8.25.2014

Ragam Khasiat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Khasiat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Sayuran adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan. Sayuran biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi saat masih segar atau setelah diolah. Sayur merupakan jenis makanan penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk mencegah radikal bebas. 
Ragam Khasiat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh
Brokoli
Kandungan Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau merupakan pigmen dari tanaman yang berwarna hijau dan terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil mempunyai struktur kimia yang hampir mirip dengan hemoglobin (sel darah merah). Menurut penelitian para ahli gizi, klorofil dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.

Selain itu, klorofil juga berfungsi sebagai pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi), antioksidan, antipenuaan dan antikanker . Antioksidan berkhasiat untuk menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu, enzim protease inhibitor yang terdapat pada sayuran hijau dapat berfungsi sebagai pencegah timbulnya kanker, terutama pada usus.

Kandungan vitamin K yang terdapat pada sayuran hijau berperan penting dalam proses pembekuan darah, pembentukan tulang, dan mencegah pembentukan batu ginjal. Mengkonsumsi sayuran hijau secara teratur dalam setiap porsi makan dapat mempertahankan elastisitas kulit dan membantu mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tidak mudah pecah. Namun yang tak kalah penting, kandungan antioksidan dan serat alami pada sayuran hijau berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan.

Hal ini akan memudahkan sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna keluar dari tubuh, sehingga tidak terdapat endapan yang dapat menimbulkan penyakit. Bahkan, antioksidan yang banyak ditemukan pada sayuran hijau dapat melindungi sel mata dari cahaya ultraviolet penyebab utama katarak. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau mengandung jenis antioksidan lutein dan zeaxanthin hampir 10 kali lebih banyak dibanding vitamin E yang mampu melindungi sel mata dari kerusakan yang disebabkan oleh ultraviolet. 

Sayuran merupakan salah satu sumber serat yang bebas lemak sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan sawi mengandung kalsium yang sangat diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Makan sayur bisa mengurangi risiko osteoporosis, juga membantu pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat.

Ragam Khasiat Sayuran bagi Kesehatan TubuhTitle : Ragam Khasiat Sayuran bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Sayuran adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan. Sayuran biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi saat masih segar atau s...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->