8.03.2014

10 Menara Jam Unik dan Menakjubkan di Dunia

10 Menara Jam Unik dan Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Menara jam ialah sebuah menara yang memiliki jam. Pada umumnya, menara jam adalah bagian bangunan dari gereja atau balai kota, namun banyak menara jam yang juga merupakan bangunan tersendiri. Mekanisme di dalam menara jam dikenal dengan nama turret clock. Biasanya menara jam mendengungkan lonceng atau musim yang singkat untuk menandai lewatnya jam baru. Menara jam memang sangat fungsional untuk mengingatkan waktu. Di berbagai penjuru dunia, terdapat banyak menara jam yang unik dan menakjubkan. Berikut ini 10 menara jam paling unik dan menakjubkan dari berbagai penjuru dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Vienna Rathaus, Austria
Wiener Rathaus Christkindlmarkt (Dez. 2008)
By Thomas2006 (Self-photographed) [Public domain], via Wikimedia Commons
Salah satu kota terindah di dunia ini memiliki menara jam di balai kotanya. Rathaus atau Vienna City Hall ini dibangun oleh Friedrich von Schimdt pada tahun 1872-1883 dengan gaya gotik. Di atas menara adalah Rathausmann, salah satu simbol dari Wina. Di depan Rathaus terdapat sebuah taman besar, Rathauspark.

2. Abraj al Bait, Saudi Arabia
Abraj-ul-Bait towers 2
By EZ (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Menara Abraj Al Bait atau Kompleks Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi. Menara ini mengalahkan Big Ben sebagai menara jam tertinggi di dunia. Bernama resmi Mecca Royal Hotel Clock Tower, menara setinggi 600 meter ini juga menjadi gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Al Khalifa di Dubai bahkan bisa dilihat hingga jarak 25 km. Sayangnya pembangunan menara jam tertinggi ini harus mengorbankan benteng Ajyad peninggalan kekhalifahan Ottoman yang dibangun pada abad ke-18.

3. Antwerp Cathedral, Belgia
Cathedral-Antwerp
By Hollerz (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Menara jam ini unik sebab berfungsi ganda sebagai menara lonceng sebuah gereja. Cathedral of Our Lady bergaya Gothic yang terletak di kota Antwerp ini dibangun pada 1352 dan baru selesai pada 1521. Katedral ini memiliki menara setinggi 123 meter, menjadikannya bangunan tertinggi di wilayah Benelux (Belgia, Nederland, dan Luxemburg). Arsiteknya adalah Jan dan Pieter Appelmans. Ini berisi sejumlah karya signifikan oleh pelukis Baroque Peter Paul Rubens, serta lukisan karya seniman seperti Otto van Veen, Jacob de Backer dan Marten de Vos.

4. Rathaus-Glockenspiel, Jerman
Münchner Christkindlmarkt 1
By X (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Balai kota baru kota Munich dibangun pada abad ke-19 dengan gaya Gothic Revival. Bagian yang paling terkenal dari gedung ini adalah menara jamnya (glockenspiel) yang menampilkan pertunjukan boneka tiap jam 11. Di menara ini terdapat 43 lonceng.

5. Big Ben, Inggris
Big Ben and houses of parliament London
By Andrew McMillan [Public domain], via Wikimedia Commons
Big Ben adalah nama pada sebuah menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris Raya, dan merupakan menara jam terbesar kedua di dunia setelah menara jam "Royal Clock Tower" di Mekkah. Nama menara ini yang sesungguhnya adalah Elizabeth Tower. Menara setinggi 96 meter ini dirancang oleh Augustus Pugin dengan gaya Gothic Revival. Sayangnya, karena letaknya yang berada dalam gedung parlemen Inggris, maka wisatawan selain warga negara UK dilarang memasukinya.

6. Prague Astronomical Clock, Ceko
Prague Astronomical Clock, Prague Orloj picture-006
By AlfvanBeem (Karya sendiri) [CC0], via Wikimedia Commons
Menara jam ini dikenal justru bukan karena keindahan menaranya, namun karena keindahan jamnya. Jam astronomis yang terdapat di kota tua Praha ini merupakan jam tertua di dunia yang masih berfungsi. Jam ini memiliki miniatur malaikat kematian berupa tengkorak yang dapat bergerak tiap pergantian jam. Jam astronomis lain dengan detail yang indah dapat ditemui di kota Bern (Swiss), yaitu di menara Zytgloggeturm atau Zytglogge Tower yang dibangun pada abad ke-13, meski jamnya baru ditambahkan pada abad ke-15.

7. Darlington Clock Tower, Inggris
Darlo town centre
By Dan892k9 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Darlington adalah sebuah kota pasar yang besar di County Durham, utara-timur Inggris. Disini terdapat sebuah menara jam bergaya Romanesque yang merupakan landmark kota Darlington. Menara jam yang terletak di Market Hall ini pembangunannya diprakarsai oleh pengusaha bernama Joseph Pease pada tahun 1964.

8. Warsaw Palace of Culture and Science
Warsaw Easter 2008 123
By Wizzard (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Warsawa, Palace of Culture and Science adalah bangunan tertinggi di Polandia dan gedung tertinggi kedelapan di Uni Eropa. Selesai dibangun pada tahun 1955, bangunan ini merupakan hadiah dari orang-orang Soviet untuk bangsa Polandia. Menara jam setinggi 6.3 meter ditambahkan ke bagian atas gedung menjelang perayaan milenium tahun 2000.

9. NTT Docomo Yoyogi Building, Jepang
Tokyo nightview
By ColinMcMillen di Wikipedia bahasa Inggris [Public domain], via Wikimedia Commons
NTT Docomo Yoyogi Building adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di Shibuya di Tokyo, Jepang. Tingginya mencapai 240 meter, itu adalah bangunan tertinggi ketiga di Tokyo. Setelah instalasi jam pada tahun 2002, bangunan menjadi menara jam tertinggi di dunia, tetapi dikalahkan pada tahun 2011 oleh Mecca Royal Hotel Clock Tower di Arab Saudi.

10. Manchester Town Hall, Inggris
Town Hall Manchester
By Robert Cutts from Bristol, England, UK (Manchester Town Hall) [CC-BY-2.0 or CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Balai Kota Manchester adalah, bangunan kota Neo-gothic Victoria di Manchester, Inggris. Tak hanya terkenal dengan klub bolanya, kota Manchester juga memiliki salah satu menara jam terindah di dunia. Menara jam ini terletak di Manchester Town Hall dan dirancang oleh Alfred Waterhouse pada tahun 1887 dengan gaya Victorian-Neo Gothic. Manchester Town Hall bisa dikatakan sebagai monumen terbesar yang ada di kota ini. Tinggi menara 85 meter dari permukaan tanah. Di ujung menara terdapat sebuah bola emas yang merupakan simbol matahari yang menyinari kota Manchester. Sekarang gedung dari abad 19 ini menjadi fokus dari sebagian besar kegiatan penting warga, pusat administrasi dan kegiatan politik di Manchester. 

10 Menara Jam Unik dan Menakjubkan di DuniaTitle : 10 Menara Jam Unik dan Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Menara jam ialah sebuah menara yang memiliki jam. Pada umumnya, menara jam adalah bagian bangunan dari gereja atau balai kota, namun banyak...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->