5.15.2014

7 Fakta Tentang Tidur yang Mengejutkan

7 Fakta Tentang Tidur yang Mengejutkan -
UniksPos -
Tidur dapat diartikan sebagai keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Sementara pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Sudahkah kamu mengetahui bahwa lebih dari 45 persen dari seluruh pria dewasa pernah mendengkur saat tidur? Dan sadarkah kamu kalau ternyata 25 persen di antaranya selalu mendengkur setiap tidur?
Pillow case
By Maniago (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Manusia menghabiskan sebagian besar waktu dalam hidupnya untuk tidur. Lantas seberapa penting tidur untuk kesehatan, dan apa saja fakta-fakta unik tentang tidur? Simak dulu yang berikut ini dan kamu bakal terkejut setelah mengetahui beberapa fakta menarik tentang tidur. 

1. Mimpi Orang Buta
Ternyata orang buta masih dapat melihat gambar saat tidur. Manusia yang terlahir buta bakal memimpikan tentang emosi, suara, bau dan sentuhan. Akan tetapi fakta menarik lain tentang mimpi adalah manusia bakal melupakan 50 persen mimpinya lima menit setelah terbangun. 10 Menit kemudian, hanya 10 persen dari mimpi manusia yang teringat. 

2. Tidur Hewan
Koala merupakan binatang yang paling lama tidur dalam sehari (22 jam), diikuti oleh kelelawar (19,9 jam). Sedangkan trenggiling memanfaatkan 18 jam dalam sehari untuk tidur.

Sementara itu jerapah merupakan binatang paling sedikit tidur dalam satu hari (1,9 jam). Rusa berada di tempat kedua (3,09 jam, selisih beberapa menit dibanding gajah Asia (3,1 jam). Khusus lumba-lumba, ketika tertidur, hanya separuh dari otak mereka yang tertidur. Separuh lainnya tetap terjaga untuk membantu sistem pernafasan. 

3. Pengaruh Televisi
Diperkirakan, 12 persen manusia hanya bisa bermimpi dengan 'layar' hitam putih. Angka itu terus berkembang hingga akhirnya televisi berwarna ditemukan. Semenjak itulah lebih banyak manusia yang dapat bermimpi dengan 'layar' berwarna.

4. Durasi Tidur Yang Ideal
Berapa jam dalam sehari kamu tidur? Ada baiknya bila kamu memperhatikan durasi jam tidur yang ideal. Bayi membutuhkan 16 jam, usia 3-18 tahun butuh 10 Jam, usia 19-55 tahun perlu 8 jam, sedangkan bagi mereka yang usianya lebih dari 65 tahun setidaknya 6 jam.

5. Tekanan darah dan detak jantung menurun
Pada saat anda beristirahat, tubuh memang tidak bekerja keras untuk memompa banyak darah, sehingga sistem di dalam tubuh jadi melambat. Tekanan darah memang perlu menurun di malam hari sehingga otot jantung dan sistem sirkulasi darah punya waktu untuk rileks dan memperbaiki diri. Karenanya, orang-orang dengan tekanan darah tinggi butuh tidur minimal tujuh jam di malam hari agar terjadi penurunan tekanan darah temporer. Setidaknya ini mengurangi risiko orang yang bersangkutan untuk mengalami penyakit jantung. Akan tetapi jika anda punya sleep apnea, segera obati karena kondisi ini dapat menaikkan tekanan darah di malam hari.

6. Hal yang terjadi saat tidur
Ada beberapa hal penting yang positif terjadi saat kita tidur. Satu yang pasti, otak kita bakal kembali segar layaknya smartphone yang baru di-restart. Sebagian sel juga melakukan repair sehingga tubuh menjadi lebih segar ketika bangun.

7. Berat badan menurun
Anda akan kehilangan banyak air lewat keringat dan pelepasan udara lembab dari dalam tubuh di malam hari. Sebenarnya kondisi ini juga terjadi di siang hari, namun makan/minum saat anda terjaga tentu menghalangi penurunan berat badan. Untuk itu agar benar-benar efektif, tidurlah minimal tujuh jam dalam semalam.

7 Fakta Tentang Tidur yang MengejutkanTitle : 7 Fakta Tentang Tidur yang Mengejutkan ~ UniksPos
Description : Tidur dapat diartikan sebagai keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews
-->