8.25.2014

Nutrisi dan Khasiat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh

Nutrisi dan Khasiat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Asparagus adalah tanaman herba yang berasal benua Asia. Asparagus, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Panen Asparagus biasanya dilakukan sewaktu tunas sedang tumbuh, pada saat itu asparagus memiliki tekstur lebih lembut, jika terjadi penundaan panen, maka asparagus akan kehilangan rasa dan kelembutan. Musim panen dimulai pada bulan Januari. Tumbuhan asparagus masih kerabat dengan Bawang putih. Asparagus merupakan jenis sayuran yang dimakan tunasnya, tunas yang diambil adalah tunas berukuran besar dan berwarna putih yang mempunyai karakter lunak dan gemuk. Asparagus biasanya disajikan sebagai sayuran segar atau makanan dalam kaleng.
Asparagus
Asparagus (Asparagus officinalis)
Asparagus sangat kaya klorofil, yang ditandai dengan warna hijau khas dan sifat menguntungkan klorofil bagi kesehatan tubuh kita. Asparagus rendah kalori, tidak mengandung kolesterol dan sangat rendah sodium. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada asparagus yaitu vitamin B6, kalsium, magnesium, seng, serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, asam folat, besi, fosfor, kalium, tembaga, mangan dan selenium. Asam amino asparagina berasal dari asparagus, tanaman asparagus kaya akan kandungan asparagina. Asparagus liar masih kerabat lily, tumbuh terutama di padang rumput dan hutan yang telah digarap, tampak tipis dan hijau, asparagus ini dipanen tunas muda yang tumbuh di musim semi. Asparagus liar sangat dicari karena teksturnya sangat halus, lezat jika direbus dan dibumbui dengan zaitun, minyak lemon dan garam. Asparagus liar juga digunakan sebagai bahan dalam omelet, risottos dan sup.

Ada banyak jenis asparagus dan mereka dibedakan berdasarkan warnanya yaitu putih, hijau dan ungu, setelah Anda membeli atau memanen, Anda dapat menyimpan satu hari sampai 7 hari di lemari es, yang ideal dengan cara membungkusnya dalam kain lembab untuk memperpanjang bahkan beberapa hari penyimpanan di kulkas. Jika Anda ingin memastikan untuk membeli asparagus segar, yang perlu di amati adalah bagian pucuknya, pucuk asparagus sepenuhnya tertutup kompak dan selalu segar. Berikut ini ada beberapa manfaat asparagus bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Menyehatkan jantung
Asparagus mengandung folat yang penting untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. 

2. Antitumor
Asparagus racemosus atau asparagus liar mengandung senyawa fitonutrien yang dikenal sebagai saponin. Saponin yang diperoleh dari asparagus memiliki sifat anti kanker dan antiinflamasi. Selain itu, kandungan agen anti kanker di dalamnya mampu menyusutkan tumor, dan meningkatkan produksi sel darah putih.

3. Mencegah diabetes
Zat antiinflamasi yang terdapat pada asparagus berperan penting untuk meminimalisir risiko penyakit kesehatan kronis, termasuk diabetes tipe 2. Kromium berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Konsumsi asparagus secara rutin dapat membantu menjaga kadar gula darah, sehingga memberikan efek anti-diabetes. 

4. Menyehatkan mata dan mencegah katarak
Semua jenis sayuran termasuk Asparagus, merupakan sumber vitamin A yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini berkaitan karena adanya antioksidan, yang akan membantu melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, asam amino dan glutathione yang terdapat pada asparagus juga berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan rabun senja.

5. Mempercepat penyembuhan luka
Vitamin A yang terdapat pada asparagus berfungsi untuk menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

6. Mengatasi rematik
Semua tanaman Herba, termasuk asparagus memiliki sifat penyembuhan yang sangat dianjurkan untuk pengobatan penyakit rematik. Cara terbaik untuk mengkonsumsi asparagus dalam rangka meningkatkan sifat diuretiknya adalah rebusan tersebut.

7. Menyehatkan pencernaan
Jenis sayuran ini kaya akan mineral dan karbohidrat yang disebut inulin. Inulin merupakan makanan bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Asupan inulin yang cukup dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

8. Sistem Imun
Selain bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan, asparagus juga bermanfaat sebagai sistem inum eksternal yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Asupan vitamin A yang cukup dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

9. Menurunkan kolesterol
Serat yang terdapat pada asparagus mempunyai peranan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, biasanya kolesterol ini merupakan penyebab utama terjadinya penyakit kardiovaskular.

10. Menu diet yang sehat
Asparagus sangat kaya akan serat dan bisa menjadi makanan yang dapat membantu kita dalam hal diet untuk menurunkan berat badan. Karena memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang.

Nutrisi dan Khasiat Asparagus untuk Kesehatan TubuhTitle : Nutrisi dan Khasiat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Asparagus adalah tanaman herba ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->