7.03.2014

Tips-Tips Sehat dan Manfaat Daun Dewa (Gynura divaricata)

Tips-Tips Sehat dan Manfaat Daun Dewa (Gynura divaricata) -
UniksPos -
Sudahkah Anda mengetahui jika Daun dewa yang mempunyai nama latin Gynura divaricata, ternyata juga berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan sudah umum untuk dijadikan ramuan atau obat herbal. Di China tanaman yang biasa tumbuh disekitar pekarangan kita dikenal dengan nama San qi cao. Biasanya tinggi tanaman ini sekitar 30 hingga 40 sentimeter, merupakan jenis tumbuhan tegak dengan tangkai daun pendek lunak berbentuk segi lima. Sementara bentuk penampangnya lonjong serta berambut pada sisi luarnya.
Tips-Tips Sehat dan Manfaat Daun Dewa (Gynura divaricata)
Tips-Tips Sehat dan Manfaat Daun Dewa (Gynura divaricata)
Daun dewa ini telah sejak lama dipercaya dan dikonsumsi secara turun temurun untuk membantu mengobati sakit ringan hingga berat dan bisa juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Umumnya, bagian yang digunakan untuk sarana pengobatan adalah daunnya. Akan tetapi umbi, batang, dan daun dewa juga dapat dijadikan sebagai ramuan obat tradisional. Beberapa senyawa aktif yang diperoleh dari ekstrak daun dewa seperti flavonoid, monoterpen, dan seskuiterpen lakton, diketahui berperan penting dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel tumor dan kanker dalam tubuh.

Pengolahan obat yang berasal dari daun dewa, bisa dengan daun segar yang disajikan langsung ataupun dalam bentuk ekstrak, yaitu daun disterilkan dan dikeringkan. Setelah benar-benar kering, daun dihaluskan hingga menjadi tepung atau simplisia. Kemudian tepung disaring agar halus merata, lalu siap dimasukkan dalam kapsul.

Untuk mempersingkat waktu, ini dia beberapa manfaat menggemparkan dari daun dewa yang tentunya belum diketahui oleh banyak orang, diantaranya adalah:
  • Analgesik (meredakan rasa nyeri) 
  • Anti Inflamasi (anti radang) 
  • Berkhasiat untuk mengobati stroke.
  • Bermanfaat untuk mengobati sakit jantung.
  • Khasiat daun dewa melancarkan sirkulasi darah. 
  • Daun dewa digunakan untuk obat menurunkan tekanan darah tinggi. 
  • Khasiat daun dewa mengobati luka memar. 
  • Daun dewa sebagai obat pereda rasa nyeri.
  • Sebagai obat demam berdarah.
  • Khasiat daun dewa sebagai obat anti radang. 
  • Daun dewa obat untuk menghentikan pendarahan. 
  • Daun dewa adalah obat penurun panas. 
  • Khasiat daun dewa sebagai obat kencing manis atau diabetes mellitus. 
  • Daun dewa obat pembersih racun dalam tubuh.
  • Untuk pendarahan pada wanita, batuk, dan muntah darah.
  • Berguna untuk menetralisir bisa ular atau binatang berbisa lainnya.
  • Daun dewa ampuh untuk mengobati kencing manis, diabetes dan lain-lain.
Tips atau cara pengobatan sederhana, murah, serta ampuh dengan menggunakan umbi dan daun dewa yaitu seperti berikut ini:

1. Menurunkan darah tinggi
Siapkan 7 lembar daun dewa yang lebar dan siap panen. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari sesudah makan. Lebih baik lagi kalau daun dewa dijadikan lalapan.

2. Rematik
Untuk rematik sebaiknya siapkan 30 gram daun dewa segar, bersihkan setelah itu langsung direbus. Lumatkan serta peras dengan diberi sedikit air. Siap untuk diminum dan lakukan setiap hari.

3. Luka memar
Ambil daun dan umbi daun dewa seberat 20 gram. Daun jarak segar 10 lembar. Haluskan ketiga bahan, setelah halus tempelkan pada daerah yang sakit.

4. Sakit jantung
Untuk mengobati sakit jantung sebaiknya siapakan 10 gram umbi daun dewa segar, tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan air setengah gelas. Saring ampasnya, siap untuk minum setiap sore.

5. Menghilangkan flek hitam di wajah
Cara penggunaannya sangat sederhana yaitu dengan mengambil daunnya yang mempunyai getah lalu getahnya dioleskan pada flek hitam tersebut.

6. Luka bakar
Umbi daun dewa yang telah bersih ditumbuk, bubuhkan sedikit gula merah hingga adonan mengental seperti salep. Kemudian oleskan ke bagian luka bakar, lalu balut dengan perban.

7. Kencing manis dan diabetes
Adapun caranya yaitu dengan cara meminum air rebusan daun tersebut yang sudah dikeringkan.

8. Kanker dan tumor
Untuk mengobati kanker dan tumor, siapkan 30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang. Ketiga bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya siap untuk diminum.

9. Menetralisir bisa ular atau binatang lainnya
Bersihkan beberapa bonggol umbi daun dewa, kemudian tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada bekas gigitan hewan berbisa tersebut.

10. Menghilangkan kutil
Haluskan kurang lebih 5 lembar daun dewa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang berkutil. Diamkan selama satu malam, lalu lepas ramuan tersebut pada esok harinya.

11. Demam berdarah
Siapkan 30 gram daun dewa direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya selagi hangat. Minum secara teratur 2 kali sehari.

12. Untuk pendarahan pada wanita, batuk, dan muntah darah
Siapkan satu batang lengkap daun dewa, lalu rebus dengan air sampai mendidih. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut secara teratur.

13. Mengobati stroke
Siapkan 30 gram umbi daun dewa dan dibersihkan, setelah itu ditiriskan. Tumbuk hingga halus. Ambillah 1 sendok teh bubuk umbi daun dewa, kemudian campur dengan 5 butir biji ginko. Seduh didalam segelas air hangat, jika perlu tambahkan sedikit madu. Siap untuk diminum. Atau, ambillah 1 sendok makan bubuk umbi dewa, campur dengan 10 butir biji ginko kering yang sudah ditumbuk, lalu masukkan ke dalam kapsul. Kapsul siap untuk diminum secara teratur selama 1-2 bulan.

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal, pengobatan dengan Daun dewa ini harus dilakukan secara konsisten. Jadi itulah beragam manfaat dan khasiat daun dewa untuk kesehatan tubuh yang sebelumnya manfaat tersebut tidak kita ketahui. Selamat mencobanya dirumah, semoga artikel singkat dan jelas ini sangat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Daun_Dewa

Tips-Tips Sehat dan Manfaat Daun Dewa (Gynura divaricata)Title : Tips-Tips Sehat dan Manfaat Daun Dewa (Gynura divaricata) ~ UniksPos
Description : Sudahkah Anda mengetahui jika Daun dewa yang mempunyai nama latin  Gynura divaricata , ternyata juga berkhasiat untuk mengobati berbagai je...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|