7.16.2014

Nutrisi, Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nutrisi, Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan -
UniksPos -
Menurut catatan sejarah yang mengungkapkan bahwa sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu telah digunakan dalam perawatan berbagai penyakit dan perawatan kulit. Sebab, madu memiliki nutrisi alami yang bermanfaat bagi kulit seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B dan C. Disamping manfaat kesehatan lain yang tidak diragukan lagi oleh para ahli kesehatan modern ataupun praktisi herbal saat ini.
Nutrisi, Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sarang Lebah Madu
Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman jika dibanding dengan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan.

Madu berwarna gelap karena mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan. Lantas, apa sajakah khasiat madu? Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu untuk Anda ketahui diantaranya adalah:

1. Mengobati radang tenggorokan
Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu juga bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.

2. Obat luka dan borok
Madu mengandung glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, maka oksidase glukosa membutuhkan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

3. Mengatasi insomnia
Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia rupanya juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi madu. Karena madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

4. Mempercepat pertumbuhan jaringan
Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat mempercepat pertumbuhan jaringan baru. Jika digunakan pada luka bakar, madu berfungsi sebagai penyembuhan dan dapat mengurangi jumlah jaringan parut.

5. Meredakan cemas
Entah dicampur di dalam teh atau diminum secara langsung, madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon.

6. Menghaluskan kulit
Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit.

7. Membersihkan kulit
Terdengar aneh memang jika madu dikatakan sebagai pembersih. Namun, kandungan enzim alami yang terdapat dalam madu, ketika dicampur dengan air, maka akan membuat cairan antispetik yang lembut untuk membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa mengurangi kandungan minyak alami.

8. Mencerahkan rambut
Ambil satu sendok teh madu dan campur ke dalam satu liter air hangat. Siram pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau sebaiknya tidak perlu di bilas.

9. Antioksidan kuat
Madu memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Sehingga dapat membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

10. Penangkal parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan penangkal parasit.

11. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meskipun lebih manis dari gula, ternyata madu memiliki indeks glikemik yang rendah karena dapat diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan yang mengandung glisemik tinggi sebab akan mendorong lonjakan glukosa dalam darah.

12. Bibir kering
Apakah Anda memiliki masalah bibir kering? Coba campur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh untuk mengatasi bibir kering.

13. Meringankan penyakit pernafasan
Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan, membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Selain itu, madu merupakan obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan.

14. Mengatasi jerawat
Ternyata madu dapat menembus lapisan atas kulit, sehingga dapat mengeluarkan kotoran. Serta membantu untuk melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.

Begitu ajaib ya cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini karena bisa memberikan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan bagi kita semua.

Nutrisi, Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan dan KecantikanTitle : Nutrisi, Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan ~ UniksPos
Description : Menurut catatan sejarah yang mengungkapkan bahwa sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu telah digunakan dalam perawatan berbag...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|