7.03.2014

19 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil)

19 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) -
UniksPos -
Telah berabad-abad lamanya minyak zaitun dikenal atau diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan wajah kita, itu semua dikarenakan zaitun kaya akan kandungan nutrisi, kandungan nutrisi berfungsi untuk kesehatan tubuh dan wajah.

19 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil)
19 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil)
Seperti yang kita ketahui, minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak.

Saat ini, Arab Saudi, Afrika, dan Mediterania, merupakan Negara penghasil minyak zaitun terbesar didunia. Pohon zaitun ini, sangat cocok jika dibudidayakan didaerah yang mempunyai intensitas cahaya yang banyak dan daerah yang beriklim hangat namun mempunyai intensitas cahaya terus menerus. Bau yang ada pada zaitun mempunyai ciri yang sangat khas, sehingga cocok dimanfaatkan untuk aroma terapi. Di dalam minyak zaitun terkandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya yaitu vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, kalsium, zat besi, sodium dan potasium. 

Sebelum kita membahas manfaat dari minyak zaitun untuk wajah, saya akan mengenalkan macam-macam minyak zaitun yang cukup terkenal untuk saat ini, dan diantaranya adalah: minyak zaitun pomace, minyak zaitun virgin oil, minyak zaitun extra virgin olive oil, minyak zaitun fino olive oil, minyak zaitun light serta ekstra light olive oil, minyak zaitun pure olive oil, dan minyak zaitun extract serta refined olive oil. Berikut ini beberapa manfaat dan tips sehat dengan minyak zaitun yang perlu untuk diketahui:

1. Mengobati rasa nyeri
Minyak zaitun mengandung zat oleokantal yang dapat mencegah peradangan. Sehingga minyak zaitun bisa digunakan sebagai obat oles untuk mengurangi rasa nyeri seperti untuk luka sobek, lecet dan bengkak.

2. Menyehatkan usus
Senyawa bernama oleuropein aglycone dalam minyak zaitun berperan dalam menjaga suplai darah ke bagian usus. Selain itu, senyawa tersebut juga mengurangi risiko kerusakan jaringan usus yang disebabkan oleh gejala iskemia yaitu kurangnya aliran darah dalam sel.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung
Antioksidan nabati yang terkandung di dalam minyak zaitun (Olive Oil) dapat meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Adapun caranya yaitu minum minyak zaitun sehari 2 kali sebanyak 2 sendok makan

4. Menyegarkan tubuh
Minyak essential oil dari buah zaitun ini, memiliki efek menyegarkan dan mudah diserap oleh tubuh kita. Sehingga tidak menutupi pori-pori, dan kulit masih bisa bernapas. Selain itu, minyak ini juga berkhasiat untuk melembabkan dan melembutkan kulit kita, terutama untuk jenis kulit kering.

5. Mencegah pikun
Kepikunan sering terjadi karena kekurangan asam lemak tak jenuh. Untuk menambah asam lemak tak jenuh minumlah minyak zaitun secara teratur, karena minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kepikunan.

6. Mengcegah artritis
Prostaglandin yang terkandung didalam minyak zaitun bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya yaitu dengan meminum minyak zaitun secara teratur sehingga tulang yang rawan keropos akan terlapisi atau dengan mengoleskan pada sendi-sendi yang terasa sakit.

7. Mencegah osteoporosis
Penyerapan kalsium yang kurang sempurna akan mengkibatkan pengeroposan tulang. Untuk membantu penyerapan kalsium secara optimal sebaiknya minum minyak zaitun secara teratur. Sebab minyak zaitun ini dapat membantu penyerapan kalsium secara optimal.

8. Mencegah diabetes
Minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan risiko diabetes tipe 2. Minumlah minyak zaitun setiap hari untuk mencegah diabetes.

9. Mengobati kanker
Minyak zaitun mampu mereduksi kerusakan sel karena mengandung zat Fenol. Sedangkan zat extra virgin berfungsi sebagai antioksidan penghambat proses kanker, dan asam oleat mampu mencegah penyebaran tumor.

10. Menghaluskan kulit
Dahulu kala konon, Cleopatra juga membubuhkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air mandinya, sehingga minyak zaitun dapat merawat keseluruhan kulit tubuh. Selain itu, menurut kepercayaan Mesir kuno, minyak zaitun juga membantu penyembuhan lebih cepat melalui mandi.

