12.08.2014

Ini 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit

Banyak bahan makanan yang dipercaya dapat memberikan nutrisi terbaik bagi kulit. Mungkin sebagian orang sulit menemukan bahan makanan tersebut. Makanan yang Anda konsumsi setiap hari berperan penting dalam kesehatan kulit serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Memilih makanan yang lezat dan sehat merupakan solusi terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.
Picture 285
Ubi Jalar
Lantas, makanan apa saja yang dapat menyehatkan kulit? Berikut kami rangkum untuk Anda, daftar makanan terbaik yang dapat menutrisi dan menyehatkan kulit.

1. Ubi jalar
Ketela rambat atau ubi jalar (sweet potato) mengandung vitamin A dan C. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C pada umbi tanaman yang memiliki nama ilmiah Ipomoea batatas ini dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit Anda kenyal dan halus. Sementara vitamin A yang terdapat pada ubi jalar merupakan antioksidan kuat untuk mengatasi kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kanker kulit.

2. Biji rami
Biji rami kaya akan omega-3 yang memiliki peran penting dalam mengendalikan munculnya bintik-bintik hitam dan garis-garis halus pada kulit. Mengkonsumsi biji rami setiap hari dapat membantu meringankan iritasi dan membuat kulit jadi halus dan lembut. Selain itu, biji rami juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya perkembangan kanker kulit dan kulit kering yang disebabkan oleh penuaan. Tambahkan beberapa biji rami untuk smoothies, oatmeal, atau resep muffin favorit Anda.

3. Tomat
Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini memiliki peran penting untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Tomat juga kaya antioksidan (lycopene) yang membantu meningkatkan kesehatan kulit serta melindungi kulit dari pigmentasi. Zat Lycopene yang terdapat pada tomat bermanfaat untuk menghambat penuaan dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Buah tomat dapat meningkatkan hidrasi kulit, dan memperkuat sel-sel kulit. Karenanya, untuk mendapatkan kulit yang sehat disarankan agar sering mengkonsumsi buah tomat sedikitnya 16 mg setiap hari.

4. Buah berwarna ungu dan biru
Buah-buahan yang berwarna ungu dan biru merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi agar mendapatkan kulit yang halus dan sehat. Blueberry, blackberry dan plum semua kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi, yang memerangi kerusakan radikal bebas. Selain itu, buah-buahan berwarna ungu dan biru juga dapat membantu menjaga kulit dari penuaan dan keriput. Senyawa flavonoid yang terdapat pada buah blackberry efektif mencegah kanker kulit.

5. Paprika merah
Satu paprika merah memiliki lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Vitamin ini memiliki peranan penting untuk membangun kolagen. Dimasak atau mentah, paprika yang berwarna merah sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Vitamin B6 pada paprika merah yang tinggi, serat makanan, dan karotenoid dapat membantu mengatasi keriput dan meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga Anda terhindar dari penuaan. Selain itu, mengkonsumsi paprika merah juga dapat membantu mengatasi jerawat. Paprika juga mengandung serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga. Jika sedang berdiet dan ingin memiliki kulit yang sempurna, tambahkan paprika merah sebagai menu diet sehari-hari Anda.

6. Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan Omega dan antioksidan yang memiliki peran penting untuk menyehatkan kulit, dan meningkatkan cahaya alami agar kulit berseri. Asam lemak omega-3 yang terdapat pada salmon dapat membantu melembabkan kulit dari dalam serta membantu untuk mengatasi peradangan, jerawat, dan keriput. Jika ikan salmon dikonsumsi secara teratur maka kulit kepala akan terhidrasi, sehingga rambut jadi sehat dan kuat.

7. Yogurt
Ini merupakan salah satu makanan ringan terbaik yang sebagian besar disukai banyak orang. Yoghurt atau yogurt kaya akan protein, kalsium, vitamin D dan probiotik, yang semuanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Namun, yogurt juga berkhasiat untuk menutrisi kulit dari luar. Khasiat yang utama adalah menghaluskan kulit, melawan jerawat, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan protein yang terdapat pada yogurt juga dapat membantu untuk mengatasi keriput dan garis-garis halus di kulit.

8. Bayam
Tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau ini merupakan salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit. Bayam adalah makanan kaya nutrisi dan sumber yang sangat baik dari vitamin A, C, E, zat besi, asam folat, magnesium, klorofil, serat, dan protein nabati, yang semuanya bagus untuk kesehatan kulit. Vitamin A pada bayam berfungsi untuk mencerahkan warna kulit dan vitamin C berperan penting dalam memperbaiki sel-sel kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat pada bayam dapat membantu untuk mencegah berbagai jenis masalah kulit. Mengkonsumsi bayam secara teratur akan membantu membersihkan kulit dari dalam.

9. Cokelat
Cokelat baik untuk kulit, meskipun banyak mitos yang menyebutkan bahwa makanan lezat ini dapat menyebabkan jerawat. Chocolate mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Selain itu, manfaat lain dari cokelat untuk kulit adalah berfungsi untuk melembutkan, melembapkan, mengencangkan, dan menghaluskan kulit. Namun karena memiliki beberapa kalori, pastikan Anda makan cokelat dalam porsi kecil ataupun sedang.

10. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari kaya akan asam lemak esensial yang berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi bakteri termasuk jerawat. Vitamin E yang terdapat pada biji tanaman yang memiliki nama ilmiah Helianthus annuus ini memiliki peranan penting untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Biji bunga matahari juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dan menjaga kulit agar tetap segar. Biji bunga matahari merupakan pilihan camilan yang sehat dan sempurna untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

No comments:

Post a Comment