7.04.2014

5 Bangunan Megah dan Menakjubkan di Kota Jaipur

5 Bangunan Megah dan Menakjubkan di Kota Jaipur -
UniksPos -
Jaipur ialah ibukota negara bagian Rajashtan, India. Kota Jaipur merupakan kota bertembok yang dikelilingi oleh perbukitan di tiap sisi, kecuali bagian selatan. Bagi anda yang gemar berwisata, kota Jaipur merupakan tujuan menarik bagi para pelancong. Terletak di tempat strategis karena terhubung dengan berbagai kota penting di India, seperti Udaipur, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, dan Delhi, sehingga Jaipur menjadi tempat persinggahan yang pas. Selain itu terdapat pula sejumlah bangunan megah dan menakjubkan. Berikut ini ada lima tempat wisata unik dan menarik yang perlu dikunjungi di kota Jaipur, India. Mari kita simak bersama-sama!

1. Nahargarh Fort
5 Bangunan Megah dan Menakjubkan di Kota Jaipur
By Tharakan at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Nahargarh terletak di tepi Aravalli Hills, yang menghadap ke kota merah muda dari Jaipur di negara bagian Rajasthan, India. Juga seiring disebut Amber Fort, Jaigarh Fort atau Tiger Fort, Nahargarh membentuk cincin pertahanan yang kuat untuk kota. Benteng ini awalnya bernama Sudarshan Garh, tetapi menjadi dikenal sebagai Nahargarh, yang berarti 'tempat tinggal harimau'. Ini adalah salah satu pemandangan kota dari benteng yang mengesankan. Benteng ini dibangun pada tahun 1734 untuk membantu pertahanan kota. Gaungnya mulai populer setelah tahun 2006 dipakai sebagai lokasi film Rang De Basanti. Nahargarh Fort menawarkan view spektakuler. Pemandangan yang banyak diburu oleh wisatawan disini adalah saat sunset. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk piknik dan bahkan sering dipakai untuk hang out hingga pukul 10 malam.

2. Amber Fort and Palace
Amer-fort
By Sameer Goyal [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Amer palace, juga disebut sebagai Istana Amber terletak di Amer yaitu sebuah kota dengan luas 4 kilometer persegi, 11 kilometer dari Jaipur, negara bagian Rajasthan, India. Ini adalah salah satu tempat wisata utama di wilayah Jaipur, terletak di puncak bukit dan menghadap ke danau Maota. Amer Fort dibangun oleh Raja Man ​​Singh I. Awalnya, tempat ini adalah rumah bagi keluarga kerajaan Rajput hingga kota Jaipur selesai dikonstruksi. Tempat ini punya sejumlah istana yang luar biasa indah, aula, taman, dan kuil. Bagian dalam bangunan ini dipenuhi hasil karya menakjubkan yang dibuat begitu rumit. Pintu gerbang benteng ini dapat dicapai dengan berjalan mendaki bukit, mengendarai jeep, atau dengan naik gajah.

3. City Palace
Diwan-I-Khas City palace
By vsvinaykumar (www.panoramio.com/user/vsvinaykumar) [Attribution], via Wikimedia Commons
City Palace, Jaipur, yang meliputi Chandra Mahal dan istana Mubarak Mahal serta bangunan lainnya, adalah kompleks istana di Jaipur, ibukota negara bagian Rajasthan, India. City Palace, adalah tempat dimana keluarga bangsawan kerajaan Jaipur tinggal dan mereka adalah salah satu keluarga kerajaan terkaya di India. Tempat ini punya kompleks halaman sangat luas, kebun, dan bangunan yang memadukan arsitektur Rajasthani dan Mughal. Gerbang Merak (Peacock Gate) di City Palace juga terlihat indah sekali. 

Saat ini, keluarga kerajaan tinggal di bagian Chandra Mahal (Moon Palace) yang berbatasan langsung dengan bagian halaman. Didalamnya terdapat sebuah kompleks museum, galeri seni, kostum keluarga kerajaan, dan peralatan-peralatan lainnya. Kompleks istana, yang terletak sebelah timur laut dari pusat grid bermotif kota Jaipur. Istana ini dibangun antara 1729 dan 1732, awalnya oleh Sawai Jai Singh II, penguasa Amber. Istana Chandra Mahal saat ini menjadi museum tetapi bagian terbesar dari itu masih merupakan kediaman kerajaan. 

4. Galtaji Temple
Galta Temple, Jaipur, Rajasthan, India
By 3792dua (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Galtaji adalah salah satu kuil suci Hindu yang berada diantara tebing curam di kota Chania-Balaji, sekitar 10 kilometer dari Jaipur, di negara bagian Rajasthan, India. Situs ini terdiri dari beberapa kuil dan kolam suci di mana peziarah mandi. Konon, disini diyakini bahwa Saint bernama Galav tinggal, berlatih meditasi, dan melakukan penebusan dosa (tapasya). Candi utama adalah Kuil Galtaji, dibangun di batu merah muda. Candi ini memiliki sejumlah paviliun dengan atap bulat, pilar berukir, dan dinding dicat. 

Kompleks terletak di sekitar mata air alami dan air terjun yang menciptakan dua kolam renang berjenjang, kolam atas dan bawah yang digunakan untuk mandi oleh peziarah. Kompleks candi-candi Ram Gopal Ji adalah bahasa sehari-hari dikenal sebagai Candi Monyet (Galwar Bagh), karena banyak monyet tinggal di sini. Salah satu kolam sudah diambil alih oleh ribuan kera. Mereka bisa berenang dengan bebas. Kera-kera disini cukup ramah dan senang jika diberi makan.

5. Hawa Mahal (Palace of the Winds)
Hawa Mahal Palace
By vsvinaykumar (www.panoramio.com/user/vsvinaykumar) [Attribution], via Wikimedia Commons
Hawa Mahal merupakan nama istana yang terletak di Jaipur, India. Istana ini mulai dibangun tahun 1799. Hawa Mahal atau Palace of the Winds mungkin menjadi bangunan bersejarah yang paling dikenal di Jaipur. Tempat ini dibangun pada tahun 1799 dan memiliki 5 lantai, serta terdiri dari deretan jendela kecil dan screen/layar. Dulunya, angin bisa berhembus dengan bebas ketika jendela-jendela dibuka sehingga istana ini dikenal dengan The Palace of the Wind, namun saat ini sudah tidak lagi. Menurut legenda, istana yang menghadap ke arah jalan utama ini dibangun agar para wanita bangsawan dapat melihat ke luar tanpa diketahui oleh mereka yang sedang berlalu-lalang.

5 Bangunan Megah dan Menakjubkan di Kota JaipurTitle : 5 Bangunan Megah dan Menakjubkan di Kota Jaipur ~ UniksPos
Description : Jaipur ialah ibukota negara bagian Rajashtan, India. Kota Jaipur merupakan kota bertembok yang dikelilingi oleh perbukitan di tiap sisi, ke...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|