7.27.2014

Ragam Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, yang diperkirakan berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Telah sejak lama buah markisa digunakan oleh masyarakat Amerika untuk membantu dalam mendapatkan tidur yang nyenyak. Markisa (Passiflora edulis) memiliki kulit buah yang berwarna ungu gelap atau kuning cerah, dan rasanya sangat unik serta menyegarkan.
Ragam Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh
Buah Markisa
Buah markisa mengandung banyak antioksidan yaitu betakaroten. Antioksidan yang terdapat dalam buah markisa ini dapat larut dalam lemak tubuh kita. Antioksidan yang banyak terkandung dalam buah markisa sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat menangkal berbagai toksin dan juga radikal bebas. Selain itu antioksidan di dalam buah markisa juga dapat menangkal sel-sel kanker. Buah markisa merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Nutrisi-nutrisi yang terkandung pada buah markisa yaitu Vitamin A, C, kalium, zat besi, magnesium dan kalsium. Berikut ini ada beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan mata
Vitamin A pada buah markisa sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat dan cerah dan menghambat pertumbuhan sel. 

2. Sistem imun tubuh
Kandungan vitamin C pada buah markisa sangat tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. 

3. Menyehatkan jantung
Kalium adalah mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh.

4. Sebagai obat asma
Kandungan yang terdapat dalam buah markisa dapat mengurangi infeksi alergi yang timbul pada penderita asma. Kandungan di dalamnya berfungsi untuk menenangkan dan memblokir histamin yang menjadi penyebab asma.

5. Menyehatkan pencernaan
Buah markisa kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. Jadi bagi Anda yang saat ini sedang mengalami sembelit, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah markisa sebagai pencahar ringan.


7. Menu diet yang sehat
Buah markisa sangat baik dikonsumsi selama diet. Karena markisa memiliki kalori yang rendah. Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Selain itu, buah ini juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik.

8. Mengatasi insomia
Mengkonsumsi buah markisa akan memberikan efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks karena kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya.

9. Menstabilkan tekanan darah
Kalium dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat dan protein serta membantu menjaga pH yang tepat dalam tubuh. Mengkonsumsi buah markisa yang mengandung kalium akan membantu untuk menstabilkan tekanan darah.

10. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Rutin mengkonsumsi buah markisa memungkinkan anda terhindar dari masalah osteoporosis. Seperti yang kita ketahui bahwa markisa mengandung kalium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

11. Menyehatkan ginjal
Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, kalium juga bekerja sebagai agen untuk menjaga kalsium, supaya tidak terbentuknya batu pada ginjal. Dengan demikian, kalium pada buah markisa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

12. Mengatasi anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada buah markisa sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia.

13. Melancarkan peredaran darah
Selain berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, kalsium pada buah markisa juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Jadi itulah beberapa manfaat menakjubkan dari buah markisa. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah ini juga dapat dibuat jus. Demikian penjelasan tantang manfaat buah markisa bagi kesehatan.

Ragam Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan TubuhTitle : Ragam Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, yang diperkirakan berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Telah sejak la...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|