6.30.2014

7 Bangunan Unik dan Menakjubkan

7 Bangunan Unik dan Menakjubkan -
UniksPos -
Setiap orang memiliki imajinasi dan kreativitas yang tak mengenal batas. Pembuatan karya-karya spektakuler dan menakjubkan pun tak pernah berhenti. Seperti gedung-gedung unik dan kreatif yang berasitektur inovatif dan bernilai fantastis ini. Mulai dari gedung terbalik hingga dancing house, serta menara Aqua yang bentuk bangunannya seperti gelombang. Berikut tujuh bangunan unik dan menakjubkan di dunia yang mengundang decak kagum. Mari kita simak bersama-sama!

1. Wonderworks, Florida
7 Bangunan Unik dan Menakjubkan
By Template:Jaroslaw Binczarowski (Template:Jaroslaw Binczarowski) [Public domain], via Wikimedia Commons
Sepintas gedung yang berada di Florida dan Tennessee ini nampak seperti gedung opera atau gedung putih yang entah bagaimana ceritanya seperti di cabut dari tanah dan di lemparkan lagi ke tanah namun dalam keadaan terbalik. Bangunan seperti ini ada di dua tempat di Amerika, yaitu di Florida dan Tennessee. Di dalam Wonderworks tersedia beberapa hiburan seperti teater film. Mengapa bangunan ini terjungkir seperti ini? tidak ada yang pernah tahu jawabannya. Namun yang jelas, gedung ini memang mengherankan seperti namanya.

2. Dancing House, Republik Ceko
Dancing House from Petrin in winter 2012 (2)
By Chmee2 (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Dancing House adalah julukan yang diberikan untuk gedung perkantoran di pusat kota Praha, Republik Ceko. Bangunan ini dirancang oleh arsitek kelahiran Kroasia-Ceko, Vlado Milunic dalam kerjasama dengan arsitek Kanada Frank Gehry di tepi sungai kosong plot. Konstruksi dimulai pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996. Pada saat itu, bangunan unik ini sangat non-desain tradisional dan kontroversial. Presiden Ceko Vaclav Havel, yang tinggal selama puluhan tahun di samping bangunan tersebut, telah mendukung dan berharap bahwa bangunan tersebut akan menjadi pusat kegiatan budaya. 

Pada awalnya bernama Fred dan Ginger rumah berdiri di antara Neo-Baroque, Neo-Gothic dan Art Nouveau Praha bangunan yang terkenal. Di atap terdapat restoran Prancis dengan pemandangan kota yang indah. Bangunan penyewa lainnya termasuk beberapa perusahaan multinasional. Karena terletak di sebelah jalan yang sangat sibuk dipaksa tergantung pada sirkulasi udara, membuat interior agak kurang menyenangkan bagi penghuninya.

3. Crooked House, Polandia
The Crooked House of Sopot, Poland (3173810231)
By Abhijeet Rane from Bangalore, India [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Crooked House atau Krzywy Domek, "rumah kecil bengkok", adalah sebuah bangunan berbentuk tidak teratur di Sopot, Polandia. Krzywy Domek dibangun pada tahun 2004. Luasnya adalah 4.000 meter persegi dan merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Dirancang oleh SzotyƄscy & Zaleski yang terinspirasi oleh ilustrasi dongeng dan gambar dari Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. Bangunan yang paling banyak difoto di Polandia. Arsitektur bangunan ini didasarkan pada gambar oleh Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. Ada juga atap yang tidak biasa ditutupi dengan lembaran logam dengan genteng enamel berwarna dengan nuansa hijau, biru dan melihat Paris biru, yang memberikan ilusi sisik naga. Di sini, Anda bisa menemukan sebuah klab malam, yang bernama Wonky Pub. Crooked House berhasil mencuri perhatian banyak orang yang lalu-lalang di sekitar bangunan tersebut.

4. Cubic Houses, Belanda
Cubic Houses, Rotterdam
By Katerina. Kirkorian (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0-nl], via Wikimedia Commons
Rumah Cube atau Kubuswoningen, adalah seperangkat rumah inovatif dibangun di Rotterdam dan Helmond di Belanda, yang dirancang oleh arsitek Piet Blom dan berdasarkan konsep perumahan untuk tingkat kepadatan tertinggi dengan ruang yang cukup di tanah. Kemiringan kubus rumah mencapai 45 derajat. Tiga versi uji pertama kali dibangun pada tahun 1974, dan pada tahun 1977. Sementara 18 rumah dibangun di Helmond.

Bangunan unik berbentuk kubus ini sebenarnya hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan Rotterdam. Selain sebagai kompleks permukiman, Cubic House juga mengakomodasi kebutuhan jalur bagi pejalan kaki dengan menghubungkan kompleks ini pada beberapa simpul kawasan. Bagi pejalan kaki, kompleks permukiman ini tidak hanya menyediakan jalur semata, melainkan juga berperan sebagai pelindung dari sengatan cahaya matahari dan kucuran air hujan. Peran ini dimainkan dengan sangat baik sejalan dengan konsep awal Cubic House yang merupakan metamorfosis hutan.

