9.27.2014

15 Khasiat Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh

15 Khasiat Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Suka minum kopi, ini adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta. Menurut Wikipedia, Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.
Coffee Beans (2732722806)
By Harald Hoyer from Schwerin, Germany (Coffee BeansUploaded by russavia) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Beberapa nutrisi penting yang terkandung di dalam kopi yakni kafein, chlorogenic acid, kalsium, fosfor, magnesium, chromium, kahweol, cafestol, zat besi, dan quinides. Kopi mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Setelah diteliti ternyata kopi memiliki kalori yang rendah, jika tanpa menambahkan gula. Dan sebuah riset kembali menemukan bahwa kopi mengandung antioksidan. Karena 2 penemuan luar biasa itu, kopi atau coffee menjadi sangat berguna dalam kehidupan manusia. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa khasiat dan manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh yang perlu untuk diketahui.

1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Chlorogenic acid yang terdapat pada kopi merupakan antioksidan. Zat ini sangat berperan penting untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.

2. Mencegah penyakit parkinson
Berkat adanya chlorogenic acid pula, kopi berkhasiat untuk mencegah penyakit parkinson. Selain itu, asupan kafein yang tinggi berkaitan dengan turun signifikannya insiden penyakit Parkinson.

3. Mengurangi rasa sakit kepala
Jika Anda mengalami sakit kepala ataupun migrain, cobalah untuk meminum secangkir kopi pekat. Karena, tingginya kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat mengurangi rasa sakit di kepala.

4. Menurunkan risiko kanker hati
Kandungan chlorogenic acid yang terdapat pada kopi berkhasiat untuk mencegah kanker hari. Para peneliti Italia mendapati bahwa mengkonsumi secara rutin kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker hati sampai 40 persen. Selain itu, zat antioksidan ini juga berkhasiat untuk mencegah pengerasan hati.

5. Meningkatkan ingatan
Kopi yang tinggi akan kafein ini dapat membantu meningkatkan ingatan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 lalu oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapa membantu meningkatkan ingatan dalam jangka panjang atau pun pendek dengan kecepatan reaksi seseorang.

6. Mencegah peradangan
Adanya senyawa kahweol dan cafestol yang terkandung di dalam kopi sangat bermanfaat untuk membantu mencegah peradangan dan luka pada hati. Senyawa ini merupakan sejenis diterpenes yang terdapat pada kopi.

7. Sangat baik untuk kesehatan jantung
Para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center dan Fakultas Kesehatan Universitas Harvard menyimpulkan bahwa meminum kopi pada tingkat moderat akan melindungi tubuh dari berbagai masalah penyakit jantung.

8. Mencegah depresi
Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 lalu, menunjukan bahwa mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, setiap hari, 15 persen lebih rendah untuk memiliki risiko terkena depresi. Sementara bagi mereka yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20 persen lebih rendah untuk terkena depresi.

9. Mencegah batu ginjal
Penelitian yang dilakukan di Harvard menemukan bahwa, mereka yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari akan mengurangi risiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Selain itu, penelitian yang lainnya juga pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan ternyata hasilnya adalah sama dengan apa yang telah dilakukan para peneliti Harvard.

10. Meminimalisir risiko penyakit liver
Minum kopi juga telah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, seperti meminimalisir risiko penyakit liver. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan Chlorogenic acid dan kafein yang terdapat dalam setiap biji kopi.

11. Meminimalisir risiko stroke
Rutin mengkonsumsi kopi, ternyata memiliki risiko lebih rendah terhadap masalah stroke. Hal ini tentunya terkait dengan adanya zat Chlorogenic acid pada kopi yang bermanfaat untuk meminimalisir risiko stroke. Hal tersebut didukung dengan sebuah hasil penelitian lain yang telah dilakukan di Finlandia yang membenarkan hasil studi kasus tersebut.

12. Mencegah kanker
Kandungan antioksidannya (Chlorogenic acid) yang cukup tinggi, mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir dalam sehari berisiko 25 persen lebih rendah terhadap masalah kanker usus besar.

13. Menyehatkan mulut dan melindungi gigi
Senyawa yang terdapat di dalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan juga anti perekat yang sangat baik sekali untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada bagian gusi.

14. Meningkatkan metabolisme tubuh
Kafein yang terdapat pada kopi mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Karena zat ini dapat meningkatkan kadar epinephrine dalam tubuh.

15. Menurunkan berat badan
Tidak hanya bermanfaat untuk penyakit Diabetes dan Parkinson, zat chlorogenic acid juga berfungsi untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak. Selain itu, senyawa quinides yang terkandung di dalam kopi juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak.

Meski berkhasiat bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi kopi berlebih memiliki efek samping. Bagi Anda yang menderita sakit mag, sebaiknya membatasi konsumsi kopi. Mengkonsumsi kafein berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pada kinerja lambung. Selain itu, konsumsi kopi berlebih bisa berdampak pada insomnia, rasa gelisah, jantung berdebar, sakit kepala, diare, kekurangan cairan, dan juga meningkatkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsumsi kopi 2 - 3 cangkir sehari.

15 Khasiat Minum Kopi bagi Kesehatan TubuhTitle : 15 Khasiat Minum Kopi bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Suka minum kopi, ini adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian d...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|