9.29.2014

Ragam Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ragam Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi -
UniksPos -
Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids adalah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Kolesterol merupakan lemak dalam tubuh yang ikut mengalir bersama darah (terutama pembuluh darah). Menurut Wikipedia, tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh.
Buah Delima
Buah Delima
Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolesterol terdiri dari dua sifat yaitu baik dan jahat. Kolesterol baik sangat berguna dalam metabolisme tubuh, sedangkan kolesterol jahat jika berlebih akan menjadi faktor penyempitan pembuluh darah. Akibat dari penyumbatan tersebut bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti sakit jantung, kepala, stroke, vertigo, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, berikut kami rangkum beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

1. Menurunkan berat badan
Salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan menurunkan berat badan. Obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian dapat meningkatkan masalah kesehatan. Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu alasan utama penyebab kolesterol tinggi. Berat badan dapat memperbesar kemungkinan terserang tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh. Jadi sangat penting bagi Anda untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang dan proporsional.

2. Konsumsi makanan rendah lemak
Ada beberapa makanan yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Misalnya Psyllium sekam, beras merah, ikan sarden, pistachio, gandum, apel adalah jenis makanan yang mengurangi kadar kolesterol. Jadi sebaiknya konsumsilah makanan tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

3. Mengkonsumsi alpukat
Apokat, alpukat, atau Persea americana ini memiliki manfaat luar biasa karena sangat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Alpukat mengandung asam folat, serta berbagai macam vitamin yang sangat baik bagi kesehatan, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol darah. Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh secara alami.

4. Minum teh hijau
Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Teh hijau merupakan cara alami untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Teh hijau ini dapat menurunkan lemak jahat (LDL) dan menyeimbangkan kadar kolesterol tinggi. Sebab teh jenis ini mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah.

5. Konsumsi jeruk
Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri, jeruk juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jeruk atau limau mengandung pektin yang mampu menyerap kolesterol dalam perut dan mengeluarkannya sebelum kolesterol tersebut tercampur dalam darah.

6. Konsumsi buah delima
Pome atau delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus atau sari buah. Selain berkhasiat untuk mengobati gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan diabetes, ternyata jika dikonsumsi secara rutin, buah delima sangat baik untuk tubuh karena kandungan buah ini dapat mengurangi penumpukan plak kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kadar oksida nitrat yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam arteri dalam tubuh kita.

7. Konsumsi kedelai
Kacang kedelai dapat dengan mudah kita temukan di indonesia terutama dalam jenis makanan seperti tahu, tempe dan susu kedelai. Makanan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, menyertakan produk kedelai dalam menu makanan sehari-hari dikenal mampu mengontrol tekanan darah tinggi.

8. Mengontrol gula darah
Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah. Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mengontrol kadar gula darah. Peningkatan rasio gula darah disebabkan karena terjadi percepatan laju metabolisme glikogenolisis dan glukoneogenesis yang terjadi pada hati. Selain diabetes, gula darah yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

10. Olahraga setiap hari
Olahraga dapat mengurangi kolesterol jahat, trigliserida dan tekanan darah. Berolahraga secara rutin atau melakukan aktivitas fisik paling tidak 30 menit setiap hari dapat membantu membakar lemak dan kalori. Hal ini juga merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan menurunkan berat badan.

Ragam Tips Menurunkan Kolesterol TinggiTitle : Ragam Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi ~ UniksPos
Description : Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|