7.19.2014

Manfaat Buah dan Kulit Delima untuk Kesehatan

Manfaat Buah dan Kulit Delima untuk Kesehatan -
UniksPos -
Delima, pomegranate atau yang disebut juga sebagai punica granatum adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga mencapai 5-8 meter. Diperkirakan, tanaman ini berasal dari Iran dan telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Dulunya, bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.
Manfaat Buah dan Kulit Delima untuk Kesehatan
Buah Delima
Delima yang tadinya berasal dari Timur Tengah ini tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah hingga di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai lahan gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Di dunia ini dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Perbanyakan dengan setek, tunas akar atau cangkok. Pome atau delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar, sebagai campuran rujak buah, salad buah, jus atau sari buah. Untuk membuat jus delima sebaiknya diminum dengan bijinya karena di dalam biji banyak terkandung senyawa polifenol.


Manfaat delima tersebut bisa diperoleh dengan berbagai cara, seperti dalam bentuk sari buah atau bisa juga memakan bijinya, sirup, pasta atau konsentrat delima. Secara tradisional, buah delima dapat digunakan untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Jus buah delima juga bisa mengurangi derita radang tenggorokan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ini bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.


Selain yang sudah disebutkan tadi, khasiat buah delima bagi kesehatan antara lain dapat untuk penyakit-penyakit seperti: gangguan perut, gangguan jantung, kanker, perawatan gigi, rematik, kurang darah dan diabetes.


Sementara itu di Asia, sari buahnya juga dikentalkan menjadi suatu sirup yang digunakan sebagai saus. Di Mesir buah ini dijadikan semacam sirup dan sari buah. Dalam satu gelas sari delima lebih banyak kandungan antioksidannya dibandingkan dengan satu gelas green tea atau orange juice. Di Amerika, produk sari buah delima yang dikenal sebagai pom wonderful menjadi tren minuman kesehatan terkini.

Minuman sari buah delima dikenal sebagai sari buah sehat, yang sangat tinggi khasiatnya. Sari buah delima kaya akan kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg/gr), energi 63 kal, 30 mg vitamin C. Komponen ini dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung.

Diketahui juga bahwa sari buah delima kaya kandungan flavonoidnya, suatu jenis antioksidan kuat yang penting perannya untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh juga memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta mampu dalam memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit, dan kanker prostat. Antioksidan yang terkandung didalamnya dapat membantu untuk mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol.

Lebih mengejutkannya lagi, kandungan antioksidan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak daripada teh hijau. Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang meminum jus 3 kali atau lebih dalam seminggu, dapat menurunkan risiko terkena alzheimer hingga 76 persen dibandingkan orang yang tidak minum jus. Berikut ini ada beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh.

1. Melindungi hati dan ginjal
Berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal. Selain itu, delima juga melindungi hati dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan. Tentu hal ini terkait adanya kalium yang terdapat di dalam buah delima.

2. Mengatur sindrom metabolik
Buah delima membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, mampu melawan peradangan, dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolis yang kerap dikaitkan dengan obesitas dan pemicu diabetes. Karena efek ini, delima dapat membantu penurunan berat badan.

3. Mencegah kanker 
Buah delima kaya vitamin A, mengkonsumsi jus buah delima dan ekstrak delima dapat menyebabkan kematian sel kanker. Delima juga dapat mencegah kanker dan penurunan perkembangan kedua jenis kanker kulit, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

4. Meningkatkan sistem imun
Kandungan senyawa di dalamnya mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Delima dan jus delima meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab buah delima diketahui sarat dengan vitamin A, C dan E. Diketahui bahwa semua vitamin ini adalah antioksidan yang berguna sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. 

5. Menjaga kesehatan dan fungsi otak
Kalium yang terdapat di dalam buah delima sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak yang sehat. Selain itu, kalsium juga membantu membawa oksigen ke otak, agar mendapat makanan yang cukup. Kalium pada buah delima juga berperan untuk mengirimkan neurotransmitter di otak agar dapat mengirim sinyal kepada saraf. Mineral ini juga penting agar saraf sehat, sehingga kita bisa bekerja dengan normal.

6. Menyehatkan kulit
Selain kaya vitamin E, buah delima juga mengandung vitamin E yang sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

7. Mempercepat penyembuhan luka
Vitamin A yang terdapat pada buah delima dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Selain vitamin A, terdapat pula vitamin E yang juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. 

8. Menyehatkan jantung
Buah delima dapat mencegah serangan jantung. Buah delima memiliki kemampuan dalam mensintesis kolesterol dan kemudian menghancurkan zat radikal bebas yang ada di dalam sistem vascular.

9. Menyehatkan mata
Buah delima kaya vitamin A, rutin mengkonsumsi buah atau jus delima maka dapat membantu untuk menyehatkan mata anda.

10. Antialergi
Buah delima kaya akan polifenol yang telah terbukti dapat mengurangi proses biokimia yang terkait dengan alergi.

11. Menormalkan tekanan darah
Diketahui bahwa buah atau ekstrak buah delima dapat membantu mencegah tekanan darah meningkat terkait dengan makan makanan yang tinggi lemak. Sebab di dalam buah delima terkandung kalsium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah.

12. Mencegah infeksi
Penelitian terbaru yang diterbitkan menemukan bahwa ekstrak buah delima meningkatkan efektivitas obat yang digunakan terhadap tumbuhan gram negatif yang selama ini dikenal resisten terhadap obat.

13. Mencegah penyakit Alzheimer
Buah ini bisa mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit yang umumnya terkait usia. Ekstrak delima dapat mengurangi akumulasi plak pada amyloidal yang terkait penyakit ini.

14. Melindungi DNA
Fitonutrien dan antioksidan yang terdapat pada buah delima akan berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya.

15. Menjaga kesehatan tulang
Buah delima mengandung kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Rutin mengkonsumsi buah delima dapat membantu untuk mencegah osteoporosis.

Selain buahnya yang kaya akan manfaat, ternyata kulit buah delima juga bermanfaat sebagai obat kulit anda, atau pun kulit buah delima di jadikan campuran bedak dingin yang biasa kita gunakan untuk masalah kulit, seperti gatal-gatal.


Adapun cara membuat campuran bedak sejuk untuk masalah kulit yaitu dengan merendam kulit delima selama 1 jam dengan air garam (dimaksudkan untuk menghilangkan racun pada kulitnya). Setelah itu basuh dan keringkan dengan sinar matahari atau menggunakan oven pada suhu rendah 70 derajat agar khasiatnya tak hilang yang setelah itu dihaluskan.


Setelah halus, campurkan dengan sedikit kunyit dan beras yang telah direndam dan dihaluskan. Lalu sapukan ke tempat yang bermasalah. Setelah beberapa kali anda memakai bedak dingin ini, maka rasakan perbedaannya.


Jadi demikian berbagai manfaat buah dan kulit delima untuk kesehatan, semoga apa yang kami sampaikan ini dapat memberi manfaat. Bukankah Indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang dapat kita manfaatkan untuk Kesehatan kita bersama, seperti halnya manfaat dan khasiat kulit buah delima ini dan tentunya masih ada banyak lagi khasiat dan manfaat buah-buahan dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita.

Manfaat Buah dan Kulit Delima untuk KesehatanTitle : Manfaat Buah dan Kulit Delima untuk Kesehatan ~ UniksPos
Description : Delima, pomegranate  atau yang disebut juga sebagai punica granatum adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga mencapai 5-8 meter....
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|