8.27.2014

5 Festival Tradisi Unik di Seluruh Dunia

5 Festival Tradisi Unik di Seluruh Dunia -
UniksPos -
Tradisi adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat. Hal yang paling mendasar dari tradisi yaitu adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik secara tertulis maupun lisan.
Northern Pigtailed macaque at Koh Lanta Yai Monkey School
By Amax1 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Dari berbagai penjuru dunia, ternyata ada beberapa negara yang punya tradisi aneh. Mungkin, tradisi tersebut sulit untuk ditemukan di belahan bumi lain. Selain unik, tradisi-tradisi ini dijamin bakal bikin Anda geleng-geleng kepala. Namun meski aneh, sebagian tradisinya punya nilai keluhuran yang tinggi. Berikut lima negara dengan tradisi unik dan aneh di dunia.

1. Gurning, Inggris
'Gurn' yang juga bisa disebut 'grin' dalam bahasa Inggris mempunyai arti menyengir. Tradisi gurning atau tradisi menyengir ini di diadakan secara berkala di beberapa desa di Inggris. Saat kompetisi berlangsung, pesertanya akan menampilkan ekspresi wajah yang konyol dan buruk rupa. Tradisi Gurning sudah berlangsung dari tahun 1267. Bahkan, ada pula kejuarannya bernama "World Gurning Championship" yang digelar di Egremont, Inggris. Uniknya, pesertanya diwajibkan untuk memakai tali kuda kemudian menampilkan wajah sekonyol mungkin. Siap-siap tertawa melihat ekspresi lucu mereka!

2. Monkey Buffet Festival, Thailand
Ada tradisi aneh di Lopburi, Thailand bernama Monkey Buffet Festival. Lopburi adalah kawasan yang penuh dengan monyet. Tradisi ini bisa dibilang sebagai pestanya para monyet. Monkey Buffet Festival sering digelar di Kuil San Phra Kan dan Prang Sam Yot pada bulan November. Lebih dari 3.000 kilogram buah dan sayuran akan dipersembahkan untuk monyet-monyet di sana. Tak hanya itu, ada juga roti, kue, kacang, hingga minuman seperti susu dan minuman soda. Konon, tradisi ini dipercaya oleh masyarakat setempat akan membawa nasib baik.

3. Dragon Boat Festival, Cina
Tradisi unik ini telah dilakukan turun-temurun untuk memperingati keinginan bangsawan Chu Yuan memperbaiki daerah kekuasaan yang tidak disetujui oleh kaisar Cina sehingga ia menceburkan diri ke sungai. Melihat aksinya, para pengikut Chu Yuan menggunakan perahu berusaha menyelamatkannya. Sejak itulah festival perahu naga dilakukan dengan perlombaan perahu hias berbentuk naga ketika musim panas di Cina.

4. Camel Wrestling, Turki
Kalau biasanya Anda melihat adu banteng atau adu ayam, maka ada tradisi unik bernama Camel Wrestling di Turki. Ya, inilah tradisi adu unta yang sering digelar masyarakat di wilayah Aegean Turki, dan selalu ditonton oleh banyak orang. Para pemilik unta sebelumnya sudah menyiapkan jagoan mereka masing-masing dengan maksimal. Lalu unta saling menanduk untuk bertahan.

5. Obon, Jepang
Obon adalah salah satu tradisi unik masyarakat Jepang untuk memperingati arwah leluhur. Asal-usul tradisi Obon tidak diketahui secara pasti. Tradisi memperingati arwah leluhur di musim panas konon sudah ada di Jepang sejak abad ke-8. Ketika masa Obon datang, masyarakat Jepang percaya bahwa arwah para leluhur akan tinggal sementara di rumah mereka. Sejumlah penerangan dari api sengaja dipasang dan sesajen disiapkan untuk menyambut kedatangan arwah leluhur tersebut. Namun, tradisi dan ritual seputar Obon bisa berbeda-beda bergantung pada aliran agama Buddha dan daerahnya.

5 Festival Tradisi Unik di Seluruh DuniaTitle : 5 Festival Tradisi Unik di Seluruh Dunia ~ UniksPos
Description : Tradisi adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat. Hal yang paling mendasa...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->