7.04.2014

Manfaat Sehat dari Daun Teh (Tea Leaves)

Manfaat Sehat dari Daun Teh (Tea Leaves) -
UniksPos -
Apakah Anda penggemar teh? Jika iya, maka Anda tak salah memilih minuman. Pasalnya, ada sekitar 12 penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of CLinical Nutrition menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh "Camellia sinensis L." dapat memberikan banyak manfaat, salah satu diantanya adalah dapat meningkatkan mood dan membuat orang bahagia. Sebagaimana yang dituturkan oleh Julie Upton MS, RD, CSSD, ahli diet dari Academy of Nutrition and Dietetics, "Meski banyak orang yang lebih menyukai kopi, tetapi teh terbukti sebagai minuman tertua yang memberikan banyak manfaat," seperti dilansir oleh Shine!
Manfaat Sehat dari Daun Teh (Tea Leaves)
Manfaat Sehat dari Daun Teh (Tea Leaves)
Ada beberapa jenis teh, termasuk teh hijau, hitam, dan merah yang semuanya sangat berguna untuk kesehatan. Teh sendiri diketahui mengandung antioksidan, antipenuaan dan antiinflamasi. Karenanya, ada banyak manfaat teh yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Untuk mengetahui berbagai manfaat sehat yang dimiliki oleh daun teh, ada baiknya langsung simak yang berikut ini.

1. Baik untuk jantung
Apakah Anda punya masalah dengan kolesterol? Teh hitam dapat membantu Anda. Minum secangkir teh hitam setelah makan makanan berlemak atau junk food bisa membalikkan efek negatif dari makanan tersebut, seperti tekanan darah tinggi. Bahkan, efek dari teh hitam ini bisa langsung dirasakan. Teh hitam akan membantu melonggarkan pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah. Hal ini akan menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat.

2. Membantu menurunkan berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang gemar minum teh hijau memiliki BMI dan rasio pinggul yang lebih kecil. Tak hanya itu, orang yang minum teh hijau juga memiliki lebih sedikit lemak dalam tubuhnya. Upton mengungkap bahwa teh hijau adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Hanya dengan minum teh hijau, seseorang bisa membakar 100 kalori lebih banyak dibandingkan jika mereka tak minum teh hijau.

3. Membuat bahagia
Ternyata salah satu hasil penelitian yang cukup mengejutkan adalah bahwa teh dapat membuat orang bahagia. Hal ini dikarenakan teh mengandung L-theanine yang membantu otak memproduksi dopamine dan serotonin. Kedua zat kimia tersebut membuat orang merasa senang dan berbahagia. Akan tetapi, untuk mendapatkan efek terbaik dari teh, seseorang harus minum sedikitnya tiga hingga lima cangkir teh setiap hari.

4. Meningkatkan produktivitas
Cukup minum teh hitam dan teh hijau dapat membantu meningkatkan produktivitas. Para peneliti menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir teh memiliki kewaspadaan, ketajaman berpikir, serta fokus yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh. Tentunya hal ini akan membantu Anda bekerja lebih fokus dan akurat. L-theanine dan kafein dalam teh meningkatkan produksi gelombang alpha pada otak dan membuat orang yang meminumnya mendapatkan energi tambahan tanpa efek samping.

5. Memperkuat tulang
Jika bicara tentang mencegah osteoporosis, kebanyakan orang pasti memikirkan susu. Padahal teh hijau juga bisa melindungi tubuh dari osteoporosis. Nayatnya, Polyphenol yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu produksi sel pembentuk tulang pada semua orang. Sementara antioksidan bernama flavanol yang ada di dalamnya dapat mencegah wanita mengalami tulang rapuh setelah menopause.

6. Mencegah diabetes
Teh hijau memiliki kemampuan untuk mengatur kandungan kadar gula dalam darah. Bagi para penderita diabetes sangat di sarankan untuk selalu mengkonsumsi teh hijau secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

7. Menghindari risiko kebotakan
Umumnya, kebotakan di sebabkan oleh kerontokan rambut secara terus menerus yang di karenakan akar atau batang rambut kurang sehat. Di sini peran teh hijau dalam menghindari risiko kebotakan adalah karena zat yang terdapat pada teh hijau dapat membuat rambut kita terus tumbuh, dan berregenerasi.

8. Menjaga kesehatan kulit
Teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut di karenakan teh hijau dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti ampuh membuat kulit kita agar tidak mudah keriput.

9. Melembabkan kulit berminyak
Ternyata teh hijau mengandung asam tannic yang mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit berminyak tuanglah teh hijau pada cetakan es, lalu simpan dalam freezer. Setelah beku, usapkan teh hijau beku tersebut pada daerah wajah. Kemudian diamkan hingga mengering dan lakukan setiap hari.

10. Membersihkan jerawat
Munculnya jerawat pada umumnya di sebabkan oleh kotoran atau minyak yang menempel pada kulit sehingga membuat pori-pori kulit tertutup. Kotoran dan minyak yang menempel pada pori-pori tersebut dapat di bersihkan dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, karena pada teh hijau terdapat zat antioksidan.

11. Menambah kilau rambut
Untuk mendapatkan rambut yang berkilau, seduh teh hijau dalam air panas selama 15 menit, biarkan dingin selama beberapa jam, kemudian bilas rambut menggunakan seduhan teh tersebut.

12. Menghilangkan mata panda atau lingkaran di bawah mata
Berkat kafein yang terkandung dalam teh sehingga mampu untuk membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan kegelapan sekitar mata yang biasanya ditimbulkan dari kebiasaan bergadang di malam hari.

13. Menghilangkan bau kaki
Kandungan asam tannic dalam teh merupakan antibakteri dan antijamur sehingga mampu menghilangkan bau kaki yang disebabkan oleh keringat. Anda cukup merebus daun teh, biarkan dingin dalam wadah yang besar, kemudian rendam kaki selama 15 menit.

14. Menambah intens warna rambut
Apabila Anda ingin mempertahankan warna rambut tanpa menggunakan pewarna yang berbahan kimia, cobalah menggunakan teh. Pasalnya teh merupakan penghasil warna terbaik.

15. Menyehatkan gigi dan mencegah bau mulut
Teh hijau alami terkandung fluoride di dalamnya, meskipun tingkat rendah, namun hal ini dapat membantu untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu juga dapat menyingkirkan bau mulut penyebab bakteri dalam mulut. Nantinya, setelah meminum secangkir teh hijau, anda akan memiliki napas yang jauh lebih segar.

16. Mengurangi perut kembung
Manfaat kesehatan dari teh hijau dengan peppermint membantu dalam mengurangi perut kembung. Jadi, minum secangkir teh hijau hangat setiap pagi tatkala perut kosong untuk mengurangi pembentukan gas dalam perut.

17. Mengobati sakit maag

Di dalam teh hijau terkandung bahan antioksidan yang mampu mengurangi sakit maag pada perut Anda. Cukup dengan meminum teh hijau secara rutin, maka akan membuat Anda senantiasa sehat.

18. Mengobati sakit perut
Minumlah secangkir teh hijau lalu tambahkan dengan sedikit jahe, hal ini terbukti ampuh dapat mengurangi rasa sakit pada perut Anda. Teh hijau plus jahe merupakan bahan alami terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah disaat Anda mengalami sakit perut.

Jadi itulah beberapa manfaat teh yang baru saja ditemukan oleh peneliti. Bagi Anda semua, sebaiknya mulai saat ini jangan ragu-ragu lagi untuk minum teh. Sebab selain dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, teh juga berkhasiat untuk kecantikan Anda.

Manfaat Sehat dari Daun Teh (Tea Leaves)Title : Manfaat Sehat dari Daun Teh (Tea Leaves) ~ UniksPos
Description : Apakah Anda penggemar teh? Jika iya, maka Anda tak salah memilih minuman. Pasalnya, ada sekitar 12 penelitian terbaru yang diterbitkan dala...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|