8.25.2014

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami -
UniksPos -
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih dan bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat, campuran yang tebal dan lengket tersebut dapat membentuk penyumbat yang kemudian menjadi bintik hitam atau putih. 
Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami
Jerawat di wajah
Faktanya menghilangkan bekas jerawat jauh lebih susah daripada menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat mungkin diperlukan 3 - 7 hari (jerawat ringan) tapi bekasnya, bisa berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan.

1. Jeruk nipis
Jeruk nipis atau limau nipis adalah jenis tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini sering dimanfaatkan buahnya. Salah satu manfaat buah Jeruk nipis khususnya untuk kesehatan dan kecantikan wajah, yaitu bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak pada wajah. Tidak heran jika jeruk nipis bermanfaat untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya.
Cara menggunakannya yaitu, peras 1 atau 2 buah jeruk nipis. Kemudian oleskan air perasan tersebut pada wajah terutama pada bagian yang banyak bekas jerawatnya. Biarkan selama 15 menit (sampai mengering). Bilas wajah dengan air bersih dan lalukan 2 - 3 kali dalam seminggu.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun memiliki manfaat yang berlimpah khususnya untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Sebagai contohnya yaitu minyak zaitun mampu melembutkan kulit wajah dan mempertahankan keindahan kulit tubuh. Selain itu minyak ini juga bermanfaat bagi keindahan rambut.
Cara menggunakannya yaitu sebelum tidur, oleskan minyak zaitun pada wajah. Kemudian pijat wajah Anda secara perlahan selama 5 menit. Jika sudah, langsung bilas wajah dengan air hangat. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan tiap hari sampai bekas jerawat hilang.

3. Putih telur
Putih telur adalah cairan putih yang terkandung di dalam sebuah telur. Putih telur terdiri dari 10% protein. Putih telur memang sangat ampuh untuk menjaga kecantikan wajah. Selain mengencangkan kulit, putih telur juga bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya.
Cara menggunakannya yaitu bersihkan wajah terlebih dahulu. Ambil satu butir dan pisahkan dari kuning telurnya. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih (air dingin jika memungkinkan). Lakukan 2 - 3 kali dalam seminggu.

4. Buah tomat
Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang. Tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat dan bekasnya, baik yang baru timbul maupun sudah meradang.
Cara menggunakannya, pertama-tama potong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian. Letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada bekas jerawatnya, setelah itu diamkan selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih, dan lakukan 2 - 3 kali dalam seminggu.

5. Gel lidah buaya
Lidah Buaya adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Salah satu manfaat lidah buaya untuk perawatan kulit yaitu untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah agar terbebas dari bekas-bekas jerawat.
Cara menggunakannya, pertama-tama bersihkan wajah. Kemudian pilih lidah buaya yang segar (belum layu). Potong di bagian tengahnya kemudian pencet hingga keluar gel. Oleskan gel tersebut ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih. Lakukan 2 - 3 kali dalam seminggu.

6. Ampas teh hitam
Teh hitam lebih teroksidasi daripada semua jenis teh hijau, oolong dan putih. Keempat varietas itu terbuat dari daun Camellia sinensis. Teh hitam umumnya lebih berasa seleranya dan lebih banyak mengandung kafein daripada teh yang tak teroksidasi. Jika Anda suka minum teh hitam, jangan buang ampasnya begitu saja. Sebab ampas teh hitam ini sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Ampas teh hitam juga dipercaya dan sudah terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat.
Cara menggunakannya yaitu, pertama-tama bersihkan wajah. Setelah itu, oleskan ampas teh hitam secukupnya ke bagian bekas jerawat secara perlahan. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih. Lakukan 2 - 3 kali dalam seminggu.

7. Parutan jagung
Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Selain sebagai bahan pangan, jagung juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Jagung mengandung Vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit dalam menjaga kelembaban elastisitas kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, ada Vitamin C yang membantu membangun jaringan ikat dan mencegah terjadinya jaringan parut (keriput) pada kulit.
Cara menggunakannya, pertama-tama bersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu pilih jangung muda dan segar. Jagung dibersihkan, dan diparut (diblender) hingga halus, kemudian oleskan parutan pada wajah. Tunggu 15-20 menit, dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan sebanyak 2 - 3 kali dalam seminggu.

Tambahan: Jangan melakukan semua perawatan di atas secara bersamaan. Pilih salah satu yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara AlamiTitle : Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami ~ UniksPos
Description : Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cu...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->