9.30.2014

Ragam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Ragam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung -
UniksPos -
Jantung adalah salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang menempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat pada jantung, sementara lapisan luarnya lebih longgar, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung. Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Masyarakat modern umumnya sangat menyukai gaya hidup yang lebih praktis, salah satunya adalah dalam mengkonsumsi makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.
Buah_sayur
Buah Tomat
Makanan ini juga menjadi penyebab utama terjadinya gangguan jantung. Para penelti dari McMaster University, Kanada, menemukan hasil bahwa orang yang banyak mengonsumsi makanan yang digoreng, cemilan bergaram, dan daging memiliki risiko serangan jantung lebih dari 35 persen lebih besar dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi sedikit atau tidak mengonsumsinya. Karenanya, penting bagi kita untuk menjaga pola makan, salah satunya dengan makanan sehat untuk jantung. Selain itu, berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya, adalah salah satu syarat untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, untuk memperoleh manfaat maksimal dari olahraga, kita juga perlu menjalani pola makan sehat. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa jenis makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Kacang merah
Kacang merah atau Kacang azuki adalah sejenis kacang. Kacang jenis ini banyak digunakan di Indonesia dalam makanan yang biasa sebagai sup, contohnya sup kacang azuki. Kacang azuki dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Azuki bean. Kacang yang memiliki nama ilmiah Vigna angularis ini kaya akan asam lemak omega-3 dan serat. Rutin mengkonsumsi kacang merah, risiko penyakit jantung pun menurun. Selain kandungan asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh, serat larut yang dikandungnya juga dapat mengurangi kadar kolesterol.

2. Tomat
Tomat merupakan jenis tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang. Salah satu makanan sehat untuk jantung adalah tomat. Anda bisa mengkonsumsi buah tersebut selagi masih segar, sebab kandungan vitaminnya lebih banyak. Selain dapat dimakan langsung, anda bisa membuatnya sebagai jus tomat segar tanpa gula.

3. Teh hijau
Tak hanya karena rasanya yang unik sehingga menjadi favorit bagi banyak orang, teh hijau juga telah lama diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan. Pakar obat-obatan herbal asal Tiongkok telah menggunakannya selama berabad-abad. Teh hijau (ryokucha) mengandung resveratrol dan katekin yang meningkatkan kandungan antioksidan, mencegah pembentukan plak di pembuluh darah, dan berperan sebagai antikanker.

4. Oatmeal
Belakangan ini banyak praktisi medis dan ahli gizi menganjurkan pasien diabetes dan jantung untuk mengkonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Makanan yang berbahan dasar gandum utuh ini memang sangat baik untuk jantung kita. Sangat tepat, jika anda mengawali sarapan pagi anda dengan semangkuk kecil oatmeal. Karena serat yang terkandung di dalam oatmeal ini mampu menyerap kelebihan lemak dan juga kolesterol sehingga sangat tepat untuk menjaga jantung anda.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Ini adalah satu minyak sehat yang tepat untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung adalah minyak zaitun. Rutin mengkonsumsi sesendok minyak zaitun, dapat mengurangi ion LDL tubuh. Anda bisa memilih jenis minyak zaitun yang mengandung ekstra virgin oil sebab kandungan polifenolnya lebih banyak dibandingkan jenis yang lainnya sehingga bisa dijadikan makanan sehat untuk jantung.

6. Cokelat hitam
Bubuk biji tanaman cokelat mengandung bahan aktif. Salah satunya adalah flavonoid, dan epicatechin, yang termasuk antioksidan kuat. Khasiat cokelat hitam sudah terlihat dari kandungannya. Sebagai makanan, ia dibuat langsung dari bubuk biji cokelat yang diolah dengan tambahan gula, susu, serta flavouring. Baru-baru ini para ilmuwan melakukan penelitian bahwa kandungan cocoa dalam cokelat ini dapat dijadikan makanan sehat untuk jantung dan kolesterol. Sehingga diet menggunakan cokelat hitam ini memang sangat dianjurkan bagi penderita sakit jantung.

7. Blueberry
Blueberry adalah buah berbentuk bola kecil nan kaya manfaat. Buah ini dikenal sebagai buah dengan antioksidan yang tinggi. Selain itu, blueberry memiliki khasiat lain yang akan mendorong orang untuk lebih rajin mengkonsumsinya. Blueberry sering kali disebut sebagai makanan super karena mengandung antioksidan poten resveratrol. Banyak studi menyebutkan, resveratrol memiliki peran untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Faktanya, sebuah studi asal Harvard University menemukan, mengkonsumsi blueberry dengan stroberi dapat menurunkan risiko penyakit jantung lebih dari 30 persen.

8. Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan jantung, bahkan dikatakan manfaatnya melebihi dari daging lainnya. Omega-3 merupakan tipe lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengurangi kadar peradangan pada tubuh. Asam lemak omega-3 juga kerap dikaitkan dengan kadar trigliserida, tekanan darah, risiko stroke, risiko gagal jantung, dan risiko penyumbatan darah yang lebih rendah. Selain itu, ikan salmon juga mengandung selenium, dan antioksidan lainnya yang bermanfaat untuk melindungi jantung dari stres oksidatif.

9. Walnut
Walnut mengandung asam linoleat, asam lemak omega 3, dan asam arakidonat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. Selain itu, kacang jenis ini juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menurunkan pembentukan plak lemak di dinding dalam pembuluh darah sehingga dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit jantung dan menurunkan resiko terjadinya stroke. Penelitian membuktikan, makan satu genggam kacang-kacang ini setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

10. Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau yang memiliki batang dan daun memang sangat baik untuk penderita penyakit jantung. Beberapa diantaranya adalah pok choy, bayam, selada, lobak dan juga fenugreek. Selain bisa dijadikan makanan sehat untuk jantung, sayuran ini juga bisa digunakan untuk meminimalisir penyakit kanker. Kerenanya, penting bagi anda yang ingin terbebas dari penyakit ini agar rajin mengkonsumsi satu piring sayuran hijau berdaun, sebab dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Ragam Makanan Terbaik untuk Kesehatan JantungTitle : Ragam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung ~ UniksPos
Description : Jantung adalah salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh se...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|