7.05.2014

Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di Dunia

Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di Dunia -
UniksPos -
Bulan suci Ramadan telah tiba. Dengan demikian umat Muslim di seluruh dunia wajib berbahagia karena akhirnya bisa bertemu bulan Ramadan kembali. Berbicara mengenai Ramadan memang tak bisa lepas dari yang namanya puasa. Ya, puasa di bulan Ramadan memang terlihat seperti menahan lapar dan dahaga semenjak adzan Subuh berkumandang hingga adzan Maghrib. Akan tetapi pada dasarnya menahan hal-hal yang dilarang lainnya juga menjadi bagian penting saat puasa Ramadan.
Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di Dunia
Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di Dunia
Apabila di Indonesia, mayoritas puasa Ramadan dilangsungkan selama 12 jam yakni mulai pukul 04.00 sampai 18.00. Akan tetapi di beberapa negara lainnya, puasa Ramadan bahkan hampir 20 jam lamanya. Negara mana saja dan apakah kamu mau ke sana? Berikut ini beberapa durasi puasa terlama di dunia.

1. Arab Saudi
Siapakah orang Islam yang tak ingin menjalani ibadah umroh saat Ramadan? Tentu siapa saja mau. Apalagi memiliki pengalaman berpuasa Ramadan di negara suci umat Muslim itu memang begitu indah. Hanya saja, kamu harus siap-siap sebab lama puasa di Arab Saudi lebih lama ketimbang di Indonesia. Disana imsak sendiri dimulai di Mekkah pada pukul 04.31. Jika kamu berharap Maghrib sudah berkumandang pada pukul 18.00 maka itu salah besar. Sebab adzan Maghrib baru terdengar di masjid-masjid Arab Saudi pada pukul 19.01 yang berarti kamu berpuasa selama 14 jam 30 menit. 

2. Amerika Serikat
Berada di kota megapolitan seperti New York memang menyenangkan. Jika kamu beruntung, mungkin kamu bisa bertemu dengan para selebritis Hollywood yang sedang berjalan-jalan. Akan tetapi saat kamu berada di New York ketika Ramadhan tiba, maka kamu harus siap-siap menjalani ibadah puasa sepanjang 15 jam 47 menit. Sebab imsyak di Amerika Serikat baru terdengar pada pukul 04.25, tetapi mereka baru boleh berbuka pada pukul 20.12 malam. Kamu yang biasa selesai Imsyak pukul 04.00 dan berbuka pukul 18.00 akan mengalami sedikit masalah saat berpuasa di New York.

3. Rusia
Masih menjadi bagian dari negara-negara belahan bumi utara. Rusia mungkin akan menjadi negara yang berat bagi Muslim Indonesia jika harus berpuasa di sana. Jika kamu sedang berada di Provideniya yang merupakan provinsi dengan umat Islam terbesar di Rusia, kamu harus bangun sahur pada pukul 01.46 dini hari. Setelah sahur, maka kamu harus menahan lapar dan dahaga selama 19 jam 57 menit yang berarti hanya berjarak 3 menit dari lama puasa di Denmark. Ya, sahur saat dini hari dan baru boleh berbuka saat adzan Maghrib berkumandang pada pukul 21.43 malam.

4. Islandia
Berpikirlah jika kamu ingin berlibur ke Islandia dan menikmati puasa Ramadan di negara yang juga disebut dengan Tanah Es itu. Sebab jika kamu berpuasa di Islandia, maka kamu harus rela menahan lapar dan dahaga selama 21 jam. Kalau kamu sahur di Islandia pada pukul 03.00 dini hari, maka kamu harus menanti berbuka puasa pada pukul 12 malam. Kemudian setelah berbuka dan menjalani sholat Tarawih, kamu nanti hanya tinggal menunggu sejenak lalu siap untuk sahur lagi.

5. Denmark
Jika kamu merasa tak cocok dan tak mampu berpuasa ke Islandia, ada baiknya jangan pergi ke Denmark. Wah mengapa demikian? Sebab Denmark dan Islandia itu merupakan negara-negara yang terletak di bumi belahan utara sehingga panjang siang malam bervariasi. Hal itu pula yang membuat durasi waktu puasa di Denmark lebih lama yakni mencapai 20 jam. Terlebih lagi jika Ramadan tiba di musim panas seperti ini. Saat musim panas, maka matahari Denmark terbit pada pukul 02.15 dan terbenam pukul 22.00. Jadi jika kamu berpuasa di Denmark, maka harus siap sahur pada pukul 01.00 dan baru boleh berbuka puasa pada pukul 21.00 malam. Ada yang sanggup?

6. Inggris
Negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Inggris berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Keltik di barat daya, serta Laut Utara di sebelah timur dan Selat Inggris, yang memisahkannya dari benua Eropa, di sebelah selatan. Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Saat berada di Inggris, maka kamu harus siap menjalani puasa selama 18 jam 5 menit. Ya, umat muslim di Inggris harus memulai puasa mereka pada pukul 02.45 dini hari dan kemudian baru boleh berbuka pada pukul 20.50 malam. Waktu yang sejatinya di Indonesia kamu sudah selesai Tarawih dan bisa makan bebas. 

7. Jepang
Membayangkan bisa menjalani ibadah puasa Ramadan di Tokyo memang menyenangkan. Kamu akan bisa naik Shinkansen saat membeli bahan belanjaan dan berbuka di sepanjang daerah Shibuya yang begitu modis itu. Namun apakah kamu siap menahan lapar dan haus selama 15 jam 36 menit? Jika kamu ingin menjalani puasa di Jepang, maka kamu harus memulai puasa pada pukul 03.11. Pukul di mana orang Indonesia baru memulai santap sahur. Kemudian setelah imsak terdengar ketika dini hari, maka kamu baru boleh berbuka menjelang Isya di Indonesia yakni pada pukul 18.47 malam. Gimana, mau mencoba?

Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di DuniaTitle : Negara-Negara dengan Waktu Berpuasa Terlama di Dunia ~ UniksPos
Description : Bulan suci Ramadan telah tiba. Dengan demikian umat Muslim di seluruh dunia wajib berbahagia karena akhirnya bisa bertemu bulan Ramadan ke...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|