9.14.2014

7 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cerah secara Alami

7 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cerah secara Alami -
UniksPos -
Setiap orang pasti ingin kulitnya tampak putih dan bersih. Untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. Namun tahukah anda, ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami.
Beras_Merah
Beras Merah
Perlu untuk diketahui bahwa kesehatan kulit berawal dari dalam tubuh. Dengan nutrisi yang baik, kulit jadi sehat dan otomatis terlihat lebih cerah. Lantas, makanan apa saja yang wajib dikonsumsi supaya kulit tak lagi gelap dan kusam? Berikut ini tujuh jenis makanan yang berguna untuk mencerahkan kulit.

1. Minyak zaitun
Ini adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Selain digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, sabun, dan bahan bakar untuk lampu minyak, minyak zaitun sangat berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya. Karena minyak ini mengandung asam lemak esensial yang berguna untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit secara alami.

2. Jeruk
Jeruk atau limau ialah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C berguna untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Selain itu, vitamin ini juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.

3. Gandum
Gandum merupakan kelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, dan pakan ternak. Gandum bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti. Kandungan nutrisi penting untuk kulit yang terdapat pada gandum adalah biotin. Senyawa ini berfungsi membantu sel tubuh untuk memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.

4. Sayuran berwarna merah dan hijau
Bayam, wortel, brokoli, dan lainnya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawa, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda. Akan lebih baik jika vitamin A kita dapatkan langsung dari makanan dan bukan dari suplemen vitamin, karena kelebihan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan kita.

5. Alpukat
Tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini adalah sumber vitamin E. Alpukan sangat berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Selain itu, mengkonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

6. Ikan
Anggota vertebrata poikilotermik yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam. Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumsi sarden, tuna, atau salmon yang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.

7. Beras merah
Beras merah adalah beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan kulit yang menyelimuti biji masih ada. Lapisan kulit inilah yang mengandung nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh. Ketika kekurangan energi, beras merah merupakan yang terbaik untuk dimakan. Sebab beras merah bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sejumlah nutrisi yang terdapat pada beras merah yaitu magnesium, protein, vitamin B kompleks dan antioksidan. Semua nutrisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kulit halus dan bebas noda.

7 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cerah secara AlamiTitle : 7 Makanan untuk Kulit Sehat dan Cerah secara Alami ~ UniksPos
Description : Setiap orang pasti ingin kulitnya tampak putih dan bersih. Untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. Namun tahukah anda, ada beberapa j...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|