8.09.2014

5 Ikan Air Tawar Unik di Dunia

5 Ikan Air Tawar Unik di Dunia -
UniksPos -
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Berikut beberapa jenis ikan air tawar terunik di berbagai penjuru dunia.

1. African Lungfish
African Lungfish
By Ltshears (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Makhluk sungai yang cukup aneh. Namun, meskipun bentuknya mengerikan, hewan ini ternyata tidak berbahaya. African Lungfish dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang kurang oksigen, sehingga membuatnya jarang terlihat oleh manusia.

2. Pirarucu
Arapaima leptosoma 2009 G2
By George Chernilevsky (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Sepintas, Pirarucu mirip dengan ikan arwana yang terkenal di Indonesia. Selain itu, ikan ini juga memiliki kesamaan dengan ikan arwana, yaitu sama-sama bisa melompat ke udara untuk berburu maupun menghirup udara. Ikan ini sejatinya tidak berbahaya, namun jika merasa terancam, ia akan menggunakan kepalanya sebagai alat untuk mempertahankan diri.

3. Alligator Gar
Alligator gar fish
By Duane Raver, U.S. Fish and Wildlife Service [Public domain], via Wikimedia Commons
Makhluk sungai yang satu ini tampak seperti perpaduan antara alligator dengan ikan. Hewan yang hidup di Amerika Utara ini jarang berburu mangsa, namun menunggu mangsa yang lewat di depan mulutnya, kemudian ia menerkamnya dengan kecepatan yang luar biasa.

4. Paddlefish
Paddlefish underwater polyodon spathula
By Raver Duane, U.S. Fish and Wildlife Service [Public domain], via Wikimedia Commons
Ikan ini merupakan salah satu dari 2 spesies ikan paddlefish yang ada didunia. Yang pertama Chinese Paddlefish (Psephurus gladius) yang dikenal juga dengan nama Chinese Swordfish merupakan salah satu ikan air tawar terbesar yang merupakan salah satu dari 140 spesies ikan endemik di sungai Yangtze, yang berarti mereka tidak ditemukan lagi di tempat lain. Ikan ini dulu dijuluki “Raja Sungai Yangtze”. Dalam catatan klasik cina, kadang-kadang ikan ini disebut juga wei-fish. Karena langkanya dan statusnya yang dilindungi, ikan ini juga disebut sebagai Giant Panda of the Rivers. Sementara spesies lainnya adalah American Paddlefish. Ikan ini disebut juga ikan gajah (elephant fish) karena moncongnya yang seperti belalai gajah.

5. Vampire Piranha
Piranha-serrasalmus manueli 01
By Jonas Hansel (jonashansel@gmail.com) (Karya sendiri. www.piranha-info.com) [Public domain], via Wikimedia Commons
Piranha Vampir merupakan kerabat dekat dari ikan piranha yang terkenal dari sungai Amazon. Ikan ini dinamakan vampir piranha karena gigi taringnya yang dapat mencapai 6 inci. Ikan piranha yang jarang diketahui ini hidup di sungai Orinoco, Venezuela.

Ternyata sungai pun tidak kalah dengan lautan, banyak makhluk-makhluk unik hidup disini. Meski bentuk fisik mereka terbilang unik dan aneh, namun tidak bisa dipungkiri jika bumi masih menyimpan banyak potensi yang belum ditemukan oleh manusia.

5 Ikan Air Tawar Unik di DuniaTitle : 5 Ikan Air Tawar Unik di Dunia ~ UniksPos
Description : Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok verteb...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->