8.23.2014

10 Manfaat Ajaib Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Ajaib Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang. Namun, pohon dan buah jambu air (Syzygium aqueum) tidak banyak berbeda dengan jambu semarang, beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Menurut Wikipedia, nama-nama lain jambu air adalah jambu ayer mawar (Malaysia), jambu aie (Minangkabau), jambu cai (Sunda), jambu wer (Jawa), jhambhu wir (Madura), nyambu er (Bali), kumpas, kumpasa, kombas, kembes (Sulut), jambu jene, jambu salo (Sulsel), jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo (Pulau Seram dan sekitarnya), dan lain-lain. Di Indonesia, jambu air juga disebut jambu kancing. 
10 Manfaat Ajaib Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh
Buah Jambu Air
Di negara-negara lain, jambu ini dikenal sebagai machom phupa atau chomphu pa (Thailand), tambis (Filipina), bell fruit, water apple (Inggris) dan lain-lain. Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, namun diperkirakan dari wilayah Asia Tenggara. Sejak dahulu tanaman ini telah dipelihara sebagai pohon buah-buahan di kawasan ini, mulai dari wilayah Indocina hingga ke bagian timur Nusantara. Pohon ini banyak tumbuh di Indonesia, selain bisa dimakan langsung, buah ini lebih sering di rujak atau dibuat asinan. Selain rasanya yang manis, ada pula yang rasanya manis asam, warnanya berkisar antara merah muda dan merah tua. Selain itu, buah jambu air juga dapat menghilangkan rasa haus dan lapar.

Jambu air mengandung protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, kalium, seng, tembaga, mangan, thiamin, iboflavin, niacin, Vitamin A dan C. Kandungan gizi lain seperti asam sitrat dan asam sulfurik. Berikut ini ada beberapa manfaat ajaib jambu air bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan tulang
Jambu air kaya akan kalium 123mg/100gr. Senyawa ini sangat berkaitan dengan kesehatan tulang. Rutin mengkonsumsi jambu air dapat membantu untuk menyehatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Mencerdaskan otak
Jambu air sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak yang sehat. Senyawa kalium pada buah jambu air juga berfungsi untuk membawa oksigen ke otak, agar mendapat makanan yang cukup. Selain itu, kalium yang terdapat pada buah jambu air juga berperan mengirimkan neurotransmitter di otak agar dapat mengirim sinyal kepada saraf. Jadi, kalium sangat penting supaya saraf kita bisa sehat, sehingga bisa bekerja dengan normal.

3. Menyehatkan ginjal
Kalium pada buah jambu air berfungsi sebagai agen untuk menjaga kalsium, agar tidak membentuk batu pada ginjal. Ginjal akan menyaring kalium dan mengeluarkannya melalui urine. Jadi, bisa dikatakan jambu air sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Asupan kalium sangat berpengaruh terhadap tekanan darah. Jambu air yang kaya akan kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika penderita tidak mendapatkan cukup mineral ini.

5. Mencegah stroke
Rutin mengkonsumsi jambu air, akan berisiko lebih rendah terkena stroke. Sebab buah ini memiliki senyawa kalium yang cukup tinggi.

6. Mencegah diabetes
Selain bermanfaat untuk mencegah stroke, jambu air juga berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes. Anda bisa memanfaatkan biji jambu air, karena biji jambu ini memiliki glukosa yang disebut jamboline. Bijinya dapat dikeringkan dan dihaluskan menggunakan blender. Bubuk ini dapat ditambahkan dengan air dan diminum tiga sampai empat kali sehari.

7. Menjaga kesehatan mata
Jambu air juga bermanfaat untuk kesehatan mata, yaitu dapat melindungi dan menjaga mata dari berbagai dampak, seperti mata lelah akibat lama beraktivitas di depan layar komputer. Kandungan vitamin A pada jambu akan mengatasi semua masalah tersebut.

8. Mencegah dehidrasi
Sama seperti buah melon yang banyak mengandung air, jambu air memiliki banyak air di dalamnya. Ketika tubuh terasa haus, mengkonsumsi jambu air dapat membuat Anda bebas dari dehidrasi. Selain itu, serat yang ada pada jambu air juga akan membuat Anda kenyang, dan sangat baik bagi Anda yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

9. Menyehatkan kulit
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tetapi jambu air juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Jambu air mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk merawat dan meremajakan kulit.

10. Mencegah diare
Cara mencegah dan mengobati diare ternyata dapat dilakukan dengan jambu air. Anda bisa menggunakan ekstrak jambu air untuk mencegah datangnya diare.

Di beberapa negara di asia, bunga jambu air sering digunakan sebagai obat demam dan diare, karena bunga jambu air mengandung tanin, dan zat-zat fitokimia berupa asam oleanik, bsitosterol, dan desmethoxymatteucinol (zat antibiotik yang bisa melawan jamur penyebab penyakit, di antaranya Staphylococcus aureus, Mycobacterium smegmatis, dan Candida albicans.

10 Manfaat Ajaib Jambu Air bagi Kesehatan TubuhTitle : 10 Manfaat Ajaib Jambu Air bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jamb...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

1 comment:

Warung Bibitsaid...

wah..wah... takjub saya dengan buah jambu jenis ini.
luar biasa manfaatnya untuk kita..

bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|