9.05.2014

7 Akuisisi Termahal dalam Sejarah Teknologi di Dunia

7 Akuisisi Termahal dalam Sejarah Teknologi di Dunia -
UniksPos -
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi telah memengaruhi masyarakat dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Sejarah perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan berita yang mengejutkan dimana-mana. Banyak penemuan teknologi terbaru tahun 2013 kembali diciptakan untuk mempermudah interaksi manusia. Interaksi media sosial pun tak dapa dihindari, info demi info seputar akuisisi teknologi terbaru mulai terungkap.
7 Akuisisi Termahal dalam Sejarah Teknologi di Dunia
Ilustrasi Merger
Sejumlah perusahaan besar yang berhasil merger atau mengakuisisi perusahaan lain dengan nominal angka yang menakjubkan. Seperti contohnya adalah Microsoft mengakuisisi Skype, Facebook mengakuisisi Instagram, Yahoo! membeli Tumblr dan banyak lagi. Berikut 7 akuisisi termahal yang pernah dilakukan dalam sejarah teknologi di dunia.

1. Microsoft akuisisi Skype, USD 8.5 Miliar
Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Seiring maraknya pemberitaan mengenai akuisisi Nokia oleh Microsoft, sindiran kecil juga muncul karena nilai akuisisi nokia tersebut masih kalah dibandingkan dengan ketika Microsoft mengakuisisi Skype pada tahun 2011 silam dengan harga sebesar USD 8,5 miliar. Tentunya beralasan kenapa sindiran tersebut muncul. Hal itu disebabkan karena Skype hanyalah sebuah perusahaan yang memproduksi software saja, namun Nokia justru yang memproduksi hardware dibeli dengan harga lebih rendah.

2. Intel akuisisi McAfee, US 7.68 Miliar
Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Pada tahun 2010 lalu, Intel umumkan bahwa mereka berhasil membeli perusahaan antivirus terkenal, McAfee, dengan harga yang cukup mencengangkan waktu itu. Intel akuisisi McAfee dengan harga sebesar US 7,68 miliar. Muncul berbagai spekulasi dan pertanyaan seputar akuisisi ini, untuk apa Intel membeli sebuah perusahaan antivirus yang jauh dari garis segi bisnis mereka. Namun, pastinya Intel mempunyai alasan sendiri kenapa mereka melakukan akuisisi tersebut.

3. Microsoft akuisisi Nokia, USD 7.2 Miliar
Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia dan Microsoft boleh diibaratkan sebagai sahabat dalam bisnis. Banyak produk Lumia milik Nokia yang menggunakan produk Microsoft yaitu Windows Phone di dalamnya. Seiring waktu berlalu, tepatnya pada 03/09, Microsoft berhasil mengakuisisi Nokia dengan harga USD 7,2 miliar atau setara dengan Rp 80,3 triliun lebih. Tentunya, muncul berbagai spekulasi dari akuisisi ini, salah satunya adalah nantinya keduanya akan merger dan menjadi satu perusahaan dengan satu CEO.

4. Adobe akuisisi Macromedia Flash, USD 3.4 Miliar
Adobe Systems adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yg paling besar di dunia. Di tahun 2005 silam, Adobe berhasil mengakuisisi Macromedia Flash dan seluruh paten hingga produknya dengan harga USD 3,4 miliar. Keuntungan buat Adobe karena berhasil akuisisi Macromedia adalah program Flash yang dikembangkan oleh Macromedia sebelumnya juga menjadi milik Adobe. Flash yang menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript dan muncul pertama kali pada Flash 5 ini menjadi salah satu perangkat lunak penting bagi pengguna komputer dan perangkat sejenis serta menjadi salah satu produk unggulan Adobe System.

5. eBay akuisisi paypai, USD 1.5 Miliar
eBay adalah sebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa. Pada tahun 2002 lalu, eBay yang terkenal sebagai tempat jual beli an lelang barang secara online berhasil membeli paypai dengan harga sebesar USD 1,5 miliar. Namun, dipercaya atau tidak berdirinya paypai tidak luput dari campur tangan salah seorang pendiri YouTube, bahkan ketika paypai dibeli eBay pun, hal tersebut juga masih merupakan atas 'ulah' orang yang sama.

6. Yahoo! akuisisi Tumblr, USD 1.1 Miliar
Yahoo! Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari, Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Sempat terjadi tarik ulur antara Yahoo! dengan Tumblr terkait ketidakcocokan masalah harga akuisisi, akhirnya dua perusahaan tersebut deal dan saat ini Tumblr telah menjadi bagian dari Yahoo!. Yahoo! berhasil akuisisi Tumblr dengan uang sebesar USD 1,1 atau Rp 10,7 triliun yang dibayarkan secara tunai. Sempat terjadi pro dan kontra waktu itu, karena apabila Yahoo! membeli Tumblr maka keuangan perusahaan hanya tersisa sedikit saja dan dikhawatirkan tidak mampu mencukupi operasional Yahoo! selanjutnya.

7. Facebook akuisisi Instagram, USD 715.3 Juta
Facebook, Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional asal Amerika Serikat yang mengoperasikan situs web jejaring sosial Facebook. Perusahaan ini berkantor pusat di Menlo Park, California. Kesepakatan awal seperti yang diumumkan pada bulan April 2012 lalu, Facebook mengakuisisi Instagram sebesar USD 1 miliar, namun setelah melakukan sederet kalkulasi lebih lanjut, jumlah tersebut menyusut menjadi hanya USD 715,3 juta saja karena terkait masalah saham yang turun. Langkah Facebook mengakuisisi Instagram sangat tepat di waktu itu, karena Instagram merupakan startup yang sangat populer pada tahun 2012 lalu dan digunakan oleh banyak pengguna perangkat berbasis Android juga iOS.

7 Akuisisi Termahal dalam Sejarah Teknologi di DuniaTitle : 7 Akuisisi Termahal dalam Sejarah Teknologi di Dunia ~ UniksPos
Description : Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknolo...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|