8.11.2014

10 Tempat Unik di Seluruh Dunia

10 Tempat Unik di Seluruh Dunia -
UniksPos -
Banyak pemandangan menakjubkan yang terdapat di bumi. Seperti halnya sepuluh tempat unik dan menakjubkan berikut. Jika berkunjung ke tempat-tempat unik ini, maka anda akan merasa sedang berada di dunia lain. Sebab, pemandangan menakjubkan disini tak akan anda temukan di tempat lain di dunia. Sebut saja diantaranya Pamukkale di Turki, Cano Cristales di Kolumbia, Chinoike Jigoku di Beppu dan lain sebagainya. Berikut ini tempat-tempat unik dan menakjubkan di seluruh dunia.

1. Pamukkale, Turki
Pamukkale 14
By Antoine Taveneaux (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Pamukkale, yang berarti "benteng kapas" dalam bahasa Turki, adalah sebuah situs alam di Provinsi Denizli di Turki barat daya. Pamukkale sebenarnya adalah kolam air panas natural yang terbentuk dari sumber mata air panas yang mengalir dari lembah sungai Menderes. Oleh karena air panas ini mengalir melewati tebing dan batuan, maka terbentuk kolam air panas bertingkat-tingkat yang menyerupai teras balkon. Daerah yang menakjubkan ini telah digunakan sebagai spa penyembuhan selama ribuan tahun. Sifat penyembuhan tersebut menarik orang dari seluruh daerah dan Romawi membangun kota kuno Hieropolis sana. Hampir setiap hari Pamukkale dipenuhi oleh turis yang ingin menikmati keindahan pemandangan Pamukkale.

2. Cano Cristales, Kolumbia
Caño Cristales1
Caño Cristales adalah sungai Kolombia yang terletak di Serranía de la Macarena, provinsi Meta. Sungai ini biasa disebut "Sungai Lima Warna", "Pelangi Cair" atau bahkan "Sungai Maha Indah di Dunia" karena ganggang clavigera Macarenia yang dapat menghasilkan warna seperti merah, kuning, hijau dan biru di dasar sungai sehingga memberi tampilan unik. Batu-batu disini telah ada sejak 1,2 miliar tahun dan dianggap yang tertua di dunia. Macarena meliputi tiga ekosistem yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Lubang-lubang lingkaran kecil, cekungan besar menjadi ciri khas sungai yang telah dibentuk oleh kerikil atau potongan mineral yang sangat padat. Ketika salah satu fragmen besar atau kecil yang jatuh ke salah satu rongga, maka akan diputar oleh arus air dan mulai mengukir di dinding rongga dan meningkatkan dimensi lubang.

3. Chinoike Jigoku di Beppu, Jepang
Chinoike Jigoku
By Leyo (Karya sendiri) [CC-BY-SA-2.5-ch], via Wikimedia Commons
Beppu Jigoku yang berarti “neraka Beppu” adalah serangkaian hot spring dengan bentuk semburan air, uap dan warna yang unik serta memiliki temperature tinggi. Karena faktor tersebut menggambarkan imajinasi tentang kondisi di neraka, makanya tempat tersebut dinamakan “jigoku”. Beppu merupakan rumah bagi lebih dari 2.800 sumber air panas dan ditemukan di pulau Kyushu. Sembilan neraka dari Beppu adalah beberapa mata air yang lebih unik di daerah tersebut. Neraka 1 adalah Umi Jigoku berarti "neraka laut". Neraka 2 adalah Oniishibou, yang berarti "neraka kepala gundul". Neraka 3 adalah Shiraike Jigoku berarti "neraka kolam putih". Neraka 4 adalah Yama Jigoku, berarti "neraka gunung. Neraka 5 adalah Kamada Jigoku, yang berarti "memasak panci neraka". Neraka 6 adalah Oniyama Jigoku, yang berarti "neraka gunung setan". Neraka 7 adalah Kinryu Jigoku "emas naga neraka". Neraka 8 adalah Chinoike Jigoku, yang berarti "neraka kolam darah". Neraka 9 adalah Tatsumaki Jigoku, yang berarti "corot neraka".

4. Fly Geyser, Nevada
Fly geyser
By Jeremy C. Munns (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Fly Geyser merupakan salah satu objek wisata alam paling menakjubkan di Nevada, meskipun tampaknya masih banyak penduduk setempat yang belum mengetahui keberadaannya. Tingginya hanya 1,5 meter. Fly Geyser sebenarnya bukan fenomena alam yang terbentuk secara alami. Pada awalnya geyser ini adalah sumur yang sengaja digali tahun 1964 untuk mengeksplorasi sumber energi geothermal. Namun, ketika sumur tersebut harus ditutup kembali, upaya penutupan tersebut tidak berjalan dengan baik. Sumur itu mulai menyemburkan mineral terus-menerus. Mineral tersebut menumpuk di sekitar geyser dan akhirnya mengendap menjadi tumpukan travertin yang terus berkembang. Lama-kelamaan geiser tersebut mulai memancarkan air. Semburannya bisa mencapai 1,5 meter. Tanah di sekitar geyser tersebut membentuk terasering. Ada sekitar 30 sampai 40 terasering yang terisi air dari geyser, hingga berubah menjadi puluhan kolam kecil yang mengelilingi Fly Geyser. Berkat kandungan mineral yang tinggi dan beraneka ragam, akhirnya Fly Geyser menjadi tempat berkembang biak sejumlah ganggang yang tubuhnya mengeluarkan pigem-pigmen warna. Ganggang-gangang itulah yang menimbulkan warna merah, kuning, hijau, dan oranye pada tumpukan bukit artifisial Fly Geyser.

5. Sanqingshan, China
SanQingShan9
By Emitchan (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di sebelah barat pegunungan Huyaiyu di timur laut Provinsi Jiangxi. Sanqingshan telah dianggap sebagai tempat suci. Digunakan oleh Tao untuk meditasi. Gunung ini diselimuti oleh kabut selama 200 hari dalam setahun. Kabut memberikan kualitas dunia lain ke gunung, bersama dengan ribuan sungai yang mengalir ke dalam kolam, formasi granit yang menyerupai siluet manusia dan hewan, pohon pinus berbentuk aneh. Kolam dan vegetasi menciptakan lingkungan yang unik yang memikat burung-burung eksotis dan langka, sehingga membuat hewan-hewan merasa nyaman untuk tinggal di sana. Sanqingshan adalah rumah bagi 2.500 spesies tanaman. 

6. Rio Tinto, Spanyol
Riotintoagua
By Riotinto2006 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Rio Tinto membentang dari Pegunungan Sierra Moreno ke Teluk Cádiz di Huelva, Spanyol. Rio Tinto berarti sungai merah. Tingginya kadar besi dalam air menyebabkan warna sungai menjadi merah. Sungai ini pernah digunakan untuk tambang tembaga, emas dan perak dari zaman kuno, dan berlanjut sampai hari ini. Rio Tinto memiliki tambang tertua di dunia, yang diyakini tambang Raja dongeng Salomo. Karena semua pertambangan, sungai memiliki kandungan asam tertinggi dan merupakan rumah bagi organisme yang bertahan hidup dalam kondisi ekstrim. Pertambangan ini telah menciptakan dinding batu bertingkat yang telah membentuk amfiteater alam.

7. Dataran Jars, Laos
PlainOfJarsView
By Mattun0211 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Dataran Jars adalah salah satu misteri arkeologi tertua di Asia Tenggara. Terletak di dataran tinggi Xieng Khouang, di pegunungan Indocina, ada sekitar 90 situs guci berbeda. Setiap situs berisi 1-400 guci. Diperkirakan situs ini diciptakan 3.000 tahun yang lalu, dan terbuat dari batu pasir, batu kapur, granit, dan breksi. Sebagian besar terbuat dari batu pasir. Guci tertinggi adalah 9 ft dan semua terbuat dari lempengan batu. Guci-guci ditempatkan tak beraturan. Penelitian lebih lanjut telah mengungkapkan bahwa guci ditempatkan di posisi yang membentuk pola rasi bintang-bintang. Sebagian besar guci kosong, tetapi beberapa diantaranya ditemukan tulang atau alat di dalamnya, selain itu terdapat pula patung-patung miniatur Buddha.

8. Chocolate Hills, Filipina
Chocolate hills, Bohol
By Qaalvin (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Chocolate Hills merupakan atraksi turis paling terkenal di Bohol, Filipina. Ini adalah tempat wisata populer saat ini dan menduduki peringkat nomor 6 dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia Baru. Chocolate Hills terdiri dari 1.268 tumpukan sempurna dari rumput kering berbentuk bukit kerucut dengan ketinggian berkisar 40-120 meter. Chocolate Hills adalah sebuah keajaiban alam yang terdapat di Filipina. Selama musim panas, berbentuk kubah, rumput yang mengering menutup bukit kapur dan warnanya berubah menjadi cokelat sehingga mengubah daerah ini menjadi barisan cokelat. Tidak ada pembentukan alam seperti ini di dunia. Dari kejauhan, mereka tampak seperti setengah bola yang muncul dari dalam tanah.

9. Chamarel, Mauritius
ChamarelFalls
By Mauritiustrip (self made by Mauritiustrip) [Public domain], via Wikimedia Commons
Republik Mauritius adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di lepas pantai tenggara Afrika. Ini adalah bagian dari negara kepulauan yang terbentuk dari gunung berapi bawah laut yang sekarang sudah tidak aktif. Mauritius adalah rumah bagi dua keajaiban alam. Yang pertama adalah Chamarel Falls, yang merupakan tiga air terjun tipis. Ini adalah air terjun tertinggi di Mauritius. Dahulu, Mauritius terkenal karena air terjunnya, namun pada tahun 1960, bukit pasir berwarna ditemukan. Pasir berwarna tercipta dari tanah liat terbuat dari lava dingin pada waktu yang berbeda. 
Chamarel-SevenColours
By Mauritiustrip (self made by Mauritiustrip) [Public domain], via Wikimedia Commons
Efeknya menyebabkan 7 warna berbeda, di antaranya merah, coklat, hijau, biru, ungu dan kuning. Aspek yang paling unik dari pasir adalah kenyataan bahwa jika Anda mengambil semua warna dan dicampurkan bersama-sama, maka mereka secara alami akan memisahkan diri dan bergabung kembali dengan kelompok warna di mana mereka berasal. Bagaimana hal ini basa terjadi? ini adalah misteri bagi para ilmuwan yang telah mencoba untuk memecahkan sifat aneh dari pasir ini. Misteri lainnya dari pasir ini adalah tidak adanya erosi. Kawasan ini memiliki curah hujan tertinggi yang seharusnya berdampak erosi.

10. Vale Da Lua, Brazil
Vale da Lua
By Nilton Aguillar deCosta (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Vale Da Lua adalah cekungan batu yang telah diukir oleh San Miguel River. Vale da Lua yang terjemahannya adalah Lembah Bulan, mendapatkan namanya karena batuan disana memberi kesan seperti batuan di bulan. Lembah ini memiliki beberapa formasi batuan tertua di dunia, diperkirakan telah berusia 1,8 miliar tahun. Sungai ini telah menciptakan gua-gua, air terjun dan formasi batuan aneh, untuk membentuk sebuah labirin di dinding ngarai sempit. Jika dilihat dari ruang angkasa, daerah tersebut adalah yang paling bercahaya di bumi. Kristal kuarsa yang terdapat pada batuan menyebabkan tempat ini terlihat menyala. Hutan di sekitarnya berlimpah dengan satwa liar dan terdapat banyak jenis anggrek.

10 Tempat Unik di Seluruh DuniaTitle : 10 Tempat Unik di Seluruh Dunia ~ UniksPos
Description : Banyak pemandangan menakjubkan yang terdapat di bumi. Seperti halnya sepuluh tempat unik dan menakjubkan berikut. Jika berkunjung ke tempa...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->