9.19.2014

Manfaat Mengejutkan Kangkung bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengejutkan Kangkung bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Kangkung adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Dalam bahasa Inggris kangkung disebut Ipomoea aquatica. Kangkung merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Berbagai penawaran cita rasa di tawarkan dari pengolahan sayuran ini mulai dari warung kaki lima hingga hotel berbintang lima terdapat menu yang menawarkan menu masakan berbahan dasar kangkung. Kangkung tak hanya enak untuk dijadikan sayur, ternyata kangkung memiliki kandungan yang baik untuk tubuh juga mengandung mineral, dan gizi yang cukup tinggi. Kangkung juga kaya serat, sehingga baik untuk proses pencernaan. Sayuran memiliki manfaat yang efektif pada tubuh apabila pengolahan yang kita lakukan tepat. Dalam proses pengolahan sebaiknya jangan terlalu lama memasaknya, karena kangkung mudah berubah warna dan vitaminnya mudah rusak. Kangkung konon memiliki khasiat sebagai obat pendarahan dan insomnia.
Manfaat Mengejutkan Kangkung bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Sayur Kangkung
Zat-zat yang terkandung pada kangkung adalah serat 2 gram, kalsium 72 mg, zat besi 0.9 mg, magnesium 18 mg, fosforus 28 mg, potassium 228 mg, sodium 23 mg, Seng 0.24 mg, tembaga 0.156 mg, mangan 0.416 mg, Selenium 0.9 mcg, vitamin C 41 mg, niacin 0.5 mg, asam pantothenic 0.049 mg, vitamin B-6 0.138 mg, folate 13.3 mcg, vitamin B-12, 0 mcg, vitamin A 7400 IU, vitamin E 0.85 mg. Zat besi adalah zat yang sangat penting untuk tubuh kita, peranannya dalam membentuk sel darah merah sangatlah vital. Sebanyak 2,5 mg/100g kandungan zat besi dalam sayuran yang bernama kangkung tersebut. Lemas, pusing dan pandangan kabur adalah ciri awal kekurangan zat besi. Cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah menambah asupan zat besi dalam tubuh kita. Salah satunya adalah mengkonsumsi kangkung. Berikut ini beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Meningkatkan kesehatan tubuh
Sayuran yang bernama ilmiah Ipomoea aquatica Forsk sangat kaya akan zat antioksidan phyuto yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, kangkung juga mengandung sejumlah besar vitamin A, C, B kompleks, asam folat, piridoksin, niasin, dan riboflavin yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

2. Mencegah mimisan
Jika hidung mengeluarkan darah (mimisan), biasanya terjadi pada anak-anak, maka obatilah dengan Kangkung. Caranya, ambil seikat daun Kangkung segar. Cuci bersih, lalu tumbuklah sampai halus. Tambahkan sedikit gula aren, seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari, maka mimisan akan mampat dan sembuh.

3. Menjaga kesehatan mata
Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.

4. Mencegah diabetes militus
Ekstrak pada Kangkung telah diuji di laboratorium dan hasilnya, Ekstrak Kangkung tersebut berguna sebagai anti diabetes. Hal ini dikarenakan Ekstrak Kankung tersebut akan menghambat penyerapan kadar gula pada tubuh kita. Perbanyaklah mengkonsumsi Kangkung bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.

5. Mencegah sariawan dan gusi berdarah
Kangkung merupakan gudangnya vitamin C pada tubuh kita. Pada umumnya Kangkung memiliki kadar vitamin C yang lebih banyak dibanding kebanyakan buah. Oleh karena itu, mengkonsumsi sayuran kangkung, sangat bermanfaat untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah.

6. Melancarkan pencernaan
Tingginya kandungan serat yang terdapat pada kangkung sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan anda.

7. Mengendurkan saraf dan mengatasi insomnia
Hal itu dilakukan oleh mineral seng dan selenium. Semakin kendur saraf-saraf kita maka akan semakin lelap tidur kita. Bagi Anda yang punya masalah dengan insomnia, sesering mungkin makan tumis kangkung tanpa batang.

Manfaat Mengejutkan Kangkung bagi Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Mengejutkan Kangkung bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Kangkung adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Dalam bahasa Inggris kangkung disebut Ipomoea aquat...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->