7.22.2014

Khasiat dan Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Strawberries atau stroberi adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria, buah ini berada dalam keluarga Rosaceae. Stroberi memiliki ragam manfaat bagi manusia. Buah ini juga mudah diolah menjadi berbagai macam jenis olahan. Mulai dari untuk puding, bahan kue, es krim, hingga jus. Buah stroberi banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan makanan seperti selai, es krim, jeli, permen, sirup, dan bahkan obat-obatan. 
Khasiat dan Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Tubuh
Buah Stroberi
Buah stroberi juga enak jika dikonsumsi langsung. Sama seperti buah lainnya yang berwarna cerah, stroberi juga kaya akan anti-oksidan. Buah stroberi mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan dan bahkan dinilai efisien dalam mencegah berbagai penyakit. Beberapa nutrisi yang terdapat pada buah stroberi yaitu energi, protein, karbohidrat, kalsium, magnesium, fospor, potasium, serta asam polat. Namun selain itu, buah stroberi ini juga memiliki kandungan vitamin A, serta C dan E yang sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Berikut ini ada beberapa khasiat dan manfaat buah stroberi bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Menyehatkan jantung

Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi sangat baik bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga bermanfaat untuk memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

2. Sebagai anti-kanker

Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

3. Sebagai anti-inflamasi

Stroberi mengandung senyawa fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase, cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Uniknya, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.

4. Menyehatkan mata

Semakin bertambahnya usia dan kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan masalah pada mata. Beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid terdapat pada stroberi sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata, katarak dan degenerasi makula.

5. Menjaga sistem imun

Stroberi juga merupakan zat antioksidan yang baik sebab stroberi tinggi akan vitamin C. Oleh sebab itu stroberi juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Menyehatkan tulang

Mangan yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.

8. Menyehatkan gigi

Selain menyehatkan tulang, mangan yang terkandung dalam stroberi juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan gigi.

9. Menjaga fungsi otak

Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berdampak melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung pada stroberi seperti vitamin C dan fitokimia bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

10. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.

11. Menjaga suasana hati

Mengkonsumsi buah stroberi dapat meningkatkan pelepasan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati juga berguna untuk menjaga suasana hati tetap baik dan rileks.

12. Mencegah pertumbuhan jamur

Stroberi merupakan salah satu sumber yang baik dari mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. kombinasi  antara mangan, tembaga dan asam dikarboksilat dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

13. Menurunkan kadar kolesterol

Stroberi kaya akan phyto yaitu jenis senyawa yang berperan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini membuat warna dan juga bau pada buah stroberi. Senyawa ini juga telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menghambat oksidasi low density lipo (LDL). 

14. Baik untuk diet

Jus stroberi adalah minuman yang rendah akan kalori. Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat membuat jus stroberi di rumah yaitu dengan beberapa buah stroberi dan kemudian buatlah menjadi jus untuk menu minuman sehat Anda.

15. Memutihkan gigi

Pada buah stroberi terdapat asam malat yang bermanfaat sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Jika mengkonsumsi stroberi secara rutin dapat membantu untuk menyehatkan mulut, seperti memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat nafas menjadi lebih segar.

Buah mungil berwarna merah dan berbintik hitam ini ternyata sangat baik dan menyehatkan. Jadi itulah beberapa manfaat atau khasiat buah stroberi yang mungkin belum anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Khasiat dan Manfaat Stroberi untuk Kesehatan TubuhTitle : Khasiat dan Manfaat Stroberi untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Strawberries atau stroberi adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria, ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|