6.01.2014

7 Formasi Batuan Alam Paling Spektakuler di Dunia

7 Formasi Batuan Alam Paling Spektakuler di Dunia -
UniksPos -
Struktur geologi batuan adalah hasil dari beberapa kreasi alam yang paling mengesankan dan menakjubkan di Bumi. Diperkirakan, batuan ini terbentuk selama ribuan sampai jutaan tahun. Beberapa formasi batuan unik ini terbentuk oleh elemen alam seperti panas, angin, hujan, dan erosi. Selain itu, struktur batuan muncul secara tak terduga sehingga menciptakan rasa takjub. Usut punya usut, ternyata di berbagai penjuru dunia ini, ada tujuh formasi batuan alam paling spektakuler di dunia. Anda penasaran? Mari kita simak yang berikut ini.

1. Giant Causeway, Irlandia
7 Formasi Batuan Alam Paling Spektakuler di Dunia
By Patrice78500 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Giant Causeway atau Raksasa Causeway adalah area seluas 40.000 meter persegi dari sekumpulan kolom basalt hasil dari letusan gunung berapi kuno. Terletak di County Antrim di pantai timur laut Irlandia Utara, sekitar 4.8 kilometer timur laut dari kota Bushmills. Formasi batuan ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1986, dan Cagar Alam Nasional tahun 1987 oleh Departemen Lingkungan Hidup untuk Irlandia Utara. Kolom basalt ini disebut sebagai keajaiban alam keempat terbesar di Britania Raya. Bagian atas dari kolom bentuk batu loncatan yang mengarah dari kaki tebing dan menghilang di bawah laut. Sebagian besar kolom heksagonal, meskipun ada juga beberapa dengan empat, lima, tujuh atau delapan sisi. Batuan yang tertinggi sekitar 12 meter, dan tebal lava mengeras di tebing adalah 28 meter. Saat ini Giant Causeway dimiliki dan dikelola oleh National Trust dan merupakan atraksi turis paling populer di Irlandia Utara. Banyak dari kolom telah terkikis hingga hanya puncak yang terlihat. Sehingga menciptakan jenis jalan batu rumit alami, sedemikian rinci.

2. Goreme Valley Fairy Chimneys, Turki
Cappadocia. Museo al Aire Libre de Göreme 3
By Txo (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Göreme terletak di antara formasi batuan "cerobong asap", adalah sebuah kota di Cappadocia, wilayah sejarah Turki. Lebih tepatnya di Provinsi Nevşehir di Central Anatolia dengan jumlah penduduk sekitar 2.500 jiwa. Dulunya dikenal sebagai Korama, Matiana, Maccan atau Machan, dan Avcilar. Namun setelah lembah ini ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata penting, untuk semua pariwisata di Cappadocia, nama kota ini diubah menjadi Göreme dengan alasan lebih praktis. The Göreme National Park ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985. Secara historis di antara situs Göreme terpenting adalah Ortahane, Durmus Kadir, Yusuf Koc dan gereja Bezirhane, selain kaya dekorasi Tokali Kilise, Gereja Apple, dan sejumlah rumah dan rumah merpati diukir langsung oleh formasi batuan. Fairy chimneys telah terbentuk sebagai hasil dari erosi angin dan air dari dua lapisan vulkanik yang berbeda. Sebuah lapisan tebal tuff (konsolidasi abu vulkanik) ditutupi oleh lapisan tipis basal yang lebih tahan terhadap erosi.

3. Monument Valley, Colorado
Monument Valley 2
By Huebi (Karya sendiri) [CC-BY-2.0-de], via Wikimedia Commons
Monument Valley atau lembah batu, adalah wilayah Dataran Tinggi Colorado ditandai dengan sekelompok formasi batu pasir yang luas, yang terbesar mencapai 300 meter di atas dasar lembah. Kota ini terletak di jalur negara Arizona-Utah, dekat daerah Four Corners. Lembah ini terletak dalam kisaran Reservation Navajo Nation dan dapat diakses dari US Highway 163. Monument Valley telah ditampilkan dalam berbagai bentuk media sejak 1930-an. Direktur John Ford menggunakan lokasi untuk sejumlah film-filmnya yang paling terkenal. Mungkin ini adalah contoh yang paling terkenal dari lanskap Barat klasik Amerika. Secara teknis itu bukan lembah, namun pemandangan datar lebar dengan formasi batuan.

4. Arches National Park, Utah
ArchesNationalPark-Entrance
By Jean-Christophe BENOIST (Karya sendiri) [CC-BY-3.0], via Wikimedia Commons
Arches National Park atau Taman Nasional Arches adalah Taman Nasional AS di Utah timur. Taman ini terletak di Sungai Colorado 6 kilometer utara Moab, Utah. Dikenal karena mengandung lebih dari 2000 lengkungan batu pasir alam, termasuk Delicate Arch yang terkenal di dunia, di samping berbagai sumber daya geologi dan formasi yang unik. Wilayah garam tersimpan selama sekitar 300 juta tahun yang lalu dari laut surut membantu membentuk lebih dari 2000 lengkungan di taman. Pembentukan ini diperkirakan selama jutaan tahun dengan lengkungan menakjubkan. Elevasi tertingginya adalah 1.723 meter di Elephant Butte, dan elevasi terendah adalah 1.245 meter di pusat pengunjung. Empat puluh tiga lengkungan telah runtuh karena erosi sejak tahun 1970. Curah hujan rata-rata 250 mm per tahun. Dikelola oleh National Park Service, daerah itu awalnya bernama Monumen Nasional pada tanggal 12 April 1929.

5. Chocolate Hills, Filipina
Chocolate hills, Bohol
By Qaalvin (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Chocolate Hills adalah formasi geologi di Provinsi Bohol, Filipina. Setidaknya ada 1.260 bukit dan mungkin ada sebanyak 1.776 bukit yang tersebar di area seluas lebih dari 50 kilometer persegi. Selama musim kemarau gundukan ini tertutup rumput hijau yang berubah warna menjadi coklat (seperti coklat), yang kemudian menjadi asal-muasal namanya. Formasi geologi ini merupakan atraksi wisata yang terkenal di Bohol. Mereka ditampilkan dalam bendera provinsi dan segel untuk melambangkan kelimpahan wisata alam di provinsi ini. Wilayah ini berada di daftar Pariwisata Filipina Otoritas tujuan wisata di Filipina. Selain itu, telah dinyatakan sebagai Monumen Geologi Nasional ketiga yang diusulkan untuk dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Formasi hampir simetris dan sama berukuran dengan tinggi berkisar dari 30 sampai 50 meter dan tertutup rumput hijau.

6. Bungle Bungle Range, Australia
The Domes Walk, Purnululu National Park
By Graeme Churchard from Bristol (51.4414, -2.5242), UK (The Domes WalkUploaded by PDTillman) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Bungle Bungle Range adalah bentuk lahan yang merupakan komponen utama dari Taman Nasional Purnululu di Australia Barat - sering digunakan sebagai sinonim untuk kawasan taman nasional. Penduduk tradisional di daerah ini adalah masyarakat Kitja. Menara sarang lebah berbentuk khas terdiri dari batu pasir dan batuan yang terdiri dari kerikil serta batu-batu dan sedimen bahan yang lebih halus. Terciptanya lekukan pada gundukan diduga karena perbedaan kandungan liat dan porositas dari lapisan batu pasir. Gundukan oranye adalah lapisan tipis oksida besi sedangkan abu-abu adalah cyanobacteria yang tumbuh pada lapisan di mana kelembaban terakumulasi. Setiap diameter 7 kilometer fitur topografi melingkar terlihat jelas pada citra satelit dari Bungle Bungle Range. Diyakini bahwa fitur ini adalah sisa terkikis dari dampak meteorit kawah yang sangat kuno dan dikenal sebagai struktur dampak Piccaninny.

7. Tsingy de Bemaraha Strict Nature Reserve, Madagaskar
Tsingy de Bemaraha Strict Nature Reserve
By ASMaloney at en.wikipedia (Transferred from en.wikipedia;) [Public domain], from Wikimedia Commons
Tsingy de Bemaraha Strict Nature Reserve adalah cagar alam yang terletak di dekat pantai barat Madagaskar di Melaky. Ngarai spektakuler dari sungai dan bukit-bukit Manambolo memotong melalui tsingy menciptakan berbagai pemandangan. Kawasan itu terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1990 karena geografi yang unik, hutan mangrove diawetkan, dan burung serta populasi liar lemur. Ujung selatan kawasan lindung kemudian telah berubah menjadi Tsingy de Bemaraha National Park, yang meliputi area seluas 666 kilometer persegi. Ujung utara kawasan lindung tetap sebagai cagar alam yang ketat (Réserve Naturelle Intégrale) yang meliputi area seluas 853 kilometer persegi. Formasi batu kapur sangat tajam membuat perjalanan sangat sulit, yang bisa dengan mudah menembus peralatan dan kulit. Wisatawan dapat mengakses taman nasional melalui jalan darat dari Morondava, yaitu 150 kilometer sebelah selatan dari taman. Terbatasnya akses juga mungkin dari kota Antsalova, yang dapat ditempuh dengan pesawat dari Antananarivo atau Mahajanga. 

7 Formasi Batuan Alam Paling Spektakuler di DuniaTitle : 7 Formasi Batuan Alam Paling Spektakuler di Dunia ~ UniksPos
Description : Struktur geologi batuan adalah hasil dari beberapa kreasi alam yang paling mengesankan dan menakjubkan di Bumi. Diperkirakan, batuan ini te...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews