6.13.2014

5 Gunung Spektakuler dengan Puncak yang Datar

5 Gunung Spektakuler dengan Puncak yang Datar -
UniksPos -
Sulit dipercaya, bagaimana bisa gunung memiliki puncak yang datar. Meskipun demikian, di dunia ini terbukti ada beberapa gunung unik yang memiliki puncak datar. Seperti kelima gunung spektakuler berikut ini. 
5 Gunung Spektakuler dengan Puncak yang Datar
Selain itu, beberapa dari gunung unik dan menakjubkan ini juga memiliki air terjun sehingga menjadikannya sebagai tujuan wisata populer. Anda penasaran? Mari kita simak bersama-sama!

1. Canyonlands National Park
Mesa Arch Canyonlands National Park
By Rick from Boulder, USA (Flickr) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Meliputi lebih dari 527 mil persegi, Canyonlands National Park menarik lebih dari 400 ribu pengunjung setiap tahun. Mereka datang untuk mengalami beberapa pemandangan paling kasar dan indah di Utah. Apakah Anda sedang mencari untuk hiking, bersepeda, back-packing atau tempat penginapan murah, Anda akan menemukannya di Canyonlands National Park. Canyonlands National Park adalah Taman National yang terletak di tenggara Utah dekat kota Moab dan mempunyai pemandangan warna-warni terkikis menjadi lembah yang tak terhitung jumlahnya, mesas dan Buttes oleh Sungai Colorado, Green River, dengan anak-anak sungainya masing-masing. Taman ini dibagi menjadi empat wilayah, yaitu Island in the Sky (Pulau diatas), the needles, Maze, dan sungai itu sendiri. Sementara daerah-daerah berbagi suasana padang pasir primitif, masing-masing mempertahankan karakter sendiri.

2. Gunung Asgard
Mount Asgard 3 2001-07-25
By Ansgar Walk (photo taken by Ansgar Walk) [CC-BY-SA-2.5], via Wikimedia Commons
Meskipun tidak puncak tertinggi di Pulau Baffin, namun Mount Asgard adalah yang paling terkenal. Gunung ini memiliki puncak kembar dengan dua menara datar batuan silindris, dipisahkan oleh pelana. Gunung Asgard terletak di Taman Nasional Auyuittuq di Pulau Baffin dan mungkin yang paling terkenal dari Pegunungan Baffin. Puncak ini dinamai Asgard, yang bermakna dunia para dewa dalam mitologi Nordik. Sebagian besar daerah ini termasuk dalam Taman Nasional Auyuittuq, dan dapat diakses dari Pangnirtung.

3. Kukenan-tepui
Kukenan Tepui & Gran Sabana
By Eloy J. Briceño (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Merupakan tepui di Guayana Region, Venezuela. Tingginya adalah 2.680 meter dan panjangnya sekitar 3 kilometer. Kukenan Falls, tingginya yaitu 674 meter, terletak di ujung selatan dari tepui tersebut. Kukenan terletak di dekat Gunung Roraima tepui yang lebih terkenal. Kukenan lebih sulit untuk didaki, sehingga lebih jarang didaki daripada Gunung Roraima. Gunung ini terdapat Cuquenan Falls, termasuk air terjun yang tinggi di dunia, terletak di ujung selatan.

4. Auyan-tepui
Auyantepui from plane
By BIT1982 (Own image) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Gunung dengan puncak yang datar ini paling banyak dikunjungi di Venezuela. Disini terdapat pula air terjun tertinggi di dunia, Angel Falls, turun dari celah dekat puncak Auyantepui. Auyan-tepui juga dieja Ayan, adalah tepui di daerah Bolivar, Venezuela. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daerah ini paling sering dikunjungi dan salah satu dataran yang terbesar (tapi bukan yang tertinggi) di Dataran Tinggi Guyana, dengan Tinggi 2535 M diatas permukaan laut, luas puncak sekitar 666,9 kilometer persegi dan area kemiringan diperkirakan 715 kilometer persegi. Wilayah ini terhampar dari utara oleh sebuah lembah yang luas, Canon del Diablo dibentuk oleh Sungai Churun. Bagian barat lebih besar dari dataran tinggi sebagian hutan, sedangkan bagian timur terdiri dari batuan sebagian besar kosong dengan tutupan vegetasi. Gunung mempunyai sejumlah sistem gua yang luas.

5. Gunung Roraima
Mount Roraima
By Adalberto Jose Perez Lopez (Roraima panorama) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Gunung Roraima di Venezuela disebut-sebut wisatawan sebagai The Lost World, dunia dari zaman purba yang tidak tersentuh sampai kini. Deskripsi novelis Sir Arthur Conan Doyle dalam buku The Lost World lebih gamblang lagi. Dia menyebutkan Roraima berisi dinosaurus! Gunung Roraima adalah yang gunung tertinggi dari wilayah Pakaraima dengan puncak datar di dataran tinggi di Amerika Selatan. Gunung termasuk titik perbatasan tiga Negara yaitu Venezuela, Brasil dan Guyana. Gunung Roraima terletak di perbatasan Guyana di sudut tenggara dari Canaima National Park Venezuela 30 ribu kilometer persegi yang membentuk puncak tertinggi Rentang Dataran Tinggi Guyana. Gunung dengan Puncak datar ini dianggap beberapa formasi geologi tertua di Bumi, berumur sekitar dua miliar tahun yang lalu. Titik tertinggi gunung ini disebut Batu Maverick yang beberapa 2.810 meter dan terletak di Venezuela.

5 Gunung Spektakuler dengan Puncak yang DatarTitle : 5 Gunung Spektakuler dengan Puncak yang Datar ~ UniksPos
Description : Sulit dipercaya, bagaimana bisa gunung memiliki puncak yang datar. Meskipun demikian, di dunia ini terbukti ada beberapa gunung unik yang m...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews