9.12.2014

Keajaiban Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Keajaiban Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Kelapa ialah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku Arecaceae atau aren-arenan. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Cocos nucifera ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 meter. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.
Keajaiban Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh
Buah Kelapa
Telah sejak lama air kelapa dikenal sebagai minuman isotonik alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, dan mempunyai kandungan elektrolit yang sama juga dengan darah kita. Air kelapa dapat dikonsumsi secara langsung. Namun ada hal yang perlu diperhatikan. Sebab jika terkena udara, air kelapa dapat cepat kehilangan kadar organ oleptik dan nutrisi serta dapat menyebabkan sistem permentasi. Oleh sebab itu, sebaiknya sehabis mengupas buah kelapa, maka segeralah mengkonsumsi air kelapa tersebut.

Air kelapa memang mempunyai banyak khasiat. Tidak hanya sebagai obat alami untuk rehidrasi tubuh, tetapi juga membantu manusia miliki kulit bersinar dan sehat. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.

Sebagai minuman elektrolit dan banyak dikonsumsi air kelapa mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan. Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.

Mencuci muka dengan air kelapa secara rutin setiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh toksin obat sulfa dan antibiotik lain, sehingga menjadikan obat lebih cepat diserap darah. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendam segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu, sangat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan satu gelas air kelapa, lalu dibiarkan selama satu malam, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saring ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat menghilang.

Jika air kelapa muda dicampur dengan sedikit bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan. Kelapa hijau ditengarai merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti panas dalam, sembelit, menetralkan toksin, demam berdarah, cacingan, disentri. Jika digunakan untuk membasuh muka, maka manfaat kelapa hijau bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit (anti aging) dan jika digunakan untuk keramas, bisa mencegah timbulnya uban.

Selain itu, kelapa hijau juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malam air kelapa hijau, lalu diminum paginya. Jika hal ini dilakukan setiap pagi, insya Allah suara akan menjadi lebih panjang dan merdu. Kelapa hijau merupakan salah satu jenis dari berbagai spesies yang pada pohon kelapa. Secara fisik sangat sulit untuk membedakan mana yang kelapa hijau. Tapi, setelah dibelah, baru telihat perbedaannya. Kelapa hijau jika dikupas, seratnya berwarna merah. Rasa airnya rada pahit, tidak seperti kelapa hijau yang segar meski tidak dicampur dengan gula.

Keajaiban Air Kelapa untuk Kesehatan TubuhTitle : Keajaiban Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Kelapa ialah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku Arecaceae atau aren-arenan. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Cocos nucifera ini d...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->