7.12.2014

16 Manfaat Buah Mangga bagi kesehatan (Mangifera indica)

16 Manfaat Buah Mangga bagi kesehatan (Mangifera indica) -
UniksPos -
Mangga atau yang disebut juga sebagai mempelam merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam marga Mangifera, terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Selain banyak disukai oleh banyak orang, buah mangga juga mempunyai rasa yang begitu enak dan manis. Harganya sangat terjangkau dan buah mangga ini sangat mudah dijumpai, bahkan hampir disetiap rumah menanamnya, karena tidak membutuhkan banyak perawatan.
16 Manfaat Buah Mangga bagi kesehatan (Mangifera indica)
16 Manfaat Buah Mangga bagi kesehatan (Mangifera indica)
Umumnya, buah mangga matang dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Sementara buahnya yang muda acap kali digunakan sebagai campuran rujak. Diketahui bahwa mangga ini memiliki kandungan Vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan yang perlu untuk diketahui, mari kita simak bersama-sama.

1. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kandungan vitamin C dan vitamin A yang berlimpah pada buah mangga, serta 25 jenis karotenoid yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat. Dengan mengkonsumsi buah mangga, Anda bisa mencegah berbagai macam penyakit dan infeksi karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Kandungan serat yang tinggi serta zat pectin dan vitamin C dalam buah mangga diketahui sangat ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol, terutama kolesterol buruk yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Apabila Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, sebaiknya jangan ragu untuk mengkonsumsi buah mangga.

3. Mencegah diabetes
Buah mangga mengandung index glycemix yang relatif rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tak akan mengakibatkan lonjakan insulin.

4. Menormalkan kadar insulin
Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga saat mengkonsumsi mangga tidak berbahaya bagi kadar gula Anda.

5. Mencerahkan kulit
Senyawa dalam mangga mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit.

6. Antioksidan dan pencegahan kanker
Beberapa zat antioksidan yang terkandung di dalamnya antara lain quercetin, isoquercetin, astragalin, fisetin, gallic acid dan methylgallat. Senyawa antioksidan yang terdapat pada buah mangga ini cukup efektif dalam mencegah serangan kanker yang biasanya datang dari zat-zat oksidasi yang dihasilkan oleh tubuh.

7. Menjaga kesehatan mata
Satu cangkir mangga yang telah dipotong-potong dapat memberikan 25 persen asupan vitamin A dalam sehari. Sehingga dengan mengkonsumsi mangga dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kebutaan serta mata kering.

8. Mencukupi kebutuhan alkali
Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat dalam buah ini membantu menjaga cadangan alkali tubuh.

9. Melancarkan sistem pencernaan
Buah yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan tak cuma melon, tetapi mangga juga mengandung enzim untuk mengolah protein. Serat yang terdapat dalam buah mangga juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

10. Meredakan panas dalam
Teriknya sengatan mentari dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. "Serangan panas" menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Pada saat-saat seperti ini dibutuhkan pendinginan tubuh dengan mengkonsumsi jus mangga sangat disarankan.

11. Kesehatan ibu hamil
Buah berwarna oranye ini juga dipercaya baik untuk ibu hamil karena kandungan zat besinya. Selain kaya akan vitamin C, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

12. Mengatasi mual saat hamil
Salah satu yang menjadi alasan mengapa ibu hamil suka mengidam buah mangga muda. Sebab mangga muda dapat membantu menurunkan intensitas dan meminimalkan frekuensi rasa mual. Apabila mangga mentah dikonsumsi secara teratur, maka rasa mual bisa hilang.

13. Menu diet yang sehat
Umumnya orang yang melakukan program diet dengan mengurangi porsi makan, atau jadwal rutin makan tiap harinya, yang biasanya makan 3 kali sehari menjadi 1 atau 2 kali sehari, padahal hal ini malah bisa membahayakan tubuh kita. Maka dari itu untuk mensiasatinya anda dapat mengkonsumsi buah mangga, tanpa harus mengurangi porsi makan. 

14. Mencegah anemia
Buah mangga dapat mengobati anemia karena kandungan zat besi di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi sangat berguna untuk mengatasi anemia.

15. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Kandungan vitamin C dalam buah mangga sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

16. Baik untuk ingatan
Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.

Sebagai tambahan, selain buahnya, daun mangga juga dipercaya bisa membantu menjaga tingkat insulin dalam tubuh agar tetap stabil. Caranya adalah dengan merendam daun mangga dengan air, lalu merebusnya. Kemudian, diamkan selama 12 jam dan minum air rendamannya di pagi hari.

Demikian uraian singkat tentang berbagai manfaat buah mangga yang ajaib ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

16 Manfaat Buah Mangga bagi kesehatan (Mangifera indica)Title : 16 Manfaat Buah Mangga bagi kesehatan (Mangifera indica) ~ UniksPos
Description : Mangga atau yang disebut juga sebagai mempelam merupakan jenis tumbuhan yang  termasuk ke dalam marga Mangifera, terdiri dari 35-40 anggota...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|