11. Menjaga kesehatan kulit
Supaya kulit anda sehat caranya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit sewaktu mandi. Maka kelembaban kulit tubuh akan terjaga dan terlihat lebih bercahaya.

12. Menyehatkan kulit kepala
Minyak zaitun merupakan minyak yang sangat baik digunakan untuk pijak di kulit kepala. Tidak hanya membuat pijatan yang bisa meningkatkan sirkulasi dan mempercepat pengangkatan sel kulit mati pada kulit kepala, juga meningkat sirkulasi untuk membuat rambut lebih kuat.

13. Mencegah rambut rontok
Manfaat minyak zaitun lainnya ialah untuk mencegah rambut rontok. Zat yang terdapat di dalam minyak zaitun tersebut juga bisa mengatur keseimbangan kelembaban di kulit kepala Anda.

14. Mengatasi rambut kering
Rambut kering akibat polusi, paparan matahari dan proses penataan rambut bisa diatasi dengan minyak zaitun. Caranya mudah yaitu oleskan minyak zaitun pada akar dan helai rambut dalam kondisi kering. Lakukan pijatan ringan selama lima menit agar minyak lebih meresap, lalu bungkus rambut dengan handuk panas. Setelah didiamkan selama 20 menit, lalu bilas rambut hingga bersih.

15. Penyubur rambut dan menghilangkan ketombe
Untuk mendapatkan manfaat ini anda bisa melakukannya dengan cara mencampur minyak zaitun dengan sampo kemudian bilas hingga bersih.

16. Merawat kuku
Untuk menjaga supaya kutikel tetap lembab, massage kuku dengan minyak zaitun. Maka kuku anda akan lebih lembab, dan bersinar. Karena kuku tidak memiliki kandungan minyak dan kelenjar keringat yang banyak, maka Anda perlu tetap menjaga kelembabannya. Ketika mengalami kekeringan, kuku akan menjadi rapuh. Minyak zaitun bisa membantu menjaga melembabkannya. Adapun caranya yaitu pijat kuku dengan minyak zaitun setiap malam hari. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk mengobati kuku yang rapuh.

17. Obat alami penghilang Jerawat
Zaitun mempunyai kandungan kadar vitamin E yang sangat tinggi, Vitamin E sendiri berfungsi baik untuk merawat kulit kita, Sehingga sangat cocok digunakan sebagai masker penghilang jerawat serta sebagai masker untuk memperhalus kulit. Selain itu, Vitamin E juga bisa kita gunakan sebagai zat antioksidan alami tubuh, dan juga berguna agar terhindar dari kemungkinan serangan kanker. Disamping itu, bisa juga di manfaatkan sebagai masker untuk meremajakan kulit wajah, atau untuk menghilangkan sel kulit mati bekas jerawat.

18. Sebagai pelembab kulit
Jika Anda memiliki keluhan terhadap kulit wajah yang kusam dan kering, minyak zaitun bisa menjadi solusi alternative alami untuk melembabkan kulit anda namun tentunya harus dilakukan secara teratur untuk hasil maksimal. Hal ini dikarenakan zaitun memiliki kandungan vitamin E yang alami. Adapun cara penggunaannya yaitu siapkan minyak zaitun, bersihkan wajah sampai bersih, lalu oleskan minyak atau bubuhkan di permukaan kulit wajah sebelum anda tidur. Penting: sebaiknya jangan mengoleskan minyak zaitun ke area dekat mata maupun area wajah sensisif yang lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

19. Menghilangkan Kutil di wajah
Cara pemakaiannya yaitu siapkan minyak zaitun secukupnya, kemudian oleskan minyak zaitun ke area kulit wajah yang kutilan, lakukan pengolesan tepat sesudah mandi dan oleskan juga sebelum tidur, tetapi bersihkan kulit yang berkutil terlebih dahulu sebelum anda mengoleskan minyak zaitunnya. Lakukan selama 1-2 minggu, maka kutil di wajah akan hilang dengan sendirinya.

Demikian beberapa manfaat penting dari minyak zaitun, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

19 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil)Title : 19 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) ~ UniksPos
Description : Telah berabad-abad lamanya minyak zaitun dikenal atau diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan wajah kita, itu semua dikarenakan zaitun k...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->