9.01.2014

Pulau-Pulau Unik Berbentuk Hati

Pulau-Pulau Unik Berbentuk Hati -
UniksPos -
Simbol hati adalah salah simbol yang sejak lama digunakan untuk menunjukkan spiritualitas, emosi, moral, dan pada masa lalu, juga sebagai pusat kecerdasan manusia. Meskipun dalam bahasa Indonesia hati (simbolis) memiliki nama yang sama dan kerap diasosiasikan dengan hati (biologis) atau liver, namun sebenarnya bentuk simbol hati ini menurut sebagian besar pendapat berasal dari bentuk jantung, dan di dunia barat (tempat simbol ini berasal), emosi disimbolkan berasal dari jantung alih-alih di hati seperti di Indonesia. Simbol hati merupakan bentuk yang sangat umum dijumpai di kehidupan sehari-hari, sebab simbol ini memang sering digunakan manusia dalam berbagai hal. Namun bagaimana jika simbol hati ini terbentuk secara alami oleh kekuatan alam? Berikut ini ada beberapa pulau unik berbentuk hati.

1. Pulau Tavarua, Fiji
Tavarua Island, Fiji
By Tavyland (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Pulau berbentuk hati yang pertama dalam daftar ini terletak di Kepulauan Fiji, dekat dengan pulau utama Viti Levu. Tavarua memiliki luas wilayah 29 hektar, merupakan sebuah surga sempurna yang dikelilingi oleh air, terumbu karang yang cantik dan merupakan lokasi dari salah satu ombak paling spektakuler di dunia. Selain terkenal karena objek wisatanya yang mewah, pulau ini juga terkenal karena fasilitas olah raga air yang meliputi selancar, memancing, scuba diving, snorkeling, dan kayak. Pulau ini juga rutin menjadi tuan rumah untuk kompetisi selancar profesional tingkat dunia. Disebut-sebut sebagai dunia fantasi bagi para peselancar dan merupakan induk dari semua kamp surfing kelas dunia.

2. Pulau Galesnjak, Kroasia
Bisa jadi inilah pulau berbentuk hati yang paling populer di dunia. Pulau Galesnjak yang berada di pantai Kroasia merupakan pulau pribadi berukuran kecil yang keberadaannya sudah tercatat sejak dua abad lalu dalam peta Dalmatia buatan Napoleon. Pulau ini kemudian hilang ditelan sejarah dan baru ditemukan kembali pada tahun 2009 melalui pencitraan Google Maps. Dan sejak itu kepopuleran pulau ini kembali meroket. Saat ini, meskipun pada dasarnya tak berpenghuni Galesnjak menjadi tujuan wisata romantis yang cukup populer di antara para turis mancanegara. Dengan pantainya yang cantik, tumbuhan liar, dan pemandangan yang indah menjadikan pulau ini sangat cocok untuk berlibur.

3. Pulau Kardia, Yunani
Pulau Kardia adalah sebuah pulau kecil yang terletak di lepas pantai Yunani. Nama pulau ini, Kardia berarti 'hati' karena bentuknya yang memang menyerupai hati. Nama tersebut diberikan oleh penduduk yang tinggal di wilayah pulau mungil itu. 
Pulau ini terletak di jajaran pulau Skerry Sapientza, Messinian Golf dan memiliki populasi penduduk yang sangat rendah, hanya tujuh orang saja. Kondisi alamnya sendiri sebenarnya memang tidak terlalu memadai untuk ditinggali manusia, dengan ciri geografis berupa tanah berbatu-batu kecil yang relatif tandus.

4. Pulau Makepeace, Australia
Tak hanya bentuknya yang serupa hati saja yang menjadikan pulau di daerah Sungai Noosa, Queensland ini unik. Pulau ini juga memiliki nama yang unik, Makepeace atau 'ciptakan perdamaian'. Meski begitu sebenarnya nama Makepeace diambil dari pemiliknya yang terdahulu, yaitu Hannah Makepeace. Pulau Makepeace sebenarnya merupakan pulau pribadi yang di atasnya berdiri hunian mewah nan luas, lengkap dengan kolam renang, lapangan tenis, dan teater. Saat ini pulau tersebut dikelola oleh perusahaan Virgin Blue. Sejak renovasinya pada tahun 2009 lalu rampung, pulau ini kemudian dipromosikan sebagai tempat wisata untuk liburan keluarga.

5. Pulau Pelo, Botswana
Pulau yang satu ini terletak di dekat daerah Mombo, di delta Okavango. Sama seperti Kardia, pulau berbentuk hati ini juga mendapatkan namanya dari bahasa setempat untuk kata 'hati'. Tetapi jika Kardia relatif tandus, Pelo justru kaya akan keindahan alam. Terletak di daerah yang sering terlewati luapan air mengakibatkan kondisi pulau tersebut sangat subur. Berbagai jenis hewan tropis menjadikan tempat ini sebagai habitat, antara lain gajah, singa, macan tutul, kerbau, dan berbagai spesies burung. Pulau yang dipenuhi oleh pohon mahoni, tumbuhan kurma liar, dan Jackal berry yang sering dimanfaatkan untuk berkemah dan wisata safari. Wisatawan juga kerap berperahu kano untuk menikmati pemandangan alam di wilayah pulau.

6. Pulau Tupai, Polinesia
Pulau tropis berbentuk hati yang cantik ini terletak di dekat Bora Bora, Tahiti, French Polinesia. Pulau Tupai merupakan surga tropis yang dikenal karena keindahan pantai berpasir putih dan deretan pohon kelapa yang menghiasi laguna dangkal berwarna biru cerah. Tupai sebenarnya sebuah adalah pulau tak berpenghuni. Tetapi karena keindahan alam dan bentuknya yang unik menjadikan daerah tersebut kemudian dikomersilkan sebagai tempat untuk liburan romantis, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu tempat paling romantis di Tahiti. Kalau ada berniat mengunjungi pulau ini, di Tahiti ada banyak agen perjalanan yang menawarkan paket wisata di sana.

7. Pulau Harbor, Amerika Serikat
Pulau Harbor yang berbentuk hati ini terletak di tengah-tengah Bucks Harbor, Brooksville, Maine. Pulau ini cukup terpencil dari dunia luar, tetapi saat musim panas menjadi pilihan liburan yang cukup populer di Amerika Serikat, terutama bagi mereka yang menginginkan liburan dengan privasi dan ketenangan. Pulau ini dijual kepada sebuah organisasi konservasi milik negara untuk melindungi keindahan alamnya. Tetapi pada tahun 2014 ini pulau tersebut kembali dijual oleh organisasi konservasi tersebut untuk menutupi biaya yang telah mereka keluarkan saat mengakuisisi pulau. Harga pulau tersebut 1.275.000 dolar AS siapa saja bisa menjadi pemilik pulau di daerah pesisir ini, tetapi dengan beberapa ketentuan dalam pembangunan dan pengembangan lahan yang harus dipatuhi agar kelestarian alam di sana tetap terlindungi.

Pulau-Pulau Unik Berbentuk HatiTitle : Pulau-Pulau Unik Berbentuk Hati ~ UniksPos
Description : Simbol hati adalah salah simbol yang sejak lama digunakan untuk menunjukkan spiritualitas, emosi, moral, dan pada masa lalu, juga sebagai p...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|