8.01.2014

5 Wahana Labirin Menakjubkan di Dunia

5 Wahana Labirin Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Labirin adalah sebuah sistem jalur yang rumit, berliku-liku, dan memiliki banyak jalan buntu. Labirin bisa menjadi permainan di atas kertas, dan dapat juga dibuat dengan skala yang lebih besar menggunakan tanaman untuk dilewati atau dengan tembok ataupun pintu-pintu. Dahulu, konon labirin diciptakan oleh Daedalus (dewa kerajinan). Namun, labirin yang kita kenal saat ini hanyalah sebuah tempat bermain yang intinya mencari jalan keluar dengan begitu banyak jalur. Maka terciptalah berbagai wahana labirin di dunia. Berikut ini ada 5 labirin menakjubkan di dunia.

1. Longleat Hedge MazeBritania Raya
5 Wahana Labirin Menakjubkan di Dunia
By Rurik (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Labirin ini telah menjadi rumah dari Marquesses of Bath sejak 1541. Longleat Hedge Maze disebut-sebut sebagai labirin terpanjang di dunia. Dibuat oleh Greg Bright di tahun 1975, meliputi area seluas 0,6 hektar, dengan total jalur di dalamnya sepanjang 2,72 kilometer. Uniknya, di tengah-tengah terdapat jembatan sehingga kita bisa melihat bentuk labirin tersebut dari ketinggian.

3. York Maze, Britania Raya
Dalby City of Troy turf maze
By User:SiGarb [Public domain], via Wikimedia Commons
Terdiri atas 1,5 juta tanaman di atas lahan seluas 13 hektar untuk membentuk labirin di York ini. Menurut kabar, rancangan labirin ini menggunakan teknologi via satelit, sehingga untuk merubah atau memindahkan jalurnya bisa seakurat mungkin. York Maze tercipta berkat kreasi Tom Pearcy guna memperingati Star Trek ke-40.

4. Pineapple Garden Maze, Hawaii
Pineapple maze 1
By ErgoSum88 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Wahiawa, Hawaii. Di tempat ini ada labirin dengan jalur rumit sepanjang 3 mil, terbuat dari 14.000 jenis tumbuhan yang ada di Hawaii seperti hibiscus, croton, panax, heliconia, bahkan nanas. Karena keunikannya, labirin ini tercatat di Guinness Book of Records 2001 silam.

5. Murray Star Maze, Britania Raya
Star Maze in the Scone Palace Grounds 01
By Shadowgate (Flickr: Star Maze in the Scone Palace Grounds 01) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Terletak di Scone Palace, Perth, Skotlandia, Britania Raya. Murray Star Maze dirancang oleh desainer terkenal di dunia, Adrian Fisher. Labirin ini berbentuk bintang berujung lancip lima yang terdiri 2.000 pohon beech, setengah tembaga dan setengah hijau, ditanam dengan cara  yang unik guna menciptakan efek tartan.

5 Wahana Labirin Menakjubkan di DuniaTitle : 5 Wahana Labirin Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Labirin adalah sebuah sistem jalur yang rumit, berliku-liku, dan memiliki banyak jalan buntu. Labirin bisa menjadi permainan di atas kertas...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->