8.18.2014

Taipei 101, Destinasi Terbaik di Taiwan

Taipei 101, Destinasi Terbaik di Taiwan -
UniksPos -
Kota Taipei adalah ibukota sementara Republik Tiongkok serta merupakan kota terbesar di Taiwan. Disini terdapat salah satu menara tertinggi di dunia. Menara ini bernama Taipei 101, sebuah pusat bisnis dan perkantoran yang terdiri dari 101 lantai. Menara setinggi 101 tingkat ini terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia (yang pertama adalah Burj Khalifa, di Dubai, Uni Emirat Arab). Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Di menara ini terdapat dua lift tercepat di dunia yang kecepatan maksimumnya dapat mencapai 63 km/jam dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke Dek observasi di lantai 89 dalam waktu 39 detik. Setiap lift bertekanan aerodinamis, dan dirancang dengan sistem pengereman darurat. Biaya untuk setiap Lift lebih dari $ US 2 juta. Rem lift terbuat dari keramik dan baja (seperti yang ditemukan di mobil performa tinggi) untuk efisiensi yang lebih besar.
101 Tower
By Tak diketahui (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Dek observasi dibuka pada beberapa kesempatan, jika cuaca memungkinkan. Disini terdapat besi besar peredam angin seberat 800 ton. Besi peredam berwarna emas yang dipasang di lantai 88 dapat membuat menara stabil jika terkena topan dan gempa bumi. Diperkirakan luas total menara adalah 450.000 meter persegi, dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial sedangkan 73.000 meter persegi lainnya untuk area parkir. Gedung menara ini dibuka pada 31 Desember 2004, di tengah perayaan Tahun Baru yang semarak, lengkap dengan pertunjukan langsung dan kembang api. Presiden Chen Shui-bian, Walikota Taipei Ma Ying-jeou dan Ketua Legislatif Yuan, Wang Jin-pyng bertindak sebagai pemotong pita dalam acara peresmian tersebut. Beberapa lantai telah digunakan sebagai tempat tinggal dan perkantoran. Dengan desain yang kokoh, menara ini mampu menahan berbagai kondisi bencana seperti angin topan dan gempa bumi yang banyak terjadi di wilayah Taiwan. Menara spektakuler ini sebelumnya merupakan menara tertinggi di dunia, sampai rekornya kemudian dikalahkan oleh Burj Khalifa di Dubai pada tahun 2010.

Spesifikasi desain menara didasarkan pada jumlah "8", angka keberuntungan dalam budaya tradisional Cina. Menara ini dibuat menyerupai bentuk pagoda dan batang bambu yang melambangkan budaya Asia Timur. Ruas-ruasnya juga menyerupai kotak penyimpanan uang tradisional yang melambangkan kemakmuran. Desain ini terinspirasi oleh arsitektur tradisional Cina, dengan bentuk menyerupai pagoda. Menara ini juga terinspirasi oleh tanaman bambu, yang merupakan model kekuatan, ketahanan, dan keanggunan. Tidak ketinggalan, unsur fengshui juga sangat diperhatikan dalam arsitektur dan posisinya. Uniknya, di menara ini tidak ada lantai 44, karena angka 4 dianggap membawa sial. Sebagai gantinya, lantai 44 dinamai sebagai lantai 43 dan lantai 43 dinamai sebagai lantai 42A. Di atas menara ini, terdapat ruang observasi di mana pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Taipei dari ketinggian, baik ruang indoor maupun outdoor. Selain itu, menara ini juga terhubung dengan sebuah pusat perbelanjaan yang memiliki banyak toko dan restoran. Wilayah di sekitar menara ini merupakan lokasi favorit untuk acara-acara libur seperti malam pergantian tahun baru. Taipei 101 adalah salah satu tujuan wisata terbaik yang wajib di kunjungi di Republik Tiongkok. Penjualan tiket berada di lantai 5 dari Taipei 101 Shopping Mall. Di dalam dasar menara terdapat pusat perbelanjaan besar. Sementara, di ruang bawah tanah terdapat food court yang wajib untuk dikunjungi.

Taipei 101, Destinasi Terbaik di TaiwanTitle : Taipei 101, Destinasi Terbaik di Taiwan ~ UniksPos
Description : Kota Taipei adalah ibukota sementara Republik Tiongkok serta merupakan kota terbesar di Taiwan. Disini terdapat salah satu menara tertingg...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->