5.24.2014

7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di Dunia

7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di Dunia -
UniksPos -
Bagi umat Muslim, masjid ataupun yang kadang-kadang disebut juga sebagai mesjid adalah rumah tempat ibadah. Masjid bermakna tempat sujud, dan biasanya masjid yang berukuran kecil disebut juga sebagai musholla, langgar ataupun surau. Selain dijadikan tempat ibadah, masjid juga sebagai pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Tak hanya sebatas itu saja sebab di dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan bahkan hingga kemiliteran. Menurut catatan sejarah, sedikitnya ada tujuh masjid di dunia yang dianggap paling tertua. Penasaran, ini dia beberapa diantaranya yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak bersama-sama.

1. Masjid Kuba, Arab Saudi
7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di Dunia
Masjid Kuba, Arab Saudi
Pertama dibangun pada tahun 622. Masjid Quba, Quba 'Masjid atau Masjid al-Quba, terletak di lingkungan terpencil Madinah di Arab Saudi, merupakan masjid tertua di dunia. Batu pertama ditempatkan oleh Islam Nabi Muhammad segera setelah ia tiba dari kota Mekah ke Madinah dan masjid diselesaikan oleh sahabatnya. Muhammad menghabiskan lebih dari 20 malam di masjid ini (setelah bermigrasi) berdoa qasr (sebuah doa pendek) sambil menunggu Ali yang rumahnya di belakang masjid ini.

2. Al-Masjid al-Nabawi, Arab Saudi
Al-Masjid Al-Nabawi from inside
By بلال الدويك (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan salah satu mesjid terpenting yang karena dibangun oleh Nabi Muhammad dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid ini pertama dibangun pada tahun 622. Al-masjid al nabawi, dianggap tempat paling suci kedua oleh umat islam (yang pertama adalah masjid al-haram di mekkah). Masjid ini berada di bawah kendali penjaga dua masjid suci.

3. Masjid al-Qiblatain, Arab Saudi
Al-Qiblatin Mosque
By Ahmad2099 (Karya sendiri) [CC-BY-2.5], via Wikimedia Commons
Merupakan salah satu masjid terkenal di Madinah. Masjid Qiblatain ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Bagi umat islam, Masjid al-qiblatain secara historis penting sebagai tempat dimana nabi muhammad, memimpin doa, dikatakan telah diperintahkan untuk mengubah arah shalat (kiblat) dari Yerusalem ke Mekah. Jadi unik yang terdapat relung doa dua (mihrabs). Baru-baru ini masjid tersebut direnovasi, menghapus niche doa tua menghadap ke Yerusalem dan meninggalkan satu menghadap Mekah. Majid ini pertama dibangun 623.

4. Jawatha Mosque, Arab Saudi
7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di Dunia
Jawatha Mosque, Arab Saudi
Terletak di desa Al - Kilabiyah, sekitar 12 kilometer sebelah timur laut dari Hofuf, Al - Ahsa, Arab Saudi. Masjid Jawatha adalah masjid paling awal dibangun di timur Saudi dan sebagian besar struktur asli di reruntuhan. Masjid ini masih digunakan untuk doa. Pertama dibangun 629 oleh suku Bani Abd al - Qays yang tinggal di sana sebelum dan di awal periode Islam. Sebagian besar struktur asli masjid telah hilang dan tetap dalam bahaya kehancuran. Hanya lima lengkungan kecil lumpur - bata yang tersisa.

5. Masjidil Haram, Arab Saudi
Masjid al-Haram
By Zainichi Gaikokujin (Karya sendiri) [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
Adalah sebuah masjid di kota Mekkah, yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjidil Haram merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Al-masjid al-haram pertama dibangun pada 638 yang merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini mengelilingi ka'bah, tempat yang gilirannya umat islam di seluruh dunia untuk sementara menawarkan doa-doa sehari-hari dan merupakan tempat suci islam. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid agung. 

6. Masjid Agung Kufah, Irak
7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di Dunia
Masjid Agung Kufah, Irak
Kufah adalah sebuah kota di Irak, sekitar 170 kilometer selatan Baghdad, dan 10 kilometer timur laut dari Najaf. Kota ini terletak di tepi sungai Efrat. Seiring dengan Samarra, Karbala, Najaf dan Kadhimiya, Kufah adalah salah satu dari lima kota Irak yang penting bagi Muslim Syiah. Kota ini adalah ibukota akhir ʿ Alī ibn Abi Thalib, dan didirikan dalam seratus tahun pertama dari 622 Hijrah. Di kota ini terdapat Masjid Agung Kufah, salah satu masjid paling awal dalam Islam. Masjid agung kufah, atau masjid al-kufah, atau masjid-al-azam pertama dibangun pada abad ke-7 yaitu pada tahun 639. Kota ini telah menghasilkan beberapa ulama Syiah.

7. Mosque of Uqba, Tunisia
Great Mosque of Kairouan south wall
By gavinother [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Terletak di kota Kairouan Tunisia. Masjid uqba yang juga disebut Masjid Agung Kairouan dibangun oleh Uqbah bin Nafi` pada tahun 50 hingga 55 Hijriyah atau 670-675 Masehi pada masa pemerintahan Kekhalifahan Umayyah. Masjid ini adalah salah satu masjid paling penting di tunisia, terletak di kota warisan dunia UNESCO kairouan. Selain itu, Great Mosque of Kairouan adalah salah satu yang paling mengesankan dan monumen Islam terbesar di Afrika Utara, luasnya hampir mencapai 405 meter persegi. Ruang yang luas ini berisi ruang doa hypostyle, halaman marmer - beraspal besar dan menara persegi besar. Selain prestise spiritualnya, Masjid Uqba adalah salah satu karya dari kedua arsitektur dan seni Islam.

7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di DuniaTitle : 7 Masjid Paling Bersejarah dan Tertua di Dunia ~ UniksPos
Description : Bagi umat Muslim, masjid ataupun yang kadang-kadang disebut juga sebagai mesjid adalah rumah tempat ibadah. Masjid bermakna tempat sujud, d...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews