11.22.2014

Ragam Danau Terbesar di Seluruh Dunia

Ragam Danau Terbesar di Seluruh Dunia -
UniksPos -
Danau ialah sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air tawar atau asin dan seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau memiliki air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Danau adalah sejumlah air tawar atau asin yang terkumpul di suatu tempat yang cukup luas, yang terjadi akibat mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air.
Ragam Danau Terbesar di Seluruh Dunia
Ilustrasi Danau
Menurut Wikipedia, Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, di mana danau ini kering di banyak waktu dan hanya terisi pada saat musim hujan. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, danau terbesar di seluruh dunia.

1. Laut Kaspia
Meskipun tidak mengandung air tawar, namun laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa) ini merupakan kumpulan air terbesar di dunia, dengan luas permukaan 371 ribu kilometer persegi. Laut Kaspia atau Laut Mazandaran sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia. Meskipun tidak mengandung air tawar, namun laut ini memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan, Kalmykia, Oblast Astrakhan), Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan "steppe" Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah "embayment" besar, Kara Bogaz Gol. Laut ini terhubung dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.

2. Danau Superior
Danau yang berbatasan dengan Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigan di Amerika Serikat ini merupakan rute pelayaran penting untuk pengiriman bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar (Great Lakes Waterway). Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan dengan Danau Baikal di Siberia memiliki "volume" lebih. (Laut Kaspia jauh lebih besar, namun berisi air asin). Danau yang memiliki luas permukaan 82 ribu kilometer persegi ini lebih besar dari Republik Czech. Memiliki panjang maksimum 563 kilometer dan lebar maksimum 257 kilometer. Kedalaman rata-ratanya adalah 149 meter dan kedalaman maksimumnya 406 meter. Danau yang berisi 12.232 kilometer kubik air ini memiliki garis tepian danau sepanjang 4.393 kilometer (termasuk pulau-pulau).

3. Danau Tanganyika
Danau yang berada di Western Rift di daerah Great Rift Valley dan dilingkupi oleh dinding pegunungan dari ngarai tersebut merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau danau terdalam kedua serta menyimpan cadangan air tawar terbesar di dunia. Danau yang pertama kali ditemukan oleh Richard Burton dan John Speke dari Eropa pada tahun 1858 ini adalah danau yang luas di Afrika tengah. Panjangnya mencapai 673 kilometer pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 kilometer. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 kilometer persegi, dengan panjang garis tepi sebesar 1,828 kilometer serta kedalaman rata-rata 570 meter dengan kedalaman maksimum 1,470 meter (di cekungan paling utara) menyimpan cadangan air dengan volume sebesar 18,900 kilometer kubik air. Suhu di permukaannya 25 °C dan mempunyai pH rata-rata 8.4. Danau ini terletak di kawasan empat negara yaitu Burundi, Republik Demokratik Kongo, Tanzania dan Zambia.

4. Danau Victoria
Danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan ini memiliki luas 68.870 kilometer persegi. Danau Victoria atau Victoria Nyanza, juga dikenal sebagai Ukerewe, adalah salah satu Danau Besar di Afrika. Namun oleh karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ketujuh danau air tawar dalam volume, yang berisi 2.760 kilometer kubik air. Danau tropis terbesar di dunia ini merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya. Ada lebih dari 3 ribu pulau dalam Danau Victoria, namun kebanyakan tidak berpenghuni. Ini termasuk Kepulauan Ssese di Uganda, sebuah kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer di dunia.

5. Danau Aral
Danau yang terletak di Asia Tengah ini diapit oleh Kazakhstan (Provinsi Aktobe dan Kyzylorda) di utara dan Uzbekistan (Karakalpakstan) di selatan. Jika diterjemahkan, nama danau ini menjadi "Laut Kepulauan", yang merujuk pada lebih dari 1.500 pulau yang pernah ada di danau ini. Sudah sejak lama Laut Aral memiliki peran penting bagi manusia. Sejak pertengahan abad ke-19, Kekaisaran Rusia menempatkan armada kapalnya di sana. Penduduk setempat juga menjadikan Laut Aral sebagai sumber mata pencaharian utama karena danau air asin tersebut kaya akan ikan-ikan bernilai komersial tinggi. Air sungai yang mengalir ke dalam Laut Aral juga dimanfaatkan oleh penduduk yang bermukim di lembah sungai untuk mengairi lahan pertanian. Sebelumnya danau ini adalah salah satu danau terbesar di dunia, dengan luas 68 ribu kilometer persegi. Namun, danau ini menyusut sejak tahun 1960-an karena sungai yang mengalir ke danau ini dialihkan ke tempat lain untuk proyek irigasi Uni Soviet. Pada tahun 2007, hanya 10 persen danau yang masih tersisa.

6. Danau Michigan
Memiliki wilayah permukaan 57.750 kilometer persegi. Panjangnya 307 mil dan luasnya 118 mil. Danau Michigan merupakan salah satu dari lima Danau Besar di Amerika Utara, yang luasnya 58 ribu kilometer persegi. Danau terbesar kelima di dunia ini dibatasi oleh negara bagian Amerika Serikat seperti Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Kota terbesar di Danau Michigan ialah Chicago. Ketika musim dingin, ribuan bola es menumpuk di tepi Danau Michigan, Amerika Serikat. Berat bola es itu ada yang mencapai 30 kilogram. Uniknya, bola-bola es itu hanya muncul pada tingkat suhu dingin tertentu saja. Pada cuaca hangat, bola-bola es tidak terbentuk di Danau Michigan.

7. Danau Huron
Danau yang memiliki luas 59.600 kilometer persegi ini ialah salah satu dari 5 danau besar di Benua Amerika. Danau Huron merupakan salah satu dari The Great Lakes atau Kumpulan Danau Air Tawar besar yang terletak di perairan Amerika Timur, Kanada. Danau ini adalah yang ketiga dari muara. Seperti Danau Ontario, Danau Erie, dan Danau Superior, danau ini juga dimiliki oleh Amerika Serikat dan Kanada. Banyak perahu dan kapal berlalu lalang di danau yang memiliki panjang 325 kilometer dan sedalam 230 meter ini untuk membawa barang seperti bijih besi. Danau Huron membatasi provinsi Kanada Ontario dan negara bagian AS Michigan. Tidak ada kota besar di danau ini, namun ada beberapa kota kecil seperti Sarnia, Ontario dan Bay City, Michigan. Air yang mengalir ke luar Huron berjalan melalui sungai yang mengalir sebelum Detroit, Michigan. Kemudian air tersebut mengalir ke Danau Erie lalu ke samudera.

8. Danau Great Bear
Terletak di antara dua wilayah fisiografi utama yaitu Kazan Uplands porsi Shield Kanada dan Plains Interior. Danau Great Bear adalah danau terbesar keempat di Amerika Utara, dan terbesar kedelapan di dunia. Danau yang memiliki luas 31.080 kilometer persegi dengan panjang 373 kilometer dan kedalaman 82 meter ini banyak dikunjungi karena selain memiliki pemandangan yang indah, juga karena danau ini memiliki bentuk yang unik. Akan lebih terlihat unik lagi ketika kita melihat foto danau Great Bear ini dari angkasa. Awalnya danau ini adalah bagian dari McConnell Danau Gletser di pra-glasial lembah yang dibentuk kembali oleh efek erosi es selama Pleistosen. Sejak itu, danau telah mengalami berbagai perubahan akibat post-glacial rebound yang mengikuti mencairnya es.

9. Danau Malawi
Danau yang memiliki panjang 560 - 580 kilometer, dan memiliki lebar 75 kilometer ini adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Luas permukaan total Danau Malawi atau Danau Nyaza adalah 29.600 kilometer persegi dari garis pantai danau di barat Mozambik, Malawi timur, dan selatan Tanzania. Sungai terbesar yang mengalir ke danau ini adalah Sungai Ruhuhu. Danau air tawar besar ini memiliki aliran keluar utama, yakni Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi. Danau Malawi terletak di Great Rift Valley yang dibentuk oleh pembukaan lembah Afrika Timur, di mana lempeng tektonik Afrika sedang terbagi menjadi dua bagian. Hal ini disebut lempeng tektonik divergen batas. Danau ini diperkirakan terbentuk sejak 40 ribu tahun atau 1 - 2 juta tahun yang lalu.

10. Danau Baikal
Danau terdalam dan tertua di dunia juga terbanyak air tawarnya ini adalah Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Danau ini berisi lebih dari 20 persen air tawar dunia dan lebih dari 90 persen air tawar Russia. Danau yang namanya berasal dari kata Tatar yaitu Bai-Kul atau "danau kaya" juga dikenal dengan sebutan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, danau ini disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci". Danau Baikal adalah representasi danau dengan warna biru yang sangat mencolok. Ini menunjukkan kejernihan danau yang airnya bisa diminum langsung tanpa penyaringan. Danau ini juga menempati posisi sebagai salah satu danau terjernih di dunia.

Ragam Danau Terbesar di Seluruh DuniaTitle : Ragam Danau Terbesar di Seluruh Dunia ~ UniksPos
Description : Danau ialah sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air tawar atau asin dan seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|