9.20.2014

Ragam Masjid Terindah di Seluruh Dunia

Ragam Masjid Terindah di Seluruh Dunia -
UniksPos -
Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid bermakna tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Menurut Wikipedia, selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.
Ragam Masjid Terindah di Seluruh Dunia
By Wurzelgnohm (Own work) [CC0], via Wikimedia Commons
Islam adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Memiliki lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam adalah agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di seluruh dunia, sehingga sangat tidak mengherankan jika kita bisa dengan mudah menemui banyak masjid di hampir setiap negara di dunia. Dari sejumlah masjid tersebut memang sengaja dibangun dengan bentuk sedemikian rupa dan juga mengandung nilai sejarah yang sangat tinggi. Berikut ini kami rangkum untuk Anda,10 masjid terindah dan spektakuler di seluruh dunia.

1. Masjid Agung Umayyah, Syria
Masjid Agung Umayyah, berlokasi di kota lama Damaskus, Suriah adalah masjid yang terbesar dan tertua di dunia. Dan dianggap sebagai tempat suci ke empat dalam Islam. Bangunan dari masjid ini sangatlah kokoh dan sangat mengagumkan. Di beberapa bagian dari masjid ini berhiaskan mozaik emas dan juga mempunyai desain yang sangat megah. Masjid Umayyah ini juga pernah mengalami restorasi besar, yakni pada tahun 1929 meskipun UNESCO sempat mengecam proyek restorasi yang dilakukan pada saat itu.

2. Masjid Maraval, Trinidad dan Tobago
Tobago adalah salah satu dari dua pulau utama yang membentuk Republik Trinidad dan Tobago. Tobago terletak di Laut Karibia bagian selatan, sebelah timur laut Pulau Trinidad dan sebelah selatan Grenada. Trinidad mempunyai lebih dari 85 masjid, namun ada satu atau dua masjid saja di Tobago. Masjid Maravl juga merupakan masjid terbesar yang berada di kaki bukit dan Laventille pada sudut jalan. Ketika sholat Jum'at berlangsung, khotbah diucapkan dalam Bahasa Inggris. Masjid ini juga mempunyai ruang doa dan pintu masuk yang terpisah dan juga terkenal dengan kebersihan lingkungan masjidnya.

3. Masjid Grand Al Fateh, Qatar
Masjid Al-Fateh juga dikenal sebagai Al-Fateh Islamic Center & Masjid Al Fateh Grand, adalah salah satu masjid terbesar di dunia, meliputi 6.500 meter persegi dan memiliki kapasitas untuk menampung lebih dari 7.000 jamaah pada suatu waktu. Masjid ini dibangun oleh almarhum Sheikh Isa bin Salman Al Khalifa pada tahun 1987 dan diberi nama setelah Ahmed Al Fateh, penakluk Bahrain. Pada tahun 2006, Al-Fateh menjadi situs Perpustakaan Nasional Bahrain. Kubah dari masjid ini dibbuat dari fiberglass murni yang memiliki berat lebih dari 60 ton. Selain digunakan juga sebagai tempat ibadah, masjid ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata, namun masjid ini tertutup bagi para wisatawan saat hari Jum'at.

4. Masjid Al-Dhahab, Filipina
Masjid Al-Dahab adalah sebuah masjid yang berada di Manila, Filipina. Masjid ini lebih dikenal dengan nama Golden Mosque atau Masjid Emas atau dalam bahasa Spanyol disebut Mezquita del Globo de Oro dan dalam bahasa Tagalog Filipino disebut Moskeng Ginto. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Manila dan disebut dengan masjid emas karena kubahnya yang dicat dengan warna keemasan yang berkilauan. Masjid ini terletak di Quiapo Filipina. Quipao adalah sebuah distrik dengan penduduk muslim terbesar di Filipina. Masjid ini dapat menampung 3000 jemaah, menjadikannya sebagai bangunan masjid terbesar di kota Manila. Lengkap dengan satu kubah besar berwarna keemasan. Satu menara melengkapi masjid sebagai tempat suara kumandang azan.

