9.01.2014

Biografi Grace Brewster Murray

Biografi Grace Brewster Murray -
UniksPos -
Lahir di kota New York, 9 Desember 1906, anak dari Walter Fletcher Murray dan Marry Campbel Horne Murray. Grace Murray Hopper, adalah seorang ilmuwan komputer dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Menjadi pelopor di bidangnya, ia adalah salah satu pemrogram komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Ia menyusun konsep bahasa pemrograman independen dari mesin yang berujung pada pengembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama. Hopper juga dianggap sebagai tokoh yang mempopulerkan istilah "debugging" untuk memperbaiki gangguan pada komputer (terinspirasi dari ngengat yang ia temukan pada komputernya).
Debug-comand
By Dorivalac (File:Debug-comand.jpg) [Public domain], via Wikimedia Commons
Hopper terlahir dengan nama Grace Brewster Murray di New York City. Ia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Hopper kecil adalah seorang anak yang selalu ingin tahu. Saat berusia tujuh tahun, ia memutuskan untuk mengetahui bagaimana sebuah jam alarm bekerja, dan membongkar tujuh buah jam alarm sebelum ibunya memarahinya. Pada usia 16 tahun, ia ditolak masuk Vassar College karena nilai pelajaran bahasa Latinnya terlalu rendah. Ia akhirnya lulus dari Vassar pada tahun 1928 dengan gelar sarjana dalam bidang matematika dan fisika, dan meraih gelar master dari Universitas Yale pada tahun 1930.

Pada tahun 1934, ia meraih gelar Ph.D. dalam bidang matematika dari Yale di bawah bimbingan Øystein Ore. Disertasinya yang berjudul "Jenis Baru Kriteria Iredusibilitas" diterbitkan pada tahun yang sama. Hopper mulai mengajar matematika di Vassar pada 1931, dan diangkat sebagai profesor pada 1941.

Pada tahun 1943, Hopper memperoleh cuti dari Vassar dan bergabung dengan Reservasi Angkatan Laut Amerika Serikat, menjadi satu dari banyak perempuan yang menjadi sukarelawan di WAVES. Pada tahun 1949, Hopper bekerja sebagai karyawan di Eckert-Mauchly Computer Corporation, menjabat sebagai ahli matematika senior dan bergabung dengan tim pengembang UNIVAC I. Pada tahun 1952, ia menciptakan sebuah kompilator operasional, dan pada 1954 Hopper ditunjuk sebagai direktur pemrograman otomatis perusahaan. Hopper dan departemennya merilis beberapa bahasa pemrograman berbasis kompilator pertama, termasuk MATH-MATIC dan FLOW-MATIC.

Pada musim semi 1959, konferensi dua hari yang dikenal dengan Konferensi Bahasa Sistem Data CODASYL digelar oleh para ahli komputer, bersama dengan kalangan industri dan pemerintah. Dalam konferensi itu, Hopper menjabat sebagai konsultan teknis, dan ia bersama mantan karyawannya mengembangkan bahasa pemrograman baru yang dikenal dengan COBOL.

Salah seorang staff beliau berujar “FLOW-MATIC lah yang telah menyelesaikan masalah kami dalam penciptaan bahasa pemrograman COBOL yang berorientasi bisnis itu. Tanpa FLOW-MATIC .. COBOL tidak akan pernah ada” spesifikasi COBOL untuk pertama kali muncul pada tahun 1959. Beliau berusaha meyakinkan atasannya di Angkatan Laut bahwa kompiler berbahasa inggris (English Language Compiler) seperti FLOW-MATIC dan COBOL dapat digunakan pada angkatan laut, dan beliau juga mengkampanyekan penggunaan bahasa tingkat tinggi ini sebagai bahasa standar untuk lingkungan angkatan laut Amerika.

Pada tahun 1971, The Sperry Cooperation, membuat sebuah penghargaan untuk memberi penghormatan kepada para professional dalam bidang komputer, dan Hopper yang pertama kali menerimanya.  Hopper pensiun dari Angkatan Laut pada usia 60 tahun, sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan pangkat komandan pada tahun 1966. Ia kemudian dipanggil kembali untuk bertugas pada Agustus 1967 selama enam bulan, dan pensiun kembali pada tahun 1971. Hopper dipromosikan sebagai kapten pada tahun 1973 oleh Laksamana Elmo R. Zumwalt, Jr.

Setelah pensiun, Hopper bekerja sebagai konsultan senior di Digital Equipment Corporation, posisi yang dijabatnya hingga kematiannya pada tahun 1992 di usia 85 tahun. Ia dimakamkan secara militer di Arlington National Cemetery.


Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Grace_Hopper

Biografi Grace Brewster MurrayTitle : Biografi Grace Brewster Murray ~ UniksPos
Description : Lahir di kota New York, 9 Desember 1906, anak dari Walter Fletcher Murray dan Marry Campbel Horne Murray.  Grace Murray Hopper , adalah seo...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|