7.11.2014

Manfaat dan Khasiat Kecambah (Tauge) bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Kecambah (Tauge) bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Kecambah atau tauge ialah tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.
Manfaat dan Khasiat Kecambah (Tauge) bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Khasiat Kecambah (Tauge) bagi Kesehatan Tubuh
Beberapa panggilan tauge yaitu, kecambah, cambah, tokolan. Apa pun namanya dan jenis lain dari kecambah, semuanya mengandung banyak sifat senyawa fitokimia. Tauge mengandung senyawa antioksidan lengkap dengan perlindungan kekuatan yang luar biasa, terutama vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Para ahli menyarankan agar mengkonsumsi tauge dalam keadaan mentah, karena memiliki zat muda masih utuh. 

Selain vitamin A, C dan E, kecambah juga mengandung vitamin B, B1, B6, K. Selain itu, kecambah juga menjadi sumber makanan yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, dan asam lemak omega 3. Jika Anda tidak ingin makan tauge mentah, seperti sup sayuran matang, masukkan tauge ke dalam sup sebelum memasak selesai. Dengan cara ini, kandungan vitamin C dan enzim dari tauge yang rusak diperkirakan hanya 20 persen. Jika direbus lama, kerusakannya dapat mencapai sedikitnya 60 persen.

Menurut Wikipedia, ada beberapa jenis kecambah antara lain adalah:
Kecambah kacang hijau (Tauge)
Tauge adalah sayuran yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkecambah dan dilindungi dari cahaya. Kata tauge sendiri adalah serapan dari dialek Hokkian, istilah Mandarin-nya adalah douya (豆芽) yang secara harfiah berarti kecambah kacang-kacangan, umumnya berasal dari kacang hijau dan sering disajikan dalam menu makanan dari Asia Timur. Tauge segar sangat kaya akan vitamin E, dan merupakan menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi tauge, tubuh akan terobati dan tercegah dari kekurangan vitamin E.
Kecambah kacang kedelai (Soybean sprout)
Kecambah kacang kedelai memiliki karakteristik berupa ukuran yang lebih besar dari tauge, memiliki akar yang lebih panjang dan bentuk lebih ramping, serta berwarna kehijau-hijauan. Rasa dari kecambah jenis ini adalah renyah dan terasa agak pahit apabila disantap mentah-mentah. Kecambah dari kedelai memiliki kandungan aroma langu (beany flavor) yang relatif lebih tinggi dibandingkan tauge, namun memiliki kalori dan protein yang lebih tinggi dibandingkan kecambah lainnya. Bagi seorang vegetarian, kecambah kedelai merupakan salah satu alternatif makanan arena memiliki energi sebesar 86 kkal per cangkir yang dikonsumsi.
Kecambah alfalfa
Kecambah ini memiliki bentuk yang menyerupai tunas halus berdaun hijau dengan rasa yang renyah dan segar. Keunggulan dari kecambah alfafa adalah kandungan saponin yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Saponin tersebut merupakan suatu senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa mengganggu kolesterol baik (HDL) sehingga mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.
Bagi anda yang ingin mengetahui berbagai manfaat tauge bagi kesehatan, berikut ini kami sajikan ragam manfaat tauge yang perlu untuk diketahui :

1. Membantu memperlambat proses penuaan
Beberapa ahli menegaskan mengkonsumsi tauge dalam keadaan mentah, agar substansi peremaja tetap utuh. Tauge adalah antioksidan kuat yang sangat padat sehingga perisai tubuh dari radikal bebas. Perlindungan ganda ini memperkuat kesimpulan bahwa tauge merupakan sayuran yang membuat kita awet muda.

2. Menyehatkan mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada tauge sangat bermanfaat untuk menjaga agar mata senantiasa sehat.

3. Mencegah penyebaran sel kanker
Rajin mengkonsumsi kecambah dapat membantu untuk menghindari kanker. Kecambah kedelai kaya akan senyawa antikanker. Senyawa genistin akan bekerja lebih efektif ketika sudah berbentuk benih kecambah dan akan menekan kanker. Saat itu, genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.

4. Bugar dan sehat
Kecambah merupakan sumber enzim yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Enzim ini dapat menaikkan energi tubuh dan membuat kita merasa bugar dan sehat.

5. Meningkatkan aliran darah dalam tubuh
Tunas-tunas hijau dari tauge mengandung banyak oksigen. Hal tersebut dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya. 

6. Meningkatkan kepadatan tulang
Isi dari estrogen alami yang ditemukan dalam tauge berfungsi dengan sintesis estrogen dan tanpa efek samping. Estrogen dalam tauge justru bisa meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah osteoporosis (tulang rapuh).

7. Mengurangi kolesterol dalam darah
Ketika benih kacang-kacangan berkecambah, secara umum tingkat saponinnya meningkat hingga 450 persen. Para penyandang risiko stroke dan serangan jantung disebabkan oleh lemak darah melambung, dianjurkan untuk makan tauge lebih banyak. Saponin dalam tauge akan menghancurkan kandungan lemak LDL tanpa mengganggu lemak HDL yang baik.

8. Baik untuk menu diet
Tauge sangat kaya akan serat dan rendah kalori. Itulah mengapa tauge baik untuk menu diet harian Anda. Serat bisa melawan sembelit dan memperbaiki pencernaan. Selain itu, tauge juga mengandung EFA, asam lemak esensial yang dapat melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

9. Memperlancar BAB
Tauge mentah memiliki manfaat lebih banyak daripada yang sudah dimasak. Selain bergizi, kecambah lebih mudah dicerna karena mengandung enzim dan serat yang larut. Bahkan, enzim tersebut dapat meningkatkan gerakan usus. Jika Anda menderita masalah pencernaan dan kembung, disarankan untuk mengkonsumsi kecambah secara teratur.

10. Menjaga keasaman lambung
Jika Anda selalu kembung setiap kali makan kacang, mungkin anda termasuk salah satu yang sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi dari jenis kacang-kacangan tanpa kembung, tauge mungkin salah satunya karena bersifat basa. Banyak serat dan air yang dapat mendorong limbah drainase di usus besar untuk menghindari tumbuhnya bibit kanker. Tauge akan menguraikan 90 persen rantai oligosakarida dari karbohidrat sederhana. Sehingga senyawa tersebut mudah diserap tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, tauge membantu mengalirkan kotoran di usus besar. Ini adalah kekuatan ganda tauge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran meninggalkan usus besar, tidak ada zat beracun dalam kotoran yang dapat diserap oleh tubuh. Hal ini yang dapat mencegah pengendapan zat beracun, dan tumbuhnya benih kanker.

Sebagai tambahan, perlu di ingat bahwa untuk mendapatkan manfaat tauge, sebaiknya memasak tauge jangan terlalu matang. Demikian manfaat tauge bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Manfaat dan Khasiat Kecambah (Tauge) bagi Kesehatan TubuhTitle : Manfaat dan Khasiat Kecambah (Tauge) bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Kecambah atau tauge ialah tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkeca...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|