5. Masjid Faisal, Pakistan
Masjid Faisal adalah masjid terbesar di Pakistan, yang terletak di ibu kota nasional Islamabad. Selesai pada tahun 1986, dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay, berbentuk seperti gurun Bedouin tenda, adalah simbol ikon Islamabad di seluruh dunia. Masjid ini juga diakui sebagai salah satu dari masjid terbesar di dunia. Nama masjid ini diambil dari nama seorang raja dari Arab Saudi, Raja Faisal bin Abdul Azis. Beliau adalah orang yang mendukung dan juga membiayai proyek pembangunan masjid ini.

6. Masjid Hassan II, Maroko
Masjid Hassan II adalah masjid yang terletak di Casablanca, Maroko. Masjid ini mulai dibangun tahun 1980, didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini telah menjalani 5 kali tahap pembangunan. Pembangunannya dimulai sejak jaman Raja Hassan II berkuasa di Maroko. Masjid yang terletak di tepi laut Atlantik ini juga di akui sebagai masjid terbesar ketiga setelah Masjidil Haram di mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, Masjid Hassan II juga menjadi salah satu ikon wisata di Maroko.

7. Masjid Jamia, Kenya
Masjid Jamia adalah masjid yang terletak di Banda Street, Nairobi, Kenya di Central Business District. Masjid ini merupakan salah satu struktur agama yang paling menonjol di Kenya, dan masjid yang paling penting di negeri ini. Didirikan dan pertama kali dibangun oleh Syed Maulana Abdullah Shah antara tahun 1902 dan 1906. Dia adalah orang yang sangat saleh dan sampai hari ini ia dikenang setiap tahun oleh umat Islam. Masjid telah diperpanjang sejak konstruksi aslinya. Ini merupakan salah satu Masjid terindah di dunia dengan gaya khas kaum muslim Arab. Masjid unik ini mempunyai banyak kubah yang dibuat dari marmer dan terdapat juga prasasti Qur'an yang dijadikan sebuah situs Islam yang penting. Bagi non muslim tidak diizinkan masuk ke dalam masjid ini, namun tetap diperbolehkan untuk melihat-lihat bagian eksterior masjid ini.

8. Masjid Agung, Italia
Roma identik dengan Katolik. Tapi siapa yang menyangka jika di ibukota negara Republik Italia itu juga berdiri sebuah masjid megah yang mampu menampung jamaah sekitar 40 ribu orang, yakni Masjid Agung Roma atau yang disebut Grande Moschea. Masjid tersebut merupakan simbol toleransi beragama di Italia, karena lokasinya yang berdekatan dengan kota Vatikan dan Sinagog Yahudi. Masjid Agung Roma yang terdapat di kota Roma, Italia merupakan satu-satunya masjid resmi yang berada di negara ini. walaupun terdapat juga tempat untuk berdoa darurat lainnya yang juga tersebar di berbagai tempat di kota ini. Imigran muslim sangat bersemangat untuk membangun masjid ini meski kerap mendapat perlawanan dari penduduk setempat.

9. Masjid Shah, Iran
Masjid Shah juga dikenal sebagai "Masjid Emam" (dinamai setelah revolusi Islam 1979 di Iran) dan "Masjid Jame 'Abbasi", adalah sebuah masjid di Isfahan, Iran, berdiri di sisi selatan Naghshe Jahan Square. Dibangun selama periode Safawi, diperintahkan oleh Shah Abbas I dari Persia. Masjid Imam juga biasa disebut dengan masjid E-Shah (Royal Mosque) yang telah berdiri sebelum kemerdekaan negara ini, dan masjid ini merupakan hasil dari sebuah revolusi Islam. Masjid ini juga merupakan masjid terindah dan termegah pada saat itu. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1612 Masehi.

10. Masjidil Haram, Arab Saudi
Masjidil Haram merupakan sebuah masjid di kota Mekkah, yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam di seluruh dunia. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid Al Haram juga dikenal sebagai Al-Haram Masjid, Masjid Al Sharif, Haram Al Sharif berada di Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini berdiri diatas wilayah seluas 356.800 meter persegi dan dapat menampung jama'ah hingga 820.000 orang selama musim haji. Masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang tidak mempunyai arah kiblat, dikarenakan orang Islam berdoa dengan menghadap Ka'bah yang berada tepat di tengah-tengah masjid ini. Masjid ini adalah Masjid terbesar di dunia.

Ragam Masjid Terindah di Seluruh DuniaTitle : Ragam Masjid Terindah di Seluruh Dunia ~ UniksPos
Description : Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid bermakna tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|