9.12.2014

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit -
UniksPos -
Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) adalah jenis tumbuhan tropis yang tumbuh subur hampir diseluruh wilayah Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara penghasil cengkeh. Cengkeh adalah kuntum bunga kering yang dihasilkan dari pohon cengkeh, pohon cengkeh banyak tumbuh di daerah tropis. Siapa tidak mengenal cengkeh, cengkeh merupakan salah satu tanaman rempah-rempah. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil cengkeh. Tanaman ini banyak dihasilkan di daerah Maluku. Cengkeh sebagian besar di manfaatkan untuk penyedap makanan sedangkan pemanfaatan untuk Kesehatan sudah dikenal selama berabad-abad.
Syzygium aromaticum on tree
By tinofrey (Karya sendiri (own picture)) [Public domain], via Wikimedia Commons
Cengkeh dalam dunia kecantikan dipercaya dapat memberikan sejuta khasiat untuk perawatan. Minyak cengkeh bermanfaat untuk mengatasi problem kulit dari komedo, alergi sampai peradangan jerawat dan gatal-gatal. Di Cina cengkeh sudah dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut lebih dari 2000 tahun yang lalu, pada saat itu Kaisar sampai menyarankan apabila rakyatnya ingin bertemu beliau harus mengunyah cengkeh terlebih dahulu.

Cengkeh sangat berkhasiat sebagai obat karena bersifat anti bakteri, anti virus dan anti septic. Setelah diolah menjadi minyak, cengkeh bisa langsung dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit bagi penderita sakit gigi karena kandungan senyawa yang terkandung didalamnya dapat membantu sirkulasi peredaran darah dan kulit apabila dioleskan langsung pada kulit. Cengkeh memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk kecantikan. Nutrisi yang terdapat pada cengkeh adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol.

Cengkeh biasanya diolah dalam berbagai package seperti minyak cengkeh (Eugenia aromatica) yang dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkeh kering (clove oil), serbuk tangkai kuntum cengkeh (clove stem oil), dan daun cengkeh kering (clove leaf oil). Salah satu manfaat cengkeh di dunia kecantikan adalah khasiat perawatannya. Jika diolah menjadi minyak, minyak cengkeh dapat membantu mengatasi problem kulit, mulai dari alergi, komedo hitam, komedo putih hingga jerawat meradang dan gatal.

Khasiat cengkeh untuk kesehatan diantaranya dapat menghilangkan bau napas, mengobati sakit gigi, masalah pencernaan, meredakan rasa iritasi di tenggorokan, radang lambung, batuk, rematik, campak, sakit kepala, mual, dan mengatasi noda jerawat. Penggunaan lain dari tanaman cengkeh ini adalah bentuk bubuk. Cengkeh ditumbuk hingga halus dan menjadi bubuk. Bubuk cengkeh ini dikonsumsi atau dimakan. Adapun khasiat dan manfaatnya yaitu bisa mengurangi rasa mual dan juga nyeri perut.

Untuk perawatan kulit, terutama masalah jerawat. Efek yang terbaik bisa diperoleh ketika minyak cengkeh digunakan dalam bentuk encer, yang dioleskan dengan kain bersih dan kering. Minyak cengkeh banyak ditemukan pada berbagai macam produk untuk mengurangi efek penuaan, seperti keriput, kulit kendur, dan meremajakan kulit wajah. karena sifatnya yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membuatnya terlihat muda lagi. Senyawa Euganol yang terdapat pada cengkeh bermanfaat sebagai antiseptik alami untuk menyeimbangkan kulit. Senyawa ini bisa digunakan untuk mencegah munculnya jerawat dan menyingkirkan noda bekas jerawat membandel.

Senyawa euganol atau antiseptik alami pada cengkeh berguna untuk membersihkan peralatan di rumah anda. Minyak cengkeh bisa mengurangi bakteri atau jamur yang ada pada perlengkapan rumah tangga dan mencegah kuman datang kembali. Caranya campur setengah sendok minyak cengkeh dengan dua gelas air lalu semprotkan ke tempat-tempat yang rawan terpapar bakteri atau kuman, seperti dinding kamar mandi Anda. Aroma cengkeh yang pedas dan khas secara alami dapat menghilangkan bau tidak sedap, selain itu bisa melindungi kesegaran beberapa perlengkapan rumah anda. Satu diantara ialah sebagai pewangi dan penyegar pada baju. Caranya taruh sebagian cengkeh kering ke dalam almari baju Anda supaya aroma fresh terus terjaga.

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kecantikan KulitTitle : Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit ~ UniksPos
Description : Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) adalah jenis tumbuhan tropis yang tumbuh subur hampir diseluruh wilayah Indonesia. Indonesia dik...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|