6.26.2014

14 Manfaat Sehat yang Dimiliki Buah Durian

14 Manfaat Sehat yang Dimiliki Buah Durian -
UniksPos -
Raja buah atau yang populer kita sebut buah durian adalah buah yang dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan jika buah ini akan sama dengan namanya yakni berduri, tapi jangan salah buah ini ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna untuk tubuh. Biasanya buah ini memiliki ciri khas kulit buah yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri sungguhan. Umumnya jika telah matang akan memiliki aroma yang sangat menyengat. 
14 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan
14 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan
Sebagian orang tidak menyukai aroma ini namun kebanyakan orang indonesia menyukainya, buah durian di percaya berasal dari Asia Tenggara dan tidak di ketahui dengan pasti di daerah mana buah ini pertama kali tumbuh. Banyak orang yang menjuluki Buah durian ini dengan Nama Raja dari segala Buah atau dalam bahasa Inggrisnya King of Fruit dan Buah ini memiliki Nama ilmiah Durio zibethinus. Mengenal durian tidak hanya dari harumnya yang menyengat dan enak dimakan saja, tapi durian memiliki keistimewaan lain di dunia kesehatan. Ingin tau seperti apa keajaiban buah durian bagi kesehatan, ini dia manfaat menakjubkan yang dimiliki durian.

1. Menjaga kesehatan kulit
Durian juga mengandung vitamin C yang merupakan faktor penting untuk meningkatkan produksi kolagen. Sebetulnya kolagen sendiri merupakan zat yang tugasnya membantu regenerasi kulit serta membuat kulit lebih kenyal dan segar.

2. Membantu sistem syaraf dan meningkatkan mood
Berkat adanya kandungan vitamin B kompleks dalam durian sehingga sangat berguna bagi beragam kesehatan seperti memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan mood.

3. Mengontrol suhu badan
Hal yang sangat bertolak belakang dengan kepercayaan kita. Ternyata banyak budaya bangsa lain yang memandang durian sebagai buah ‘pendingin’ yang dapat menurunkan suhu bagi ibu hamil. Sebagai contoh di Holand, wanita hamil disuruh makan durian untuk meyakinkan bahwa bayi mereka akan lahir dengan suhu yang ‘cool’.

3. Membantu atasi migrain
Tampaknya untuk yang satu ini Anda pasti turut merasa senang. Durian dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat migrain. Penyebabnya karena durian mengandung vitamin B yang dibutuhkan untuk meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain.

4. Baik untuk penderita anemia
Beragam kandungan mineral, mangan, tembaga, zat besi dan magnesium bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia.

5. Mengurangi risiko stroke
Berdasarkan penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian sebagai bagian dari menu harian dapat mengurangi risiko kematian akibat stroke hingga 40 persen.

6. Menyehatkan jantung
Buah durian segar merupakan sumber kalium yang berguna bagi tubuh. Kalium adalah elektrolit penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.

7. Mengatasi insomnia
Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, mengkonsumsi durian dapat menjadi solusinya. Selain itu, kandungan asam amino esensia dan tryptophan akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur yang dikenal juga dengan 'nature's sleeping pill'.

8. Membantu mencegah depresi
Adanya kandungan zat tryptophan sangat bermanfaat untuk mencegah depresi, stress serta mengurangi rasa cemas berlebih secara alami.

9. Meningkatkan energi
Daging buah durian tersusun dari gula alami seperti fluktosa serta sukrosa dan saat dimakan dapat menghasilkan energi tubuh secara instan.

10. Melindungi usus
Kandungan serat di dalam buah durian bermanfaat untuk melindungi selaput lendir usus serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Oleh karenanya, pencernaan akan senantiasa sehat jika rutin mengkonsumsi durian.

11. Menjaga daya tahan tubuh
Adanya zat anti-oksidan dan vitamin C buah durian, sangat berperan penting dalam membantu tubuh mengembangkan daya tahan terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.

12. Bantu meredakan nyeri lambung
Pada tubuh kita, durian memiliki efek antacid alamiah. Seandainya anda sedang mengalami nyeri perut, ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi durian sebagai alternatif pereda nyeri lambung.

13. Bantu menekan tekanan darah
Zat kalium yang terkandung dalam buah durian sangat tinggi namun kadar garam justru rendah, sehingga hal ini membuat durian sempurna untuk menekan tekanan darah.

14. Mencegah sembelit
Durian mengandung 37 persen serat. Oleh karenanya buah durian ini bisa membantu memperlancar pencernaan. Sementara nutrisi di dalam buah durian ini sanggup menyerap air dan sehingga urusan buang air besar lebih mudah dan lancar. Selain itu, serat di dalam buah durian dapat mencegah sembelit.

Seperti halnya buah-buahan tropis lainnya yaitu pisang, alpukat dan nangka, durian kaya akan energi, mineral serta vitamin. Dalam 100 gram buah durian segar terdapat 147 kalori. Tak salah lagi, jika durian banyak mengandung zat antioksidan dan polyphenol yang dikatakan memiliki kemampuan lebih tinggi ketimbang antioksidan yang berupa vitamin. Sebetulnya durian memiliki kedua jenis antioksidan ini, baik vitamin C maupun non-vitamin. Umumnya disebutkan kandungan vitamin C pada durian mencapai hingga 200 mg/100 gram daging buah. Ini merupakan angka tertinggi untuk kandungan vitamin pada buah.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah durian, sebaiknya konsumsi secukupnya saja. Demikian pula sebaliknya jika terlalu banyak mengkonsumsinya secara berlebihan maka hanya dampak negatif yang akan diperoleh. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik bagi kesehatan. Jadi itulah aneka macam manfaat buah durian yang sangat sayang jika belum Anda ketahui.

14 Manfaat Sehat yang Dimiliki Buah DurianTitle : 14 Manfaat Sehat yang Dimiliki Buah Durian ~ UniksPos
Description : Raja buah atau yang populer kita sebut buah durian adalah buah yang dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan jika buah ini akan sama ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|