9.21.2014

Ini Stadion Sepakbola Termegah dan Menakjubkan di Dunia

Ini Stadion Sepakbola Termegah dan Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan. Memasuki abad ke-21, menurut Wikipedia, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.
ورزشگاه آزادی
By خودم (دوربین دیجیتالی) [Public domain], via Wikimedia Commons
Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Apakah Anda pecinta olahraga sepak bola? Sepertinya sudah tidak asing lagi tentang tempat hamparan rumput hijau yang digunakan dalam pertandingan sepak bola. Stadion sepak bola, di dunia ini ada ratusan stadion sepak bola yang telah di buat. Dari banyaknya stadion sepak bola di dunia, ada beberapa diantaranya yang dianggap sebagai stadion sepak bola terbesar di dunia. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, 10 stadion sepakbola termegah dan menakjubkan di seluruh dunia.

1. Estadio Azteca, Meksiko
Stadion Azteca merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Mexico City, Meksiko. Stadion ini pernah dipakai untuk babak final Piala Dunia FIFA 1970 dan Piala Dunia FIFA 1986. Stadion termegah ini pernah menjadi saksi sejarah piala dunia tahun 1970 dan 1986. Dimana ketika itu Brazil berhasil mengalahkan Italia 4-1, juga membawa namanya menjadi Juara Piala Dunia tahun 1986. Penyerang terbaik Argentina yakni Maradona juga pernah menampilkan permainan terbaiknya pada ajang piala dunia di Stadion Estadio Azteca di Mexico City ini.

2. International Stadium Yokohama, jepang
Stadion Nissan, merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di Yokohama, Jepang. Stadion ini merupakan markas tim sepak bola Yokohama F. Marinos. Stadium Yokohama pernah menjadi stadium pergelaran piala dunia pada tahun 2002. Pada tahun tersebutlah untuk pertama kalinya piala dunia di gelar di kawasan asia. Stadion yang di bangun dengan total pembiayaan yang mencapai 60 miliar yen ini dapat menampung 70.000 penonton. Memiliki 824 lampu dengan 2 layar raksasa serta jaringan pipa air panas raksasa menjadi pelengkap tambahan pada stadion Yokohama jepang ini.

3. Nou Camp, Spanyol
Camp Nou adalah stadion sepak bola di Barcelona, Spanyol. Stadion ini mulai dibuka tahun 1957. Kapasitasnya adalah 98.772 kursi dan merupakan kandang dari FC Barcelona. Stadion yang dibangun pada tahun 1957 ini menghabiskan dana sebanyak US$ 3 Juta. Nou Camp juga pernah dinobatkan sebagai stadion sepak bola terbesar di Eropa. Nou Cham dapat menampung kapasitas penonton sebanyak 120.000 orang. Selain itu, stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 1982 lalu.

4. Stadion Azadi, Iran
Stadion Azadi Stadium sebelumnya Aryamehr adalah stadion sepak bola di Teheran, Iran. Diresmikan pada 18 Oktober 1971 dan milik sendiri oleh Esteghlal dan Persepolis. Itu juga merupakan stadion rumah dari tim nasional sepak bola Iran. Stadion ini memiliki kapasitas 91.623 penonton, meskipun telah mampu menampung lebih dari 100.000 orang yang hadir. Stadion ini merupakan bagian dari yang lebih besar Azadi Sport Complex, dan dikelilingi oleh sungai dayung, lapangan sepak bola pelatihan, sebuah kompleks angkat besi, fasilitas dan voli indoor dan lapangan futsal, di antara banyak fasilitas lainnya berenang. Stadion ini pernah digunakan dalam pergelaran Asian Games pada tahun 1974.

5. Old Trafford, Inggris
Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester United F.C. Stadion ini berhasil tercatat menjadi stadion terbesar di Dunia. Stadion yang juga dijadikan kandang oleh kesebelasan Manchester United ini dapat menampung penonton hingga mencapai 68.000 kursi. 3000 kursi diantara di sediakan untuk suporter lawan. Stadion ini menjadi milik permanen Manchester United sejak tahun 1910 dan diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton. Stadion ini diarsiteki oleh Sir Archibald Leitch yang juga mengarsiteki markas Charlton Athletic, Chelsea, Everton, Middlesbrough, Tottenham Hotspur, Rangers F.C. serta Southampton.

6. Stadion Olimpiade Roma, Italia
Stadion Olimpiade Roma adalah stadion serbaguna yang terletak di Roma, Italia. Stadion ini memiliki kapasitas 82.307 kursi. Stadion ini merupakan kandang dari dua klub sepak bola asal kota Roma yaitu S.S. Lazio dan AS Roma. Stadion yang terletak di Italia ini setidaknya sudah 2 kali menjadi tuan rumah penyelenggara piala dunia. Dan di stadion ini juga seakan menjadi saksi biksu perjalanan buruk kesebelasan As roma yang harus tunduk karena dikalahkan oleh kesebelasan Liverpool pada tahun 1984 lalu. Pada tahun 2001, stadion ini harus dilakukan renovasi, dan jutaan dollar sudah mengalir untuk renovasi stadion tersebut.

7. Stadion Santiago Bernabéu, Spanyol
Santiago Bernabéu adalah stadion sepak bola yang terletak di kota Madrid, Spanyol. Stadion ini merupakan markas tim sepak bola Real Madrid. Kapasitas stadion ini terus berubah, memuncak sampai 120.000 setelah perluasan tahun 1953. Sejak saat itu, kapasitas mulai dikurangi karena modernisasi. Kesebelasan sepak bola tertua di Eropa yaitu Madrid, didirikan pada tahun 1902, diusianya yang sangat tua, namun Madrid sendiri belum mempunyai kandang pribadi di Negaranya. Hingga pada tahun 1924 sebuah stadion yang secara resmi didirikan sebagai kandang Madrid ini di bangun. Stadion Charmatin begitulah nama stadion pertama yang didirikan oleh Madrid di Wilayahnya tersebut.

8. San Siro Milan Italia
Stadion Giuseppe Meazza, adalah stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini merupakan kandang bagi dua tim Liga Italia dari Serie A: A.C. Milan dan Internazionale. Salah satu kota di italia yakni San Shiro sepertinya tidak akan pernah lepas dari kegiatan yang namanya sepak bola. Stadion yang terletak di kota tersebut memiliki kapasitas penonton hingga mencapai 80.000 kursi. Dengan penataan cahaya yang luar biasa apik.

9. Stadion Louis II, Monako
Stadion Louis II atau lebih dikenal sebagai Stade Louis II, adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Fontvieille salah satu distrik Monako. Ini merupakan stadion kandang bagi AS Monaco dan Monako, dan menjadi tempat rutin pertandingan Piala Super UEFA. Stadion Louis II selain masuk kedalam kategori stadion terbesar di dunia juga pernah dinobatkan sebagai stadion yang paling nyaman di Eropa. Stadion yang di resmikan tahun 1985 ini mempunyai kapasitas penonton sebanyak 200.000 kursi, dan di bangun dengan arsitektur khas dari Monaco sehingga stadion ini terasa sangat kental akan kebudayaan setempat.

10. Stadion Maracanã, Brazil
Stadion Jornalista Mário Filho atau biasanya disebut Stadion Maracanã, adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Ini merupakan stadion terbesar di Amerika Selatan dan Brasil. Stadion ini merupakan markas klub CR Flamengo dan Fluminense FC. Karena begitu fanatiknya penduduk sekitar terhadap olahraga sepak bola, sehingga membuat parlemen pemerintahan setempat sangat antusias membuat stadion sepak bola di daerah tersebut. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah setempat membangun stadion terbesar dengan total tampung penonton hingga mencapai 125.000 kursi. Untuk Biaya renovasinya saja stadion terbesar di Brazil ini dapat menghabiskan dana sebesar US$40 juta.

Ini Stadion Sepakbola Termegah dan Menakjubkan di DuniaTitle : Ini Stadion Sepakbola Termegah dan Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berangg...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|