5. City Hall, London
London City Hall - 20090804
By Tognopop (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Southwark, di tepi selatan Sungai Thames dekat Tower Bridge. Dirancang oleh Norman Foster dan dibuka pada bulan Juli 2002, dua tahun setelah Greater London Authority telah dibuat. City Hall London merupakan kantor bagi walikota, majelis dan 600 lebih staf pemerintahan lainnya. Selain sebagai pusat pemerintahan bangunan ini juga digunakan sebagai tempat mengadakan acara seperti pameran, konser dan acara besar lainnya. Pembukaan olimpiade London juga digelar disana. City Hall berbentuk oval, dan bentuk lantainya berbeda sehingga membuat bangunan ini nampak condong. Para pengunjung diperbolehkan untuk masuk tapi hanya lantai dasar saja sedangkan lantai atas khusus untuk walikota dan staff.

Sebagai balai kota, City Hall London menjadi pusat pemerintahan beserta lembaga kepemerintahan lainnya. Pemerintahan kota dikoordinasi oleh Greater London Authority atau yang disingkat menjadi GLA. Ada juga pemerintahan daerah yang terbagi menjadi 33 otoritas yang lebih kecil. Otoritas lokal terdiri atas majelis-majelis dari serta beberapa korporasi kota London. Lembaga-lembaga tersebut bertanggung jawab atas sebagian besar tata pemerintahan lokal, misalnya perencanaan lokal, sekolah, pelayanan sosial, jalan raya lokal dan pengumpulan sampah. Fungsi-fungsi tertentu seperti manajemen limbah, dikelola secara bersama-sama. City Hall dibangun dengan biaya £ 43.000.000 di situs sebelumnya yang ditempati oleh dermaga untuk melayani Pool of London. 

6. Futuroscope, Perancis
Futuroscope 08-06 - Vue d'en haut 2
By Nclm at fr.wikipedia [CC-BY-SA-2.5], from Wikimedia Commons
Futuroscope, atau Parc du Futuroscope adalah sebuah taman tema Perancis berdasarkan multimedia, futuroscope sinematografi dan teknik audio visual. Disini terdapat beberapa bioskop 3D dan 4D bioskop bersama dengan beberapa atraksi lainnya, beberapa di antaranya merupakan satu-satunya contoh terbaik di dunia. Terletak di departemen Vienne, 10 kilometer di utara dari Poitiers, di wilayah komune Chasseneuil-du-Poitou dan Jaunay-Clan. Pada tahun 2010 pengunjung taman mencapai 1.826.000 jiwa. Secara total, 40 juta pengunjung telah ke taman sejak dibuka pada tahun 1987.

Futuroscope yang terletak di kota Poiters, Perancis, merupakan pusat rekreasi baru yang menawarkan perpaduan antara kegiatan rekreasi, belajar, dan bekerja. Sebagai salah satu daerah pariwisata, Futuroscope sangat menonjolkan pengolahan sirkulasi yang baik. Di setiap bangunan, sejak awal alur sirkulasi sudah di atur dengan tiang-tiang pembatas untuk antrian masuk. Begitu pentingnya faktor sirkulasi pengunjung ini sehingga mereka juga memanfaatkan pengungkit hidrolis yang mampu mengangkat layar seluas dua lapangan tenis, untuk memungkinkan arus satu arah.

7. Aqua Building, Chicago
Gang, Jeanne - Aqua Tower
By Ballparx (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Bangunan atau menara Aqua adalah gedung pencakar langit dari 86 lantai dan menggunakan campuran perumahan yang terletak di Lakeshore East of dowtown Chicago. Lebih tepatnya terletak di sebelah Utara Columbus, dan dikelilingi oleh gedung-gedung bertingkat. Ketinggian bangunan tersebut mencapai 250 meter, meliputi enam tingkat untuk tempat parkir yang berada di bawah tanah. Lebar bangunan dasarnya 13.000 meter persegi dan lebar atapnya 7.669 meter persegi, gazebos, kolam renang, kolam air panas semua ada disini. Aqua dirancang oleh Jeanne Gang, pendiri Studio Gang Architects, dan itu adalah proyek pencakar langit yang pertama. Aqua Tower adalah proyek terbesar yang pernah diberikan kepada perusahaan Amerika yang dipimpin oleh seorang wanita. Nama Aqua diambil dari tema laut, karena bentuk bangunannya seperti bentuk gelombang.

7 Bangunan Unik dan MenakjubkanTitle : 7 Bangunan Unik dan Menakjubkan ~ UniksPos
Description : Setiap orang memiliki imajinasi dan kreativitas yang tak mengenal batas. Pembuatan karya-karya spektakuler dan menakjubkan pun tak pernah b...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|