9.11.2014

Ragam Cemilan Tradisional yang Berbahan Singkong

Ragam Cemilan Tradisional yang Berbahan Singkong -
UniksPos -
Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Telah sejak lama, singkong merupakan makanan khas Indonesia. Namun bagi kebanyakan masyarakat kota, panganan ini hanya diolah menjadi singkong goreng saja. Padahal bila di tangan masyarakat tradisional, singkong bisa menjelma menjadi pelbagai kudapan enak. Apalagi bila Anda menyantap olahan ubi kayu ini kala hangat, nikmat dan perut pun kenyang.
Ragam Cemilan Tradisional yang Berbahan Singkong
Umbi Singkong
Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Dari pati umbi ini dibuat tepung tapioka (kanji). Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum. Singkong sendiri berharga murah dan tumbuh di daerah tandus. Meski murah, singkong memiliki serat tinggi, mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, fosfor, magnesium dan kalium. Berikut ini beberapa makanan lezat dari singkong (Manihot utilissima) seperti yang dilansir oleh plasadana.com

1. Singkong Karamel
Panganan ini berasa manis, singkong karamel nikmat disantap kala hari tengah hujan. Kudapan ini bisa menentramkan tubuh yang dingin. Cara pembuatannya sangat sederhana. Anda cukup menyediakan singkong dan dua buah gula jawa. Singkong yang sudah terkupas dan tercuci bersih, dipotong kecil, kira-kira cukup untuk satu kali suap. Kemudian kukus singkong dalam dandang hingga matang. Panaskan irisan gula jawa dengan sedikit air, di atas wajan, hingga menyerupai karamel. Masukkan singkong ke dalam wajan, aduk hingga rata. Dan jadilah singkong karamel.

2. Lupis
Sama seperti getuk, Anda pasti tidak asing dengan lupis. Tersaji dengan gula jawa yang telah dicairkan, kudapan rada kenyal ini sungguh legit. Cara memasaknya tidak berbeda jauh dengan getuk. Singkong yang menjadi bahan utama harus diparut terlebih dahulu. Begitu pula dengan daging kelapa muda. Kemudian siapkan garam, 100 gram gula jawa, dua lembar pandan, dan air. Campurkan parutan singkong, kelapa, dan sedikit garam hingga merata. Masukkan adonan ke daun pisang berkerucut atau seperti lontong, lalu kukus selama 15-25 menit hingga matang. Langkah selanjutnya, panaskan 70 mili liter air, pandan, dan gula jawa hingga mencair dan tidak gosong. Kemudian, lupis sudah siap disantap.

3. Klenyem alias Misro
Berbeda dengan lupis dan getuk, misro sudah jarang ditemui di pedagang camilan tradisional. Padahal cara pembuatannya pun tak sulit. Anda hanya memerlukan singkong yang telah diparut halus, kemudian peras hingga menghasilkan air bersari singkong. Setelah itu, ambil endapan air perasan singkong dengan parutan singkong, sedikit parutan kelapa, gula, dan garam. Ambil sedikit adonan, buat bulatan kecil dan berikan isi potongan gula jawa, lalu goreng. Jika telah matang, angkat, dan misro siap dihidangkan. Mudah bukan?

4. Getuk
Getuk merupakan olahan singkong yang cukup populer. Karena tak mengandung bahan pengawet, camilan manis ini hanya berumur satu hari. Tapi cara pembuatannya cukup mudah. Hanya menggunakan satu kilogram singkong kupas, setengah butir kelapa parut yang terkukus 10 menit atau keju, 200 gram gula pasir, vanili, dan 100 cc air. Langkah pertama, didihkan gula, air, 1/2 sendok teh vanili hingga kental, dan sisihkan. Kemudian kukus singkong hingga lunak, tumbuk selagi panas, dan campur dengan cairan gula. Setelah bercamcur rata, giling dan potong–potong. Terakhir, taburkan kelapa parut atau keju, hidangkan selagi panas.

5. Sawut
Untuk membuat penganan manis ini, Anda memerlukan tahapan cukup panjang. Pertama, menyediakan bahan berupa satu kilogram singkong, sedikit garam, setengah sendok teh vanili, dua daun pandan yang dipotong kecil, seratus gram gula merah, seratus gram kelapa parut yang sudah dikukus dan sedikit garam. Lalu kupas singkong dan serut dengan kasar. Hasilnya, aduk serutan singkong dengan garam dan vanili hingga rata. Setelah adonan masuk ke wadah, beri potongan daun pandan dan taburan irisan gula merah. Kukus hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan ketika masih hangat dengan kelapa parut.

Cemilan lezat ini sangat mudah dibuat bukan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghadapi singkong, jangan pernah mencoba memakan ubi kayu mentah terutama kulitnya. Resiko terkena senyawa sianida bisa membuat pusing hingga muntah. Pilih pula singkong yang baru. Jika ujungnya berwarna kelabu berarti singkong sudah lama dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Ragam Cemilan Tradisional yang Berbahan SingkongTitle : Ragam Cemilan Tradisional yang Berbahan Singkong ~ UniksPos
Description : Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai mak...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|