduduknya rajin mengkonsumsi pati jagung, gigi mereka ternyata jarang berlubang.

5. Menyehatkan mata
Mengonsumsi jagung setiap hari juga mampu menyehatkan mata. Pasalnya jagung mengandung carotenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja.

6. Mengontrol kolesterol
Kolesterol merupakan zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

7. Menyehatkan jantung
Organ lain yang diuntungkan jika mengonsumsi jagung adalah jantung. Sama seperti kegunaannya pada mata, carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan arteri.

8. Mencegah hemoroid
Kandungan serat pada satu cangkir jagung berjumlah 18,4 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk kebutuhan tubuh. Ini membantu dalam mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir, serta menurunkan resiko kanker usus besar. 

9. Kaya kalori dan vitamin
Setiap 100 gram sajian jagung, ada 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga kaya akan vitamin B kompleks yang menjaga kesehatan saraf.

10. Kaya mineral
Beberapa mineral yang terkandung dalam jagung adalah magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium. Seluruh mineral tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

11. Mencegah anemia
Jika Anda terserang anemia, mungkin konsumsi jagung perlu ditingkatkan. Pasalnya, anemia biasa disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

12. Mengontrol diabetes
Manfaat mengejutkan dari jagung bagi kesehatan berikutnya adalah mengontrol diabetes. Sebab ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini.

13. Mencegah kanker
Jagung kaya akan antioksidan yang ampuh mencegah beberapa jenis kanker. Selain itu, ternyata jagung punya peran dalam membunuh sel kanker tanpa menyakiti sel sehat dalam tubuh.

14. Menyehatkan kulit
Jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

15. Menjaga pertumbuhan
Dengan adanya kandungan fosfor, vitamin E dan antioksidan alami pada jagung, sehingga sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan agar senantiasa normal.

16. Mengobati diare
Selain beragam manfaat jagung seperti yang telah dijelaskan diatas, ternyata jagung juga berkhasiat untuk mengobati diare. Yaitu dengan cara menghalus tongkol jagung yang telah dicuci bersih, kemudian tambahkan air 1 gelas. Minum ramuan ini 2 hingga 3 kali. Dengan begitu, maka diare akan segera teratasi.

Selain bermanfaat sebagai bahan pangan dan bahan baku pakan, saat ini jagung juga dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Lebih dari itu, rupanya saripati jagung dapat diubah menjadi polimer sebagai bahan campuran pengganti fungsi utama plastik. Salah satu perusahaan di Jepang telah mencampur polimer jagung dan plastik menjadi bahan baku casing komputer yang siap untuk dipasarkan. 

16 Manfaat Ajaib Buah Jagung untuk KesehatanTitle : 16 Manfaat Ajaib Buah Jagung untuk Kesehatan ~ UniksPos
Description : Zea mays L. atau yang biasa kita sebut sebagai jagung, merupakan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan. Bisa dire